Harga Pasang Plafon Gypsum Per Meter

Borongan Pasang Plafon Gypsum Per Meter – Plafon menjadi bagian tak terpisahkan dari rumah. Hampir semua rumah di Indonesia menyertakan plafon. Anda juga pasti sudah familiar dengannya. Jika masih asing, plafon adalah bagian dari bangunan yang ada di antara batas dinding dan atap.

Plafon ini dipasang dengan tujuan tertentu. Fungsi plafon pada dasarnya untuk menutupi rangka atap agar rumah terkesan lebih rapi. Selain itu plafon juga masih mempunyai beberapa fungsi lainnya, seperti peredam suara dan peredam panas. Plafon juga bisa berfungsi sebagai pemanis interior dengan desain yang bermacam-macam.

Saat ini ada banyak pilihan plafon yang dapat kita manfaatkan. Salah satu yang cukup populer adalah plafon gypsum. Plafon gypsum merupakan salah satu jenis plafon yang dibuat dari bubuk gypsum atau casting.

Yang membuat plafon ini banyak diminati masyarakat adalah ketersediaannya yang dapat dengan mudah dijangkau di seluruh penjuru Tanah Air. selain itu harganya juga beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan budget.

Baca juga: Harga Gypsum Per Lembar

Macam-macam Merek Plafon Gypsum

Di pasaran kita bisa menjumpai banyak merek plafon gypsum. Agar memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, berikut ada beberapa macam merek plafon gypsum. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan sebelum langsung ke toko material bangunan.

Plafon Gypsum Jayaboard

Merek yang satu ini sudah cukup lama beroperasi di Indonesia, tepatnya sejak tahun 1994. Jayaboard menyediakan beragam pilihan yang dapat dibeli oleh konsumen. Salah satu yang menjadi produk unggulannya adalah plafon gypsum Wet-Area Optimum. Sesuai dengan namanya, plafon ini diciptakan agar tahan air. Plafon tersebut bisa menjadi pilihan tepat untuk area-area yang cenderung lembap.

Plafon Gypsum Elephant

Selain merek di atas juga ada plafon gypsum Elephant. Produk yang satu ini dibuat oleh PT Siam Indo Gypsum yang sudah ada sejak 1996. Plafon ini mempunyai beberapa daya tarik. Seperti harga yang terbilang murah dan kualitas yang tak kalah bagus dari kompetitor.

Plafon Gypsum Aplus

Plafon ini dibuat oleh PT Aplus PACIFIC. Aplus Sound menjadi salah satu produk kebanggaannya. Plafon buatan anak bangsa ini menawarkan beberapa keunggulan. Salah satunya adalah kemampuannya yang baik dalam meredam suara bising.

Plafon Gypsum Knauf

Yang terakhir ada plafon gypsum Knauf yang merupakan merek dari Iphofen, Jerman. Plafon ini menawarkan harga yang terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas yang bagus. Sehingga plafon ini bisa bersaing dengan kompetitornya.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Terlepas dari kepopuleran plafon berbahan gypsum, tetap ada kekurangan di baliknya. Beberapa poin kelebihan sudah kami sampaikan di atas. Akan tetapi agar Anda bisa lebih yakin untuk memilih plafon gypsum, berikut akan kami sampaikan beberapa keunggulan dan kekurangan dari plafon gypsum.

Kelebihan Plafon Gypsum

  1. Harga terjangkau. Yang membuat plafon ini disukai oleh banyak orang adalah harganya yang cenderung murah. Walaupun terjangkau bukan berarti kualitasnya rendah. Plafon ini tetap memiliki kualitas yang bagus dan bisa diandalkan.
  2. Mudah dijangkau. Tidak sulit untuk mencari plafon ini di pasaran. Anda bisa membelinya di banyak toko material bangunan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Dengan desain yang beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.
  3. Motif Bermacam-macam. Plafon gypsum memiliki motif yang bervariasi. Ada yang motif polos, minimalis, atau bahkan motif yang elegan dan rumit. Anda tinggal menyesuaikannya dengan konsep interior yang Anda pilih.
  4. Memiliki tampilan yang menarik. Plafon gpysum memiliki tampilan yang menarik meskipun dibanderol dengan harga murah. Dengan pemilihan yang tepat interior rumah Anda akan terlihat lebih menawan. Selain itu juga tersedia bentuk bertingkat atau drop up ceiling yang tak kalah menarik dan elegan.
  5. Mudah dibentuk. Plafon gypsum dikenal mudah untuk dibuat menjadi berbagai model. Seperti cuve, dome, ceiling, dan lain sebagainya.
  6. Perawatan mudah. Perawatan plafon ini tidaklah sulit dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Jika terjadi kerusakan di satu bagian, Anda hanya perlu mengganti bagian tersebut saja. Tidak perlu mengganti seluruhnya.
  7. Pemasangan cepat. Proses pemasangan plafon ini terbilang mudah. Tidak serumit plafon kayu atau GRC. Sehingga pemasangannya dapat dilakukan dengan cepat. Anda juga bisa memasang plafon ini dengan memakai besi hollow maupun kayu.
  8. Tahan api. Plafon ini juga memiliki material yang tahan api sehingga tidak berisiko terbakar.
  9. Anti rayap. Plafon kayu tentu rentan diserang rayap. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku pada plafon gypsum.

Kekurangan Plafon Gypsum

  1. Tidak tahan air. Walaupun tahan api, plafon ini tidak tahan air. Sehingga Anda harus waspada jika di tempat tinggal Anda memiliki curah hujan yang tinggi. Akan tetapi sebagai solusi Anda bisa memanfaatkan plafon water resistance untuk memberikan daya tahan yang lebih baik.
  2. Harus dikombinasikan dengan genteng anti-bocor. Tujuannya agar risiko kerusakan karena air dapat dihindari, Anda harus mempertimbangkan untuk memakai genteng anti bocor. Sehingga saat hujan turun Anda tidak perlu khawatir genteng bocor.
  3. Mudah kusam. Plafon gypsum yang sering terkena air atau diaplikasikan di ruangan yang lembap akan membuat tampilannya mudah kusam. Di samping itu juga berisiko memunculkan jamur.
  4. Rentan terhadap benturan. Kekurangan lain dari plafon ini adalah adanya risiko rusak saat pengiriman ataupun pemasangan. Sebab material gypsum sangat rentan terhadap benturan.
  5. Membutuhkan perawatan. Agar plafon dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama Anda harus memperhatikan perawatannya. Seperti melakukan pengecatan saat dibutuhkan atau melakukan penggantian pada bagian yang rusak. Anda juga perlu menelusuri sumber masalah jika plafon kusam atau berjamur agar kerusakan yang ditimbulkan tidak semakin parah.

Harga Pemasangan Plafon Gypsum

Anda sudah mengetahui hal-hal yang terkait dengan plafon gypsum. Sekarang mari kita bahas biaya pemasangan plafon gypsum. Sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai biaya pemasangan sebab masing-masing orang bisa berbeda-beda. Akan tetapi Anda bisa simak daftar di bawah ini sebagai gambaran.

Material Harga
Gypsum Knauf + Rangka Hollow Meni Rp. 105.000/m2
Gypsum Elephant + Rangka Hollow Meni Rp. 107.000/m2
Gypsum Jayaboard + Rangka Hollow Meni Rp. 110.000/m2
Gypsum Knauf + Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp. 110.000/m2
Gypsum Elephant + Rangka Hollow Galvalum/Galvanis Rp. 114.000/m2
Gypsum Jayaboard  + Rangka Hollow Galvalum/Galvanis Rp. 115.000/m2

Harga Pemasangan Lis Profil Gypsum

Setelah mengetahui harga pemasangan, Anda juga perlu mengetahui biaya pemasangan lis profil plafon ini. Berikut daftar harganya untuk Anda:

Lebar Lis Harga
7cm sampai 10cm Rp. 25.000/m1
12cm sampai 15cm Rp. 35.000/m1
17cm sampai 20cm Rp. 50.000/m1

Harga Desain Plafon Gypsum

Selanjutnya Anda juga perlu mengetahui harga desain plafon gypsum. Di bawah ini adalah daftar harga yang bisa Anda simak dan jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Bentuk Harga
Model Drop Ceiling Rp. 60.000/m1
Model Up Ceiling Rp. 105.000/m1
Model Drop oval Rp. 175.000/m1

Perlu dicatat, harga di atas tidak bersifat tetap. Harga bisa berubah dan berbeda-beda di masing-masing daerah.

Baca juga: Harga Plafon PVC Terbaru

Tips Membeli Plafon Gypsum

Ketika membeli plafon gypsum Anda perlu memperhatikan beberapa aspek. Mulai dari material yang dipilih, hingga ketersediaan garansi. Berikut beberapa poin yang bisa Anda perhatikan saat memilih plafon gypsum:

  1. Cermati permukaan papan gypsum dan pastikan kondisinya halus.
  2. Papan gypsum yang baik juga memiliki kualitas kertas yang baik.
  3. Pilih papan yang ringan dan tidak terlihat rapuh.
  4. Tanyakan soal garansi kepada penjual.
  5. Beli di toko yang terpercaya berdasarkan masukan dari kerabat atau tukang kenalan Anda.