Kmspico, lisans anahtarlarına ihtiyaç duymadan Windows işletim sistemlerinin (Windows 7, 8, 10 ve 11 dahil) ve Microsoft Office ofis uygulamalarının (Office 2010'dan itibaren ve en son sürümlere kadar).

Cara Membuat Kitchen Set Minimalis Sendiri

Nurma Yulita

Cara Membuat Kitchen Set Minimalis Sendiri – Kitchen set pada dasarnya merupakan satu set perabotan lengkap untuk dapur. Bisa dibilang sebagai produk all in one furniture for kitchen. Adapun bentuknya berupa lemari kabinet yang memiliki dua bagian utama yaitu kabinet atas dan kabinet bawah.Kabinet atas biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan makan, bumbu-bumbu dan bahan makanan kemasan. Sedangkan kabinet bawah untuk menyimpan peralatan memasak, tabung gas dan juga tempat sampah. Dengan adanya kitchen maka dapur akan terlihat rapi dan bersih.
Baca juga: 10 Merk Mesin Pertukangan Terbaik
Harga produk kitchen set ini sendiri di pasaran terbilang sangat mahal. Bahkan bisa mencapai puluhan juta per unit. Maka tak heran jika sekarang ini sudah banyak sekali orang yang lebih memilih untuk membuat kitchen set sendiri untuk menekan harga tersebut. Selain itu, dengan membuat kitchen sendiri maka modelnya bisa dibuat sesuai keinginan.
Baca juga: Harga Dan Kualitas Carta HPL Untuk Kitchen Set

Cara Membuat Kitchen Set Sendiri

Proses pembuatan kitchen sendiri bisa dibilang cukup sederhana dan bahannya juga mudah untuk ditemukan. Berikut ini kami akan memberikan panduan mengenai cara membuat kitchen set minimalis sendiri dari triplek:

Persiapan Alat-Alat yang Digunakan

  • Gergaji
  • Palu
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Ketam/serut
  • Bor tangan
  • Pahat
  • Klem/clamp

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • Tripleks/plywood
  • HPL (High Pressure Laminate)
  • Cat kayu
  • Dempul
  • Lem kuning
  • Kaca
  • Handle pintu
  • Engsel sendok
  • Rel roda
  • Rel pelor
  • Penahan pintu hidrolik
  • Dan sebagainya
Baca juga: Harga Handle Pintu Kupu Tarung, 2 Daun, Dll

Langkah-Langkah Pembuatan Kitchen Set

  1. Membuat Desain

Setelah menyiapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan maka bisa langsung mulai untuk membuat desain. Desain kitchen set ini bisa Anda buat secara manual dengan menggunakan pensil dan selembar kertas. Namun supaya lebih mudah dan praktis, Anda bisa memanfaatkan software komputer untuk membuat desain.
  1. Memotong Tripleks Sesuai Pola

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan kitchen set disini adalah triplek. Hal ini karena harganya sangat murah dan lebih mudah untuk diolah. Adapun triplek yang digunakan harus memiliki ukuran ketebalan sekitar 1 cm. Semakin tebal ukuran triplek yang digunakan maka akan semakin baik kemampuannya dalam menopang beban.Anda bisa langsung membuat sketsa pada material triplek tersebut sesuai dengan desain awal yang sudah dibuat. Jika sudah maka triplek bisa dipotong sesuai dengan garis pola.
Baca juga: Desain Moulding Kayu Untuk Mempercantik Dinding
  1. Membuat Kerangka Kitchen Set

Langkah selanjutnya Anda bisa menggunakan kerangka berupa meja beton untuk kabinet bagian bawah. Namun yang menjadi masalah adalah kerangka kabinet biasanya memiliki bentuk yang tidak rata. Sehingga Anda harus menyesuaikan bentuk dan ukuran kabinet yang dibuat dengan model meja agar terlihat rapi dari bagian luar. Maka dari itu, Anda harus melakukan pemotongan triplek hingga beberapa kali.
  1. Merakit Triplek

Untuk triplek yang sudah dipotong, sebaiknya ditaruh bersama dengan kelompoknya.  Seperti misalnya potongan triplek yang ingin digunakan sebagai laci maka bisa ditaruh ditempat tersendiri yang berbeda dengan rak. Tujuannya supaya memudahkan Anda dalam merakit potongan-potongan triplek.Cara merakit potongan triplek adalah dengan menancapkan sekrup dengan menggunakan bor tangan. Sekrup harus dipasang pada posisi yang tepat. Biasanya sekrup-sekrup ini hanya dipasang pada sambungan bagian sudutnya saja. Jika jarak bentangnya lumayan jauh sebaiknya dipasang di tengahnya.
Baca juga: Pengertian Kayu Laminasi Dan Penggunaannya
  1. Penggunaan Dempul Kayu

Untuk meratakan bagian triplek dan menutupi sekrup-sekrup yang sudah terpasang maka Anda bisa menggunakan dempul. Dempul sendiri memang merupakan bahan yang digunakan khusus untuk meratakan permukaan material bangunan.Ada banyak sekali jenis dempul yang bisa Anda temukan di toko bangunan. Namun dempul yang dibutuhkan disini adalah dempul kayu. Dempul tersebut hanya diaplikasikan pada bagian permukaan triplek yang masih belum rata. Selain itu, aplikasikan dempul pada bagian sekrupnya. Jika sudah maka tinggal tunggu hingga lapisan dempul benar-benar kering.
  1. Pengaplikasian Amplas

Setelah melakukan dempul maka bisa dilanjutkan dengan pengaplikasian ampelas. Dempul yang diaplikasikan pada bagian permukaan triplek biasanya masih bergelombang. Kontur dempul belum sepenuhnya rata terhadap bagian permukaan triplek yang ada di sekitarnya.Maka dari itu, penting sekali untuk membuatnya benar-benar rata dengan tekstur yang lebih halus. Dalam hal ini Anda diharuskan mengampelas triplek yang sudah diberi dempul. Untuk memulai pekerjaan, Anda bisa menggunakan amplelas nomor 200 lalu dilanjutkan dengan ampelas 400 dan seterusnya hingga halus.
Baca juga: Harga Sanitary Toto Di Toko Bangunan
  1. Melakukan Pengecatan

Rangkaian kitchen yang sudah dibuat bisa ditambahkan finishing berupa cat kayu yang sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Namun untuk di bagian laci disarankan untuk menggunakan cat berwarna putih supaya kitchen set terlihat menawan.Sebelum diaplikasikan, cat perlu diencerkan lebih dahulu menggunakan thinner atau air. Pengaplikasian cat harus merata hingga ke bagian permukaan interior laci tersebut. Lakukan pengecatan setidaknya 2 kali untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.Terakhir, komponen-komponen kitchen set tersebut bisa dirangkai sesuai dengan desain awal yang sudah direncanakan. Usahakan untuk merangkaianya satu per satu dengan teliti.Kitchen Set Finishing HPLKitchen Set Finishing Kertasive
Baca juga: Cara Memasang HPL Pada Dinding Dan Furniture
Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat kitchen set minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai panduan. Semoga bermanfaat !

Bagikan: