Harga Seng Talang Galvalum Per Meter


Harga Seng Talang Galvalum Per Meter – Sebagian oranga banyak yang tidak memperhatikan dengan detail mengenai keberadaan dari talang air untuk suatu bangunan rumah maupun gedung. Jadi saat musim hujan terdapat kebocoran yang membuat pengguna rumah maupun gedung ridak nyaman.



Air hujan yang jatuh kerumah dengan tidak benar dan dalam posisi bocor sudah pasti dapat merusak cata dan berbagai interior lainnya. Oleh karena itu aliran air dalam atap rumah wajib untuk diperhatikan dengan baik dengan penggunaan talang air ini yang mampu menjadikan aliran air menjadi baik dan memiliki durability yang kuat saat dialiri air nantinya.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Karpet Talang Air

Baca juga: Harga Talang Air Galvalum

Talang pada suatu bangunan dapat berguna sebagai penampung air hujan dari atap agar tidak langsung tercurah ke tanah. Jadi air tersebut akan dialirkan ke lubang pembuangan khusus yang bernama talang vertikal atau talang tegak. Dengan demikian air hujan dari atam tidak masuk kedalam banguna atau bahkan tidak terimpas pada dinding yang dapat mengakibatkan dinding menjadi berjamur dan kusam.

Pengertian Talang Galvalum

Talang galvalum merupakan salah satu jenis talang data yang terbuat dari bahan galvalum plat lembaran dan rangka besi sebagai penggantunnya. Rangka besi tersebut terpasang pada sisi luar maupun tengah atap bangunan.

Ukuran Talang Galvalum Plat

Galvalum plat atau dapat juga disebut dengan galvalume sheet plate ini memiliki ukuran yang bermacam – macam. Ukuran ini penting agar bisa mendapatkan dimensi dari talang galvalum yang tepat dan juga sesuai dengan kebutuhan bangunan. dipasaran untuk toko – toko bangunan biasanya menyediakan material ini dalam satuan lembar atau rol yaitu 0,60 x 50 meter; 0,90 x 50 meter; 1,20 x 50 meter.

Dan tebal dari galvalum plat ini adalah 0,25; 0,30; 0,35; 0,40; 0,45; dan 0,50 mm. disarankan apabila digunakan untuk talang menggunakan ukurang dengan tebal 0,35 damapi 0,45 mm. apabila lebih tipis dari ukuran itu maka talang akan cepat bocor. Dan jia erlalu tebal berarti harus menyediakan biaya yang besar.



Baca juga: Harga Dan Ukuran Talang Air PVC

Baca juga: Cara Membuat Talang Cor Beton Anti Rembes

Ukuran Galvalum untuk Talang Jurai

Pada talang jurai ini menggunakan galvalum plat dengan ukuran umumnya yaitu memiliki ketebalan 0,25 – 0,35 dan lebar 0,60 atau 0,90 meter. Talang ini tergolong jenis talang yang unik karena berbeda dengan yang lainnya. Prinsip penentuan ukuran komponen talang ini adalah supaya air hangan sampai meluber. Karena talang ini dipasang dengan posisi yang miring.

Komponen Talang Galvalum dan Talang Tegak

Talang galvalum ini termasuk pada sub pekerjaan atap dengan satuan meter. Pengerjaan talang galvalum dan talang tegak memerlukan beberapa komponen penting agar kedua elemen talang tersebut dapat dipasang secara benar dan sempurna. Terdapat 3 macam komponen dalam memasang talang galvalum yaitu rangka talang, corong paralon (roof drain), dan lem silikon.

Jenis – Jenis Talang Galvalum

Berdasarkan dari letak pemasangan talang galvalum dapat dibedakan menjadi 4 jenis. Berikut ini adalah 4 jenis dari talang galvalum yaitu:

  • Talang luar. Talang ini merupakan saluran air hujan yang menggantung pada konsol bangunan. Apabila talang luar ini bocor maka air tidak akan masuk kedalam bangunan. hal tersebut disebabkan karena pemasangannya jauh dari dinding. Oleh karena itu talang ini merupakan jenis talang yang paling aman.
  • Talang dalam. Talang ini merupakan talang datar yang dipasang tepat pada dinding banunan bagian dalam. Untuk jenis talang ini saat mengalami kebocoran maka air akan langsung jatuh ke lantai.
  • Jurai dalam. Seperti talang jurai yang merupakan satu – satunya talang tidak datar akan tetapi terbuat dari bahan galvalum plat. Talang ini terpasang pada 2 bidang penutup atap yang miring, dengan posisi talang yang miring tersebut dapat disesuaikan juga sudut kemiringan kedua atap tersebut. talang jenis ini sering diaplikasikan untuk rumah tinggal.
  • Talang tengah. Yaitu saluran air hujan yang tergantung pada dua bidang atap yang berbeda. Talang ini tepat berada pada ujung bawah kedua atap. Dengan adanya hal tersebut maka bentuk talang ini tetap datar dan berbeda dengan jurai dalam.

Baca juga: Harga Seng Plastik Rata Dan Gelombang