Harga Dan Ukuran WPC Papan Decking Lembaran


Harga Dan Ukuran WPC Papan Decking Lembaran – Mungkin Anda pernah mendengar istilah WPC, namun masih asing dengan material tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu jenis material bangunan mengalami perkembangan. Tak mengherankan jika saat ini kita mengenal beberapa jenis yang tergolong baru. Bahkan beberapa di antaranya cukup populer di tengah masyarakat.

Salah satunya adalah papan WPC ini. Pada kesempatan kali ini kita bahas lebih jauh seputar WPC, mulai dari apa itu WPC, kelebihannya, sampai harganya. Sehingga informasi ini akan membuka wawasan baru bagi Anda yang belum familiar.



Sekilas Tentang WPC

WPC merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite. Di Indonesia WPC lebih sering disebut dengan istilah kayu komposit. Belakangan ini WPC banyak diminati oleh masyarakat karena mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan kayu alami.

Baca juga: Harga Pintu WPC

Kunci keunggulan material ini terletak pada komposisinya. Kayu komposit terdiri dari campuran serbuk kayu jati yang dikombinasikan dengan plastik daur ulang. Perbandingannya pun beragam, ada yang mengandung 50% kayu, dan ada pula yang yang lebih sedikit atau lebih banyak.

Material kayu yang dipakai umumnya berbentuk partikel serbuk kayu yang lebih kecil dari 20 mesh. Sementara sisanya merupakan bahan pengisi dan resin termoplastik. Berkat komposisi tersebut WPC memiliki kekuatan yang menyerupai kayu asli, tak terkecuali keindahan khas kayu yang juga bisa dijumpai pada material ini. Akan tetapi daya tahannya menyerupai material polimer atau plastik.

Beragam Fungsi WPC

Mungkin Anda bertanya-tanya apa fungsi dari material ini. Ada beberapa kegunaan yang bisa kita dapatkan dari material ini, di antaranya:



  1. Pintu. Pintu yang dibuat dari material WPC cukup diminati oleh masyarakat di Tanah Air. Wajar saja, material ini lebih unggul dalam hal daya tahan karena materialnya tidak akan dimakan rayap. Selain itu WPC tidak susut dan melengkung, serta dapat di finishing dengan melamine atau duco.
  2. Decking. Tidak hanya dimanfaatkan untuk pintu saja, WPC juga bisa dimanfaatkan untuk decking. Selain terlihat menarik, decking WPC juga tahan terhadap cuaca sehingga sangat cocok diaplikasikan di area luar ruangan atau outdoor.
  3. Flooring. Sebagai salah satu alternatif kita bisa memakai WPC alih-alih memakai kayu. Umumnya pada top layer lantai WPC ini dilapisi dengan veneer kayu.
  4. Lambersering. Di samping untuk flooring, kita bisa memanfaatkan WPC untuk lambersering maupun dinding. Tampilannya yang menyerupai kayu akan menghadirkan keindahan tersendiri pada bangunan atau rumah.

Baca juga: Jenis Pintu Enginering

Kelebihan WPC