Harga Dan Ukuran Baja Ringan Per Batang


Harga Baja Ringan Per Batang – Ada banyak sekali jenis bahan bangunan yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya yaitu baja ringan yang dipasang untuk kerangka atap rumah. Dulunya sebelum era modern banyak kerangka atap rumah yang masih terbuat dari bahan kayu dan tentu saja hal itu kurang begitu memuaskan karena mudah lapuk, terlebih lagi kayu dengan kualitas bagus harganya lebih mahal dari baja ringan.

Ada baiknya anda segera beralih ke model kerangka rumah yang baru yaitu menggunakan kerangka baja ringan yang tentu saja memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan atap kayu. Selain lebih menguntungkan penggunaan baja ringan untuk atap rumah juga lebih mudah dipasangkan dan salah satu kelebihan lainnya yaitu masalah harga.



Sebenarnya fungsi dari baja ringan banyak sekali namun lebih sering dipakai sebagai kerangka atap. Meskipun demikian tidak sedikit pula para tukang bangunan yang mendesain baja ringan tersebut sebagai kerangka kanopi.

Itulah sebabnya harga baja ringan juga sangat bergantung kepada jenis penggunaan sehingga setiap model baja ringan tidak sama. Penasaran dengan berapa harganya? simak penjelasan saya berikut ini :

Baca juga: Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Merek Baja Ringan di Pasaran

Jika Anda masih belum familiar dengan baja ringan, perlu Anda ketahui bahwa ada banyak merek yang memproduksi dan memasarkan berbagai  macam baja ringan di Indonesia. Berikut adalah beberapa merek yang bisa Anda jadikan pilihan ketika ingin membeli material bangunan tersebut.

TASO

Yang pertama ada merek TASO. Merek ini banyak diandalkan oleh para kontraktor. Bukan tanpa alasan, TASO sudah memiliki Standar Nasional Indonesia atau SNI. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi akan kualitas materialnya.



Prima Truss

Selain TASO juga ada Prima Truss yang dibuat oleh Brima Inti Truss. Merek ini juga terkenal akan kualitasnya yang baik. Dan yang tak kalah penting produk baja ringan yang ditawarkan oleh merek tersebut juga sudah mengantongi sertifikat SNI.

Kencana Truss

Jika mencari baja ringan terjangkau namun tetap berkualitas maka Kencana Truss bisa menjadi bahan pertimbangannya. Baja ringan galvalum menjadi salah satu produk unggulan dari merek ini. Menariknya baja ringan galvalum Kencana Truss sudah lolos standar ISO sehingga kualitas materialnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Cilegon Steel

Merek yang juga berasal dari Indonesia ini menawarkan berbagai produk yang bisa dipilih oleh konsumen. Cilegon Steel cukup diminati di pasaran. Salah satu alasannya adalah produknya yang sudah berstandar SNI.



Jenis Baja Ringan

Di atas Anda sudah mengetahui macam-macam merek yang memproduksi baja ringan. Berikutnya kita bahas apa saja macam baja ringan yang bisa kita dapatkan di toko bahan bangunan sekitar kita.

Zincalume

Baja ringan yang satu ini terbuat dari bahan logam campuran. 45% di antaranya adalah seng, sedangkan 55% sisanya aluminium. Zincalume dibuat dengan memanfaatkan teknologi tinggi agar mendapatkan komposisi yang tepat. Maka dari itu jangan heran jika baja ringan ini tergolong mahal dibanding jenis lainnya.

Galvanis

Baja ringan galvanis bisa dibilang populer di tengah masyarakat. Baja ringan ini dibuat dengan proses galvanisasi atau pelapisan dengan seng. Di samping itu finishing galvanis menggunakan coating. Coating galvanis terdiri dari 98% seng dan 2% aluminium. Yang tak kalah menarik adalah banderol harganya yang cukup terjangkau.

Galvalum

Galvalum adalah baja ringan yang dibuat dengan bahan pelapis seng. Pelapis galvalum sendiri terdiri dari silikon dan seng. Kelebihannya adalah ketahanan dan kekuatannya yang lebih baik dari galvanis.



Ukuran Baja Ringan