Harga Borongan Plitur Pintu Dan Jendela


Harga Borongan Plitur Pintu Dan Jendela – Dalam dunia furniture pasti sudah tidak asing dengan bahan – bahan finishing yang sering digunakan sebagai pelapis dari permukaan furniture. Salah satu bahan yang populer tersebut adalah plitur atau politur.



Plitru kayu merupakan lapisan finishing yang dapat difungsikan untuk furniture dengan bahan dasar kayu. Setelah lapisan ini kerin maka plitur tersebut akan membentuk kapisan film yang mengeras. Plitur ini juga memiliki tujuan yang sama seperti cat pada umumnya akan tetapi plitur tidak memiliki warna yang dapat menutup kayu tersebut.

Baca juga: Harga Borongan Baja Ringan Per Meter

Baca juga: Harga Borongan Cat Tembok Per Meter

Plitu ini akan mengjasilkan warna yang transparan. Dan apabila warna muncul setelah pengaplikasian dari plitur tersebut, maka terdapat kemungkinan warna itu adalah warna natural yang dimiliki oleh kayu. Untuk kulaitas hasil dari finishing dengan menggunakan plitur ini memang cukup bervariasi tergantung dengan jenis merk atauk produknya, akan tetapi jika dalam pengaplikasiannya dicampur dengan pewarna maka akan menghasilkan tampilan yang berbeda lagi.

Bahan – Bahan Pembentuk Plitur Kayu

Plitur ini pada dasarnya merupakan cat yang tidak memiliki pigmen dari bahan kimia atau logam berat. Hal itu dapat dilihat dari bahan – bahan yang digunakan untuk membuat plitur ini. Sebagian besar plitur terbuat dari bahan dasar poliureta dan resin solvent. Berikut ini adalah beberapa bahan – bahan pembuat plitur beserta dengan penjelasan masing – masing bahan yaitu:



  • Bahan dasar ini dapat membuat plitur berubah menjadi keras dan dapat menampilkan tampilan yang glossy. Terdapat beberapa minya yang dapat digunakan sebagai bahan dasar ini. Minyak akan memberikan tingkat glossy sesuai dengan kualitasnya. Hasil aplikasi plitur juga tergantung dengan alat yang digunakan. disarankan untuk pengaplikasian enggunakan bulu kuas alami karena tidak menyerap minyak.
  • Bahan dasar ini dapat memberikan kekuatan perlindungan. Resin sendiri berasal dari tumbuhan yang dikumpulkan oleh serangga khusus. Pada umumnya serangga – serangga tersebyt hidup didaerah india. Untuk resin alami biasanya memiliki warna natural kayu seperti coklat sampai kuning yang transparan.
  • Solvent disini dimaksudkan adalah thinner. Dimana bahan ini memiliki fungsi sebagai penipis minyak agar dapat mengeras. Thinner tersebut dapat menguap dan membentuk lapisan coating pada car. Apabila tidak menggunakan thinner sebagai bahan pelariit maka plitur tidak dapat mengeras. Terdapat juga plitur kayu akrilik yang memiliki bahan dasar air karena memiliki manfaat bagi lingkungan dan kesehatan.

Baca juga: Harga Borongan Bangunan Per Meter di Jakarta