Harga Rockwool Peredam Panas Dan Suara


Harga Rockwool – Material peredam suara merupakan material bangunan yang umumnya memiliki fungsi sebagai bahan untuk isolasi suara dan menyerap pantulan suara. Dengan memasang material peredam suara diantara instalasi partisi pastinya akan membuat suara bising tidak bisa masuk kedalam. Begitu pula sebaliknya, suara yang ada di dalam dipastikan tidak akan bisa keluar.

Material peredam suara sekarang ini menjadi material bangunan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan untuk dapat mengurangi kebocoran suara di suatu ruangan yang selalu bising. Biasanya material peredam suara ini dipasang di ruangan studio musik dan juga ruang meeting.

Bahan peredam suara yang biasanya digunakan oleh masyarakat sangat bervariasi, mulai dari busa telur, gabus, karet busa, rockwool, dan glasswool yang dijual dengan harga puluhan ribu rupiah. Selain digunakan untuk peredam suara, ternyata material bangunan tersebut juga mampu digunakan sebagai peredam panas sehingga multifungsi.

Rockwool Peredam Panas

Dari sekian banyaknya material peredam suara tersebut, glasswool dan rockwool merupakan salah satu bahan yang banyak dipakai. Namun kebanyakan orang beranggapan bahwa kedua bahan peredam suara ini sama. Padahal keduanya sangat berbeda meskipun fungsi utamanya tidak berbeda jauh.

Nah, kali ini kami akan membahas tentang material rockwool peredam panas secara lengkap beserta perbedaannya dengan material glasswool. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Antara Glasswool dan Rockwool

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa kedua material peredam suara ini sangat berbeda. Lalu, apa perbedaan antara rockwool dengan glasswool? Perbedaan tersebut terletak dari bahan dasar pembuatannya. Berikut ini ulasan secara detail mengenai perbedaan material tersebut.

  1. Glasswool

Glasswool

Sesuai dengan namanya, material peredam ini terbuat dari bahan dasar fiberglas. Tingkat ketebalan material glasswool yang tersedia di pasaran sangat bervariasi, mulai dari 25 mm sampai dengan 50 mm. Biasanya dijual dalam bentuk lembaran dan ada juga yang menyediakan dalam bentuk roll.

Kelebihan:

Kelebihan Glasswool

Material glasswool memiliki cukup banyak kelebihan sehingga layak untuk dijadikan sebagai pilihan. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh material glasswool adalah sebagai berikut:

  • Memiliki harga yang sangat bervariasi dengan harga jauh lebih murah daripada material peredam pada umumnya
  • Memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyerap panas terutama jika digunakan pada atap
  • Dapat menjaga suhu udara dengan tepat sehingga akan terhindar dari suhu udara yang terlalu panas ataupun terlalu dinding
  • Glasswool merupakan material bangunan yang tidak menimbulkan bau-bau aneh sehingga akan aman dan nyaman untuk digunakan

Baca Juga:  Harga Seng Galvalum

Kekurangan:

Kekurangan Glasswool

Meskipun memiliki banyak kelebihan, glasswool juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilihnya. Kekurangan material glasswool antara lain, yaitu:

  • Memiliki sifat yang mudah sekali dalam menyerap uap air, sehingga materialnya juga mudah rontok. Dengan demikian maka dapat menurunkan kemampuannya dala meredam suara seiring dengan berjalannya waktu
  • Karena memiliki sifat yang mudah menyerap uap air, glasswool juga lebih mudah berjamur
  • Jenis peredam suara yang mudah untuk terbakar
  • Dapat menyebabkan iritasi, di beberapa kasus saat bersentuhan secara langsung dengan kulit akan terjadi iritasi
  • Sering disebut-sebut sebagai material yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem pernafasan
  1. Rockwool

Rockwool

Rockwoll merupakan material yang sangat efektif dalam meredam suara dan juga meredam panas. Material ini dibuat dari serat minerl yang telah diproses hingga sedemikian rupa sehingga memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menyerap suara. Material peredam suara ini memiliki warna kuning pudar dengan tingkat ketebalan yang bervariasi, yaitu mulai dari 25 mm sampai dengan 100 mm.

Kelebihan:

Kelebihan Rockwool

Sama dengan material glasswool, rockwool juga memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Memiliki kemampuan menyerap panas yang sangat baik
  • Meskipun mampu menyerap panas dengan baik, materil rockwool tidak mudah untuk terbakar sehingga dipastikan aman
  • Dapat menghemat listrik karena fungsinya untuk meredam panas. Dengan menggunakan rockwool maka penggunaan AC atau kipas angin dapat diminimalkan.
  • Memiliki harga yang terjangkau dengan ukuran bervariasi
  • Rockwool juga tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga bebas perawatan
  • Rocwool tidak mudah berkarat ataupun berjamur
  • Memiliki daya fleksibilitas yang sangat baik
  • Rockwool bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan industri dan konstruksi
  • Mudah dalam hal pemasangan dan juga instalasi, tetapi Anda harus tetap berhati-hati karena serpihan bahan ini cukup tajam

Kekurangan:

Kelebihan Rockwool

Selain memiliki banyak kelebihan, material rockwool juga tak luput dari kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh material rockwool adalah sebagai berikut:

  • Hampir sama seperti glasswool, material rockwool juga mudah sekali rontok sehingga semakin lama kemampuannya dalam meredam suara akan menurun
  • Kurang ideal jika digunakan dalam jangka panjang karena bisa cepat rusak, terutama jika kondisi lingkungan tidak bersahabat
  • Rockwool memiliki efek yang kurang bagus untuk kesehatan sistem pernafasan
  • Juga dapat menyebabkan iritasi pada bagian kulit saat terjadi kontak secara langsung dan bisa semakin parah lagi jika bersentuhan dengan kulit sensitif

Harga Rockwool Terbaru 2020

Harga Rockwool

Dilihat dari kegunaannya yang multifungsi, tak heran jika material peredam ini banyak dicari dan dijual di pasaran.  Rockwool peredam suara umumnya dijual ecer per meter persegi, per roll (gulungan) dan bahkan juga ada yang dijual dalam bentuk potongan ukuran kecil. Jika Anda ingin membeli material ini maka Anda bisa membelinya secara online atau bisa juga offline di toko-toko yang menyediakan rockwool.

Baca Juga: Harga Polycarbonate Per Meter

Rockwool yang dijual di pasarng memiliki dua macam kualitas yang bisa Anda pilih, yaitu rockwool dengan harga murah dan harga mahal. Rockwool yang dijual dengan harga sangat murah umumnya tidak mempunyai brand atau merk sehingga kualitasnya patut di ragukan. Sedangkan rockwool yang dijual dengan harga mahal sudah pasti mempunyai brand. Jika Anda memiliki budget yang cukup maka sebaiknya membeli rockwool dengan harga mahal.

Harganya memang sangat bervariasi, tergantung dari ukuran dan tebal material rockwool itu sendiri. Untuk masalah ukuran tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Berikut ini kami akan sajikan daftar harga material rockwool terbaru 2020:

No Keterangan Ukuran Tebal Density / m3 Rp
1 Rockwool 120x60cm 5 cm 40 kg 43.000,-
2 Rockwool 120x60cm 2.5 cm 60 kg 33.000,-
3 Rockwool 120x60cm 5 cm 60 kg 53.000,-
4 Rockwool 120x60cm 2.5 cm 80 kg 42.000,-
5 Rockwool 120x60cm 5 cm 80 kg 63.000,-
6 Rockwool 120x60cm 2.5 cm 100 kg 44.000,-
7 Rockwool 120x60cm 5 cm 120 kg 120.000,-
8 Rockwool 120x60cm 5 cm 120 kg 135.000,-

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai harga rockwool sebagai peredam panas dan peredam suara. Dengan adanya informasi yang sudah kami sampaikan secara lengkap dan jelas ini diharapkan bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam pembelian material peredam suara.

Harga material rockwool yang kami sampaikan diatas bisa saja berbeda antara satu kota dengan kota lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena harga diatas merupakan harga kisaran sehingga bisa Anda jadikan sebagai acuan. Mungkin bisa mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengunjungi secara langsung toko-toko yang menyediakan rockwoll sehingga bisa mendapatkan harga pasti. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat.


Loading...