Tips Aman Dalam Bekerja dan Bahaya Penggunaan Scaffolding

Candra Irawan

Tips Aman Dalam Bekerja dan Bahaya Penggunaan Scaffolding – Scaffolding memiliki pengertian yaitu suatu konstruksi penyokong sementara yang bisa digunakan pada suatu pekerjaan diketinggan dalam rangka untuk mendukung peralatan, pekerja dan juga material lainnya selama melakukan pekerjaan didunia konstruksi tersebut berlangsung. Akan tetapi pada nyatanya scaffolding ini seringkali terlalu dikhususkan pada platform atau penyokong sementara yang terbuat dari bahan pipa besi.

Scaffolding ini merupakan work platform sementara yang pada umumnya berbentuk suatu sistem modular dari pipa atau tabung logam, meskipun juga dapat menggunakan beberpaa bahan lain yang sesuai. Pada beberapa negara asia seperti RRC dan indonesia bahan scaffolding bambu ini masih digunakan. Alat ini terbuat dari bahan – bahan kuat yang dibentuk sedemikian ruma sehingga memiliki kekuatan untuk menopang beban diatasnya.

 

Dalam dunia industri konstruksi ini, pemasangan dan penggunaan scaffolding haruslah sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja atau sering dikenal dengan istilah K3. Diketahui bahwa setiap tahunnya banyak pekerja bidang konstruksi yang terluka bahkan tewas yang dikarenakan terjadi kecelakaan scaffolding.

Terdapat berbagai penyebab mulai dari kesalahan pekerja sendiri atau bisa juga karena scaffolding tersebut tidak terbuat dengan benar yang dapat mengakibatkan ambur dan membuat jatuh korban. Dalam artikel kali ini akan membahas beberapa bahaya yang mungkin terjadi dalam penggunaan scaffolding ini serta tips aman dalam penggunaan alat tersebut. Untuk selanjutnya akan dibahas seperti dibawah ini.

Bahaya Dalam Penggunaan Scaffolding

Berikut ini adalah beberapa jenis kecelakan kerja atau kejadian bahaya dari penggunaan scaffolding didalam suatu pekerjaan konstruksi yaitu:

– Pekerja jatuh dari scaffolding karena konstruksi yang kurang kokoh

– Ambruknya scaffolding karena overload kelebihan beban

– Scaffolding kejatuhan alat, material, atau bahan-bahan lainnya

Bagikan:

Tags