Berapa Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal


Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal – Banyak orang ingin memiliki mobil pribadi. Akan tetapi tidak sedikit yang memikirkan soal garasi mobil. Tidak sedikit para pemilik mobil yang memarkir kendaraannya di bahu jalan. Pemandangan ini bisa kita temui di kawasan padat penduduk atau perumahan.

Hal ini tentu saja mengganggu pengguna jalan, terlebih jika mereka juga menggunakan mobil. Itulah kenapa di beberapa wilayah di Indonesia mulai melarang masyarakat untuk memarkir kendaraan di bahu jalan. Dan mau tak mau para pemilik harus menyediakan garasi untuk memarkir kendaraannya.

Sebenarnya memiliki garasi mobil juga bisa memberikan manfaat bagi kita sebagai pemilik kendaraan. Selain tidak mengganggu pengguna jalan lainnya, kendaraan kita juga akan lebih aman dari pencurian maupun dari cuaca yang panas dan hujan. Sehingga bodi mobil tetap dalam kondisi terawat.

Apabila Anda ingin membangun garasi mobil di rumah, ada sejumlah hal yang patut diperhatikan. Salah satunya adalah ukuran garasi mobil yang ideal. Pada kesempatan kali ini kami berikan panduan menentukan ukuran garasi mobil yang tepat untuk mobil Anda.

Baca juga: Harga Besi Hollow

Menentukan Ukuran Garasi Mobil

Cek Dimensi Mobil

Hal penting pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membangun garasi adalah melihat dimensi mobil. Seperti yang diketahui, dimensi mobil yang beredar di pasaran cukup beragam tergantung jenis dari mobil itu.

Contohnya kendaraan berjenis city car, hatchback atau LCGC umumnya memiliki panjang kurang dari 4,5 meter. Sedangkan lebarnya sekitar 2 meter. Jika Anda memiliki mobil jenis tersebut, seperti Honda Brio, Honda Jazz, Toyota Agya, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Mitsubishi Mirage, Mazda2 dan lain-lain, maka Anda bisa membuat garasi dengan ukuran lebih besar dari dimensi tersebut.

Misalnya kita buat lebarnya 2,4 meter dan panjang 5,5 meter. Jika Anda mempunyai mobil dengan dimensi lebih dari yang disebutkan di atas, maka ukuran garasi yang ideal adalah 6 meter untuk panjang dan lebar 2,6 meter.

Anda juga bisa membangun garasi berukuran 3 m x 6 m atau 3 m x 5,5 m dengan tinggi sekitar 2,8 m untuk mobil berukuran besar.

Sebagai gambaran, berikut adalah kisaran ukuran mobil berdasarkan jenisnya:

Mobil kecil dan sport

  • Lebar: 1,5 meter – 1,8 meter
  • Panjang: 4,3 meter – 4,9 meter
  • Tinggi: 1,2 meter – 1,5 meter

Mobil van dan SUV

  • Lebar: 1,8 meter – 2,1 meter
  • Panjang: 4,9 meter – 5,8 meter
  • Tinggi: 1,5 meter – 1,8 meter

Mobil besar dan mewah

  • Lebar: 1,8 meter – 1,9 meter
  • Panjang: 4,9 meter – 5,5 meter
  • Tinggi: 1,4 meter – 1,5 meter

Rumus Ukuran Garasi Mobil Ideal

Ada rumus yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui ukuran garasi mobil yang ideal. Berikut adalah rumus untuk menentukan dimensi garasi mobil yang tepat.

Panjang Garasi

Untuk menentukan panjang garasi tambahkan dimensi panjang mobil dengan 100 cm – 120 cm. Dengan begitu masih ada ruang antara mobil dengan pintu garasi dan antara mobil dengan dinding. Anda pun juga tidak kesulitan untuk memarkir mobil di dalam garasi nantinya.

Lebar Garasi

Untuk lebar garasi tambahkan lebar mobil dengan 100 cm. 80 cm untuk ruang gerak lalu lalang orang dan 20 cm sebagai ruang antara mobil dengan sisi dinding lainnya.

Tinggi Garasi

Untuk tinggi garasi tambahkan minimal 100 cm dari tinggi mobil. Semakin tinggi maka akan semakin baik. Sebab ruang garasi akan lebih longgar dan bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan barang-barang Anda.

Sehingga bisa kita ketahui bahwa rumus ideal ukuran garasi mobil adalah Panjang mobil/ Lebar mobil/ Tinggi mobil + 1000 mm.

Menentukan Ukuran Pintu Garasi

Yang juga tak kalah penting untuk diketahui adalah menentukan dimensi pintu garasi mobil. Anda bisa melihat ukuran dimensi garasi yang sudah diukur. Sebagai gambaran berikut kami berikan contoh.

Kita akan membangun garasi untuk Honda Brio. Berdasarkan spesifikasi diketahui bahwa panjang mobil ini 3.815 mm, lebarnya 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Dengan rumus di atas, ukuran garasi yang ideal untuk mobil ini adalah:

  • Panjang: 3.815 mm + 1.000 mm = 4.815 mm atau 4.900 mm (4,9 meter)
  • Lebar: 1.680 mm + 1.000 mm = 2.680 mm atau dibulatkan menjadi 2.700 mm (2,7 meter)
  • Tinggi: 1.485 mm + 1.000 mm = 2.485 mm atau 2.500 mm (2,5 meter)

Jadi ukuran pintu garasinya disesuaikan dengan lebar dan tinggi garasi. Sehingga lebar pintunya adalah 2,7 meter dan tingginya 2,5 meter.

Memasang Pembatas

Untuk menghindari risiko mobil menyenggol dinding garasi, Anda bisa mengakalinya dengan membuat pembatas di garasi mobil. Tambahkan pembatas di lantai garasi dengan tinggi tidak lebih dari 10 cm. Ketinggian ini tidak akan membuat pembatas menyentuh bagian bawah bemper mobil dalam kondisi standar.

Untuk jaraknya dipasang minimal 620 mm dari dinding garasi. Tujuannya untuk mencegah mobil agar tidak terlalu dekat dengan dinding garasi.

Lantai Garasi

Memilih lantai untuk garasi juga tidak boleh sembarangan. Disarankan untuk memilih lantai dengan pori-pori yang kecil. Contohnya adalah granit atau keramik. Selain itu usahakan memilih keramik dengan permukaan bertekstur agak kasar. Tujuannya agar lantai tidak terlalu licin saat terkena air.

Garasi untuk Dua Mobil

Jika memiliki dua mobil Anda juga bisa membangun garasi yang ditujukan untuk memarkir kedua mobil tersebut. Biasanya garasi ini memiliki dua pintu atau satu pintu. Pintu garasi dua pintu cocok diterapkan pada lahan yang cukup luas. Sedangkan garasi satu pintu bisa menjadi pilihan tepat jika rumah Anda tidak terlalu luas.

Tampilan garasi satu pintu juga tetap bisa dibuat memikat dengan memanfaatkan pintu model sliding. Tinggal tentukan bahan dan warna yang senada dengan konsep rumah Anda.

Jangan lupa mengukur luas garasi untuk setiap mobil. Anda perlu menambahkan minimal 76 cm x 3. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Tambahkan jarak selebar 76 cm dari dinding ke spion mobil pertama.
  • Selebar 76 cm dari spion mobil pertama ke spion mobil kedua.
  • Tambahkan jarak minimal 76 cm dari spion mobil kedua ke dinding di sebelahnya. Sehingga lebar pintu garasi akan mengikuti hitungan tersebut.

Baca juga: Koefisien Lantai Bangunan

Tips Tambahan

Seperti yang sudah disinggung di atas, garasi bisa membuat mobil lebih aman sekaligus terawat. Sebab mobil terlindung dari berbagai cuaca ekstrim di luar rumah. Untuk itu dalam membuat garasi mobil kita juga perlu memperhatikan beberapa poin tambahan selain dimensinya. Berikut adalah hal-hal yang perlu mendapat perhatian:

  • Ventilasi udara
  • Ruang yang cukup untuk menyimpan peralatan dan spare part
  • Pencahayaan yang tepat

Demikian informasi mengenai ukuran garasi mobil ideal yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Selain mengetahui ukuran garasi yang tepat untuk mobil Anda, jangan lupa untuk membuat rencana anggaran biaya (RAB) untuk mengetahui berapa dana yang harus disiapkan untuk membuat garasi. Sebelumnya Anda juga perlu menentukan desain garasi seperti apa yang ingin Anda buat.

Untuk hal ini Anda bisa menyerahkan kepada yang ahli atau biasa membuat garasi rumah. mempertimbangkan kedua hal ini bisa membuat Anda menyiapkan dana yang memadai sehingga proses membuat garasi nanti tidak tersendat di tengah jalan. Semoga informasi yang kami sampaikan di blog bangunan hargaper.com ini bermanfaat untuk Anda.


Loading...