Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Menghitung Derajat Kemiringan Atap Rumah


Sebagai contoh, jika total panjang sisi samping atap rumah adalah 8 meter, berarti setengah alas atap rumahnya adalah 4 meter.

Baca juga: Upah Pasang Rangka Atap Baja Ringan

  1. Mengetahui Tinggi Atap Rumah

Langkah berikutnya adalah dengan mengukur tinggi atap rumah. Pengukurannya bisa dimulai dari batas plafon rumah hingga ke sisi atap rumah yang paling tinggi dan biasanya nampak seperti belahan atau pemisah atap rumah. Contoh tinggi atap rumah yang digunakan adalah 2.8 meter.

  1. Menghitung Kemiringan Atap

Jika Anda sudah mengetahui setengah alas atap rumah dan ketinggiannya, maka bisa dilanjutkan dengan menghitung kemiringan atap rumah dengan menggunakan rumus phytagoras. Silahkan perhatikan tata cara perhitungan kemiringan atap rumah di bawah ini.

Diketahui :

  • Alas atap rumah : 4 meter.
  • Tinggi atap rumah : 2.8 meter.

Perhitungan :

  • Kemiringan atap : ?alas2 + tinggi2.
  • Kemiringan atap : ?42 + 2.82.
  • Kemiringan atap : ?16 + 7.84 = ?23.84.
  • Kemiringan atap : 4.88 meter.

Berdasarkan perhitungan yang kami sampaikan di atas, maka bisa diketahui bahwa kemiringan sebuah atap rumah adalah 4.88 meter. Cara perhitungan tersebut bisa dibilang sangat sederhana dan mudah untuk diaplikasikan sehingga bisa langsung Anda coba sendiri.

Baca juga: Pengertian Overstek Atap Pada Bangunan

Baca juga: Perhitungan Jarak Gording Atap Rumah

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghitung kemiringan atap rumah untuk semua jenis dan ukuran dengan menggunakan rumus. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi saat menghitung kemiringan atap suatu bangunan rumah.