Harga Pemotong Kaca Di Toko Bangunan

Harga Pemotong Kaca Di Toko Bangunan – Kaca menjadi bagian tak terpisahkan dari bangunan, baik gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, hingga rumah. Material ini berfungsi untuk mengoptimalkan masuknya cahaya alami saat pagi atau siang hari. Sekaligus sebagai unsur dekoratif pada suatu bangunan.

Tak mengherankan jika saat ini kita bisa dengan mudah menjumpai rumah atau bangunan lain dengan desain jendela yang indah. Jika diamati ada kalanya bentuk kaca tidak persegi atau persegi panjang. Akan tetapi juga bisa berbentuk bulat, melengkung, segitiga, dan bentuk-bentuk unik lainnya.

Bentuk-bentuk tersebut tidak langsung jadi dari pabrik, melainkan dipotong terlebih dahulu dengan memakai teknik dan alat khusus. Alat pemotong kaca ini cukup bentuknya. Masing-masing memiliki karakteristik dan juga harga yang berbeda-beda. Sehingga kita perlu mengetahuinya terlebih dahulu, termasuk harganya.

Baca juga: Harga Kaca Cermin Per Meter

Daftar Harga Pemotong Kaca

Jika kita mencari di marketplace atau e-commerce kita bisa menjumpai begitu banyak macam alat pemotong kaca. Biasanya beberapa produk yang ada di pasaran ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Sehingga tidak selalu bisa dipakai untuk semua jenis kaca. Sedangkan harganya mulai belasan ribu rupiah sampai dengan ratusan atau bahkan jutaan rupiah. Silakan simak daftar harganya di bawah ini.

Nama ProdukHarga
Harga Alat Pemotong Kaca Model PulpenRp 15.000
Many Function CutterRp 15.000
Oil Glass CutterRp 15.000
Stanley Glass Cutter 130 mmRp 18.000
Sharp Glass CutterRp 20.000
Intime Glass CutterRp 22.500
Goto Glass CutterRp 26.750
Stanvick Oil Rolling Glass CutterRp 30.000
Toscano Glass Cutter ManualRp 30.000
Kaku Glass CutterRp 30.000
Harga Alat Pemotong Kaca NDPRp 36.000
Finder KL15T1217 Glass CutterRp 38.000
Alat Pemotong Kaca MinyakRp 40.000
Titan Glass CutterRp 42.000
Toyo TC 30 Oil Glass CutterRp 45.000
Tan Glass CutterRp 45.000
Oil Glass Cutter BT9229 BERENTRp 51.300
Tora Glass CutterRp 63.750
Harga Alat Pemotong Stanley TM Glass CutterRp 65.000
C-Mart A0116 Glass CutterRp 65.000
Fu. Li 3-15 mm Glass CutterRp 125.000
Toyo Original Glass CutterRp 177.250
Toyo TC-90 JapanRp 190.000
Toyo TC-30 JapanRp 250.000
kaca Circle Cutter 180 cmRp 350.000
Glass Straight T Cutter 60 cmRp 1.080.000
Glass T Cutter 120 cmRp 1.440.000

Tidak menutup kemungkinan Anda menjumpai produk lain selain yang tertera dalam daftar di atas. Dengan harga yang bervariasi juga tentunya. Terlebih masing-masing toko memiliki kebijakan tersendiri dalam menetapkan harga berdasarkan sejumlah faktor, seperti faktor pengiriman.

Baca juga: Harga Kaca Tempered Dan Biasa

Video Pendukung

Memotong Kaca Biasa

Memotong Kaca Tempered

Cara Memotong Kaca dengan Alat Pemotong

Seperti yang sudah diketahui, cara memotong kaca ada beberapa macam. Untuk memotongnya kita bisa menggunakan alat pemotong kaca, paku, gerinda, dan lain sebagainya. Jika dengan bantuan alat pemotong, ada beberapa langkah yang harus dilakukan saat hendak memotong kaca. Berikut pembahasan selengkapnya.

Persiapan

Langkah pertama letakkan kaca di meja datar. Jangan lupa untuk menyiapkan penggaris lurus untuk mempermudah pekerjaan Anda. Sebagai matras Anda juga bisa memakai kayu lapis yang lebih besar dari kaca yang akan dipotong.

Di samping itu jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, kaca mata, hingga sepatu. Tujuannya tidak lain untuk melindungi diri sehingga terhindar dari risiko terluka saat memotong kaca.

Tambahkan Minyak Tanah

Langkah berikutnya adalah menyiapkan minyak tanah di samping alat pemotong kaca. Mungkin Anda bertanya-tanya untuk apa minyak tanah ini. Fungsi digunakannya minyak tanah tidak lain untuk mempermudah proses pemotongan sehingga hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Gunakan Penjepit Buku

Dalam proses pemotongan kita bisa memakai klik buku atau copper kaca, sehingga nantinya kita terbiasa menggunakan kit garis kaca dengan pemotong. Memakai penjepit buku atau bekam kaca akan menghindarkan kita dari risiko kaca pecah, atau hasil potongan tidak lurus.

Potong Kaca

Sebelum memotong kaca pastikan bahwa kaca sudah digarisi sehingga kita bisa memotongnya dengan memakai tang penjepit maupun alat pemotong kaca. Proses pemotongan harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati supaya hasil pemotongan tidak miring. Yang perlu dilakukan adalah menggoyangkan tang atau penjepit secara perlahan sampai kaca terbelah.

Cara lainnya adalah dengan memakai kepala kaca untuk memecahkan kaca yang lurus, dengan meletakkan header di sebelah penggaris sehingga penggaris tidak goyang atau berubah posisi. Berikan minyak tanah sebelum memotong agar tidak ada bekas potongan kaca nantinya.

Kemudian hancurkan kaca dengan menempatkan pemotong kaca di tengah-tengah garis. Lalu tekan sisi kiri dan kanan gelas atau bagian kiri dan kanan garis secara perlahan sampai kaca terpotong.

Baca juga: Harga Lem Sealant Untuk Kaca

Memotong Kaca Tempered

Jika ingin memotong kaca tempered maka ada teknik tersendiri untuk melakukannya. Hal ini dikarenakan sifat kaca tempered yang berbeda dari kaca biasa. Seperti yang diketahui, kaca tempered memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan kaca biasa. Bahkan indeks kekuatannya diklaim 7 kali lebih besar. Hal ini diperoleh berkat serangkaian proses khusus yang dilakukan dalam pembuatan kaca tersebut.

Persiapan

Persiapkan kaca yang akan dipotong. Juga pastikan bahwa kaca tersebut bebas dari kotoran seperti minyak ataupun cat. Sebab hal ini bisa mengurangi hasil akhir pemotongan nanti. Siapkan pula beberapa alat untuk dipakai dalam pemotongan, di antaranya:

  1. Oven khusus untuk memproses kaca tempered
  2. Termostat
  3. Kotak
  4. Marker untuk menandai permukaan kaca yang akan dipotong
  5. Pemotong kaca khusus
  6. Kaca mata

Tahap Pemotongan

Untuk memotong kaca tempered kita memanfaatkan teknik anil. Perlu diketahui anil atau annealing adalah proses pendinginan objek kaca panas secara perlahan setelah dibentuk untuk menghilangkan tegangan internal sisa yang timbul selama pembuatan. Sebab tegangan ini akan menyulitkan proses pemotongan.

Proses anil dilakukan dengan memanaskan air ke suhu tertentu, kemudian benda kerja atau kaca tempered dimasukkan ke dalamnya. Panasnya suhu air ini berbeda-beda tergantung kebutuhan dan material kacanya. Di samping itu waktu pemaparan kaca di dalam air ini juga beragam. Mulai dari satu jam sampai yang paling lama bisa mencapai satu bulan.

Jika sudah mencapai suhu yang dibutuhkan, material perlahan akan menjadi dingin. Setelah suhu permukaan turun segera potong dengan pemotong kaca. Akan tetapi jangan lupa untuk menandai bagian mana yang harus dipotong terlebih dahulu. Pengukurannya harus dilakukan dengan presisi agar hasil akhir maksimal.

Kemudian proses pengepresan material juga dilakukan dengan memakai kekuatan sedang. Sebab beban yang terlalu tinggi dapat membuat kaca rusak. Potong kaca dengan hati-hati. Jika sudah selesai Anda bisa menghaluskannya dengan gerinda.

Baca juga: Harga Alat Lem Tembak Dan Isinya

Memotong Kaca Lingkaran

Alat

Ada kalanya kita harus memotong kaca menjadi berbentuk lingkaran. Untuk melakukannya ada beberapa alat yang perlu disiapkan, antara lain:

  1. Penanda
  2. Minyak
  3. Pisau pemotong kaca.
  4. Meja kerja persegi

Pemotongan

Sebelum melakukan pemotongan siapkan meja kerja persegi yang tidak terlalu panjang dan mempunyai permukaan rata. Hindari memotong kaca di lantai karena dalam proses pemotongan tubuh Anda perlu berputar untuk membentuk potongan kaca melingkar.

Apabila ukuran kaca terlalu besar Anda bisa memotongnya menjadi persegi terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Buat pola lingkaran di atas kaca dengan memakai spidol dan penggaris.

Setelah itu siapkan pisau pemotong kaca. Sikat terlebih dahulu dengan minyak goreng supaya licin dan tidak kaku. Kemudian mulai potong kaca sesuai pola yang Anda buat dengan cara menggoresnya secara perlahan. Agar hasilnya rapi gores secara searah. Jangan mengulangi goresan sebab hal itu bisa membuat kaca pecah.

Pegang kaca dengan tangan kiri dan sedikit tekan sehingga posisinya stabil di atas meja. Lalu goreskan kaca memakai pisau pemotong. Terus gerakkan pisau sembari menekannya. Jika sudah selesai balikkan kaca, lalu pakai pelat besi untuk menopang tepi bawah atau tepi goresan gaca. Setelah itu tekan bagian atas kaca dengan ibu jari dan jari telunjuk bersamaan di dalam tepi goresan sehingga kaca dapat terbelah.

You might also like