Harga Dan Ukuran Karpet Talang Air


Harga Dan Ukuran Karpet Talang Air – dalam pembuatan sebuah konstruksi rumah maupun gedung pasti dibutuhkan desain terlebih dahulu agar nantinua saat memulai proses pembangunan sudah mendapatkan gambarannya. Selain untuk mempermudah pengerjaan kita juga dapat memperhitungkan material yang dibutuhkan.



Pada suatu konstruksi pasti terdapat bagian atap dimana pada bagian tersebut terdapat talang air yang digunakan untuk menampum air hujan dan mengalirkannya pada titik tertentu. Pada talang air tersebut terdapat karpet talang dimana karpet talang tersebut merupakan saluran air diatas atap rumah, yang ditutup dengan menggunakan alas plastik.

Baca juga: Harga Seng Talang Galvalum Per Meter

Seiring perkembangan jaman talang saat ini terdapat cukup banyak neis yang dapat digunakan untuk talang bangunan rumah maupun gedung. Akan tetapi sebagian orang lebih memilih menggunakan karpet talang dibandingkan dengan talang seng.

Karpet talang ini memiliki manfaat utama yaitu untuk menampung air hujan yang jatuh pada bagian atap, yang kemudian akan dialirkan ke bawah. Dengan adanya salah satu material konstruksi tersebut dapat membuat air tidak akan langsung jatuh ke tanah ketika selesai menuruni atap. Percikan airpun juga tidak akan membasahi diniding rumah maupun gedung.

Karpet talang juga dapat menjadi salah satu elemen estetika. Pada bagian eksterior rumah, tepatnya pada area dinding dan bagian bawah atap, apabila diberi karpet talang maka akan lebih menarik. Karpet talang tersebut dapat dijadikan elemen untuk memunculkan kesan visual jeda bagi suatu bangunan rumah maupun gedung yag memiliki ukuran besar dan lebarnya lebih dari 10 meter. Dengan adanya visual jeda tersebut akan dapat membuat tampilan dinding dan elemen lain tidak terlalu polos.

Baca juga: Harga Talang Air Galvalum

Karena talang air ini memiliki fungi sebagai penampung air dan akan ditempatkan pada bagian luar rumah maupun gedung maka karpet talang haruslah memiliki bahan yang terbut dari material yang bersfat tahan terhadap air, dan juga tahan lama dan anti karat.



Dalam perawatannya karpet talah diharuskan untuk segera melakukan perbaikan apabila material ini mengalami kerusakan. Pada umumnya penyebab kerusakan dari material ini dikarenakan tergores oleh tikus, lapuk dan permukaan dasar dari talang kotor. Oleh karena itu apabila dibiarkan terlalu lama, maka kerusakan tersebut akan bertambah parah.

Karpet talang juga dapat rusak yang dikarenakan pada pemasangan awal dari karpet talang tersebut tidak sempurna. Oleh karena itu untuk teknik pemasangan talang harus diperhatikan dengan cermat, agar dapat dijadikan sebagai penampung yang sempurna apabila air hujan turun dan tetap dapat mengalir tanpa meimbulkan masalah.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Talang Air PVC

Kelebihan dan Manfaat

Dalam penggunaan karpet talang dapat memberi solusi untuk lebih hemat, karena karpet talang memang memiliki harga yang cenderung ekonomis. Pemasangan dari karpet talang ini juga mudah dan tidak diperlukan banyak peralatan, dan juga karpet talang ini awet bahkan dapat bertahan lebih dari satu tahun. Apabila menggunakan talang air dengan material yang berbahan karet tebal juga dapat membantu dlaam mengalirkan air hujan dengan baik.