Kmspico, lisans anahtarlarına ihtiyaç duymadan Windows işletim sistemlerinin (Windows 7, 8, 10 ve 11 dahil) ve Microsoft Office ofis uygulamalarının (Office 2010'dan itibaren ve en son sürümlere kadar).

İnovatif şirket Sahabet olan ortaklığımız katılımını ve deneyimini artıran lider bir internet sitesi oluşturdu.

Cara – Cara Membuat Cat Air yang Aman dan Tidak Beracun

Candra Irawan

Cara – Cara Membuat Cat Air yang Aman dan Tidak Beracun – Cat merupakan salah satu meterial yang dapat dipergunakan untuk melindungi dan memperindah suatu objek dengan cara melapisinya dengan bahan berpigmen atau berwarna atau dengan bahan tidak bewarna (Pernis). Dimana cat ini dibedakan berdasarkan pada jenis resin binder yang digunakan, jenis pelarutnya, atau bahkan berdasarkan jenis filler yang digunakan.

Sedangkan cat air ini merupakan salah satu jenis cat berdasarkan dari jenis pelarutnya dimana cat air ini dilarutkan dengan menggunakan air. Cat air sendiri memiliki berbagai macam jenis yang dijual dipasaran seperti Tube Watercolor, Watercolor Pan (Pan Color), Watercolor Cake (Cake Color), Liquid Watercolor dimana masing – masing jenis tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda – beda.

Dalam pelarutan atau pencampurannya cat air ini sebelum digunakan yaitu dicampurkan dengan air. Terdapat berbagai cara dalam pelarutannya berdasarkan dari jenis – jenis cat air sendiri. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara – cara membuat cat air tersebut dengan berbagai cara berdasarkan pada jenis – jenis dari cat air sendiri.

Cara Membuat Cat Air yang Aman

Berikut ini dalah beberapa cara untuk membuat cat air untuk berbagai jenis – jenisnya dan setiap caranya terdiri dari beberapa langkah yaitu:

Membuat Cat Air Padat (Pan Watercolor Paint)

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam membuat cat air padat yang aman yaitu:

1) Campurkan soda kue dengan cuka dalam perbandingan 2:1. Tuangkan 45 gram soda kue ke dalam gelas takar. Tambahkan 30 ml cuka. Aduk bahan-bahan, kemudian biarkan campuran berbusa.

Catatan:

  • Gunakan gelas takar beras agar campuran tidak sampai meluap. Jika Anda tidak memiliki gelas takar yang besar, gunakan mangkuk besar.
  • Jika Anda tidak memiliki soda kue, carilah soda bikarbonat. Jangan gunakan bubuk pemuai (baking powder).

2) Tuangkan sedikit sirop jagung ringan dan pati jagung. Tambahkan ½ sendok teh sirop jagung ringan dan 2 sendok makan (15 gram) pati jagung. Aduk semua bahan menggunakan sendok atau stik kerajinan tangan hingga pati larut. Pada tahap ini, campuran akan tampak sangat kental (dan ini merupakan hal yang normal)

Bagikan:

Tags