Harga Dan Ukuran Karpet Talang Air

Candra Irawan

Harga Dan Ukuran Karpet Talang Air – dalam pembuatan sebuah konstruksi rumah maupun gedung pasti dibutuhkan desain terlebih dahulu agar nantinua saat memulai proses pembangunan sudah mendapatkan gambarannya. Selain untuk mempermudah pengerjaan kita juga dapat memperhitungkan material yang dibutuhkan.Pada suatu konstruksi pasti terdapat bagian atap dimana pada bagian tersebut terdapat talang air yang digunakan untuk menampum air hujan dan mengalirkannya pada titik tertentu. Pada talang air tersebut terdapat karpet talang dimana karpet talang tersebut merupakan saluran air diatas atap rumah, yang ditutup dengan menggunakan alas plastik.
Baca juga: Harga Seng Talang Galvalum Per Meter
Seiring perkembangan jaman talang saat ini terdapat cukup banyak neis yang dapat digunakan untuk talang bangunan rumah maupun gedung. Akan tetapi sebagian orang lebih memilih menggunakan karpet talang dibandingkan dengan talang seng.Karpet talang ini memiliki manfaat utama yaitu untuk menampung air hujan yang jatuh pada bagian atap, yang kemudian akan dialirkan ke bawah. Dengan adanya salah satu material konstruksi tersebut dapat membuat air tidak akan langsung jatuh ke tanah ketika selesai menuruni atap. Percikan airpun juga tidak akan membasahi diniding rumah maupun gedung.Karpet talang juga dapat menjadi salah satu elemen estetika. Pada bagian eksterior rumah, tepatnya pada area dinding dan bagian bawah atap, apabila diberi karpet talang maka akan lebih menarik. Karpet talang tersebut dapat dijadikan elemen untuk memunculkan kesan visual jeda bagi suatu bangunan rumah maupun gedung yag memiliki ukuran besar dan lebarnya lebih dari 10 meter. Dengan adanya visual jeda tersebut akan dapat membuat tampilan dinding dan elemen lain tidak terlalu polos.
Baca juga: Harga Talang Air Galvalum
Karena talang air ini memiliki fungi sebagai penampung air dan akan ditempatkan pada bagian luar rumah maupun gedung maka karpet talang haruslah memiliki bahan yang terbut dari material yang bersfat tahan terhadap air, dan juga tahan lama dan anti karat.Dalam perawatannya karpet talah diharuskan untuk segera melakukan perbaikan apabila material ini mengalami kerusakan. Pada umumnya penyebab kerusakan dari material ini dikarenakan tergores oleh tikus, lapuk dan permukaan dasar dari talang kotor. Oleh karena itu apabila dibiarkan terlalu lama, maka kerusakan tersebut akan bertambah parah.Karpet talang juga dapat rusak yang dikarenakan pada pemasangan awal dari karpet talang tersebut tidak sempurna. Oleh karena itu untuk teknik pemasangan talang harus diperhatikan dengan cermat, agar dapat dijadikan sebagai penampung yang sempurna apabila air hujan turun dan tetap dapat mengalir tanpa meimbulkan masalah.
Baca juga: Harga Dan Ukuran Talang Air PVC

Kelebihan dan Manfaat

Dalam penggunaan karpet talang dapat memberi solusi untuk lebih hemat, karena karpet talang memang memiliki harga yang cenderung ekonomis. Pemasangan dari karpet talang ini juga mudah dan tidak diperlukan banyak peralatan, dan juga karpet talang ini awet bahkan dapat bertahan lebih dari satu tahun. Apabila menggunakan talang air dengan material yang berbahan karet tebal juga dapat membantu dlaam mengalirkan air hujan dengan baik.Hal itu terjadi agar air hujan tidak langsung jatuh ketanah yang dapat menyebabkan dinding rumah mudah kotor. Tidak hanya itu, penggunaan talang dengan jenis ini juga dapat lebih mempercantik tampilan atap rumah. Hal tersebut dikarenakan atap rumah terlihat menjadi lebih rapi dan mewah. Apabila dilihat dari segi warnapun akan lebih enak untuk dilihat dan tidak menyilaukan matah, jadi tidak terkesan berlebihan.
Baca juga: Cara Membuat Talang Cor Beton Anti Rembes

Cara Pemasangan

Sudah disebutkan pada penjelasan sebelumnya bahwa pemasangan karpet talang air ini terbilang mudah, yaitu cukup dengan merekatkannya dengan paku pada kerangka atap bangunan pada kedua sisinya. Setelah dipastikan terpasang kuat maka akan ditindih untuk bagian tepinya dengan genteng mauoun atap rumah dengan jenin laing yang digunakan pada konstruksi tersebut agar terlihat lebih rapi, bersih, dan untuk memastikan karpet tersebut tidak geser.Setelah beberapa bulan karpet talang itu terpasang, disarankan untuk melakukan pengecekan dan juga membersihkannya memakai kuas atau sapu sesuai dengan kebutuhan. Hal itu dikarenakan jenis material ini apabila kotor maka endapan kotoran tersebut akan masuk ke sela – sela talang dan atap rumah. Jadi dapat membuar kerusakan berupu bocor. Selain itu juga dilakukan untuk mencegah talang agar tidak berlubang yang dikarenakan tumpukan kotoran tersebut. adi harus rutin dalam pembersihannya agar talang tersebut awet.Apabila menemukan bagian yang bocor maka disarankan unutk segera dilakukan perbaikan. Dan perbaikan dari material ini juga sangat mudah. Anda tidak harus mengganti dengan karpet talang yang bagus, akan tetapi dapat juga dengan cara menambal menggunakan sisa karpet talang yang dimiliki. Potonglah karpet talah tersebut sesuai dengan kebutuhan lalu direkatkan menggunakan lem khusus diatasnya.
Baca juga: Harga Seng Plastik Rata Dan Gelombang

Harga Karpet Talang

Untuk harga karpet talang pada umumnya toko menjual karpet talang tersebut dengan metode per – meter dan dengan mukuran lebar yang berbeda – beda pula. Apabila anda membutuhkan karpet talang yang sedikit lebar maka dapat menggunakan karpet talang yang memiliki lebar 110 cm dan untuk ukuran karpet talang yang lebih kecil sekitar 90 cm. berikut ini adalah tabel dari list harga karpet talang yaitu:Catatan: untuk harga dari karpet talang dapat berbeda – beda pada setiap daerahnya.Demikian artikel kali ini yang membahas tentang karpet talang dimana penggunaanya sebagai penampung air dan menyalurkannya ke tanah. Dan juga tidak lupa untuk menyertakan bagaimna cara pemasangan dari karpet talang tersebut dan beberapa list harga dari karpet talang yang dijual di pasaran.
Baca juga: Harga Lem Silikon (Lem Sealant) Berbagai Merk
Semoga artikel ini dapat membantu dalam menambah informasai kepada anda tentang beberapa material yang digunakan pada suatu konstruksi rumah maupun gedung.

Bagikan: