2 Perbedaan Antara Besi H Beam dengan Besi WF

Candra Irawan

2 Perbedaan Antara Besi H Beam dengan Besi WF – Diketahui bahwa baja merupakan salah satu komponen atau material bangunan yang dikenal sangat kuar untuk dijadikan unsur penopang bangunan. dimana baja juga sering disamakan dengan besi kan tetapi pada kenyataannya kedua material ini merupakan bahan yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula.

Besi merupakan salah satu unsur murni yang tidak perlu dicampurkan dengan material apapun. Akan tetapi besi ini mudah teroksidasi sehingga dapat menyebabkan karat. Sedangkan untuk baja karena terbuat dari bahan utama campuran karbon dan besi sehingga dapat menghasilkan daya tahan yang lebih kuat serta tahan terhadap korosi.

Saat ini terdapat berbagai jenis dari baja dan yan paling dikenal dalam dunia konstruksi ada dua yaitu baja profil WF dengan baja profil H Beam. Dalam artikel ini akan dibasan mengenai perbedaan dari kedua jenis ini yang akan dijelaskan dibawah ini.

Definisi Besi WF dan Besi H Beam

Baja WF ini sering dikenal dengan Wide Flange yang merupakan baja dengan kekuatan tekan dan tarik yang tinggi. Baja jenis ini merupakan elemen sempurna untuk menahan tarik serta tekan aksial. Kelebihannya yaitu memiliki bobot yang tidak terlalu berat walau memiliki struktur kepadatan yang tinggi sehingga dapat membuat bentuk konstruksi sebuah bangunan jadi lebih efisien.

Dan untuk profil baja WF ini memiliki konstruksi yang cukup rumit akan tetapi aman dari gaya beban yang kemungkinan akan terjadi ketika pemasangan pondasi, seperti gaya beban vertikal dan horizontal. Tidak hanya itu besi ini juga tahan terhadap segala tekanan dan suhu.

Bagikan:

Tags