Harga Paving Block / Conblock


Paving Block – menjadi salah satu bahan bangunan yang selalu dibutuhkan pada setiap konstruksi. Ada beberapa jenis paving block yang dipasarkan mulai dari tipe per meter, k300 serta kavling block cisangkan.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan daftar harga material bangunan dari pavling block namun setiap daerah memiliki banderol yang berbeda-beda serta bisa berubah-ubah. Misalnya saja harga yang ada di kota besar seperti Surabaya, Jakarta atau Bandung tentu berbeda dengan daerah pedalaman. Disini saya akan memberikan ulasan mengenai harga paving block mulai dari tipe dan juga harga agar bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin membeli paving block.

paving block.

Perlu diketahui paving block merupakan bahan beton keras yang biasanya digunakan untuk permukaan tanah agar tidak becek saat hujan serta mencegah terjadinya amblas ketika dilalui oleh kendaraan atau muatan berat. Paving block sendiri ada beberapa jenis mulai dari bentuk segi enam, balok, hexagonal dan masih banyak lagi.

Pada dewasa ini paving block tidak lagi digunakan untuk halaman rumah saja namun juga berkembang dipakai di jalanan gang dan juga halman pertokoan atau tempat parkir. Setidaknya ada beberapa jenis paving block yang beredar di Indonesia mulai dari conbloc 4, conbloc 16, dikformat, grass stone, munich, roma, zurich, topi uskup, milan grass block.

Baca juga : Desain Taman Minimalis Lahan Sempit

Fungsi dari paving block utamanya adalah mencegah becek karena air masuk ke dalam tanah melalui celah-celah paving tersebut. Sedangkan kualitas dari paving block ditentukan oleh mutu dari pembuatannya dan juga bahan campuran yang digunakan. Namun biasanya semakin paving yang semakin berkualitas harganya pun juga sedikit lebih mahal. Kini usaha pembuatan paving block di Indonesia sudah semakin banyak baik dibuat oleh perusahaan besar maupun industri rumahan.

Salah satu merek yang sudah sering digunakan oleh para pemilik rumah yaitu cisangkan. Pada intinya harga paving block ditentukan oleh kualitas serta ukuran yang dipasarkan. Tentu semakin besar ukuran dari paving juga semakin mahal harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Paving Block

Kelebihan dan Kekurangan Paving Block

Paving block memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan material penutup tanah yang lainnya. Kelebihan yang paling mencolok bisa dilihat dari bagian bentuk, warna, ukuran, corak dan juga texture permukaannya. Meskipun demikian, material penutup tanah ini juga tak luput dari kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan material paving block yang perlu anda ketahui:

Kelebihan

Kelebihan Paving Block

  • Paving block memiliki daya serap air yang sangat baik sehingga mampu mengurangi genangan air serta mencegah terjadinya banjir.
  • Pemasangan paving block bisa dibilang cukup mudah, tidak perlu menggunakan spesi pasangan ataupun pengikat diantara masing-masing paving block. Hanya cukup menggunakan material pasir sebagai bahan pengisi. Bahkan pemasangannya bisa anda lakukan sendiri tanpa perlu bantuan tukang.
  • Jika misalnya terjadi kerusakan seperti pecah maka bisa langsung diganti dengan mudah. Cukup dengan mengambil paving yang sudah pecah kemudian diganti dengan paving baru.
  • Memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan material penutup tanah lainnya dengan perawatan yang juga mudah.
  • Mudah untuk dilepas pasang sehingga bisa sering anda ganti.
  • Bertekstur dan mempunyai warna serta bentuk yang sangat unik. Sehingga akan cocok sekali jika digunakan sebagai akses penguat desain eksterior rumah.

Kekurangan

Kekurangan Paving Block

  • Pemasangan paving block akan mudah sekali bergelombang jika pondasinya tidak dipasang dengan cukup kuat.
  • Paving block kurang cocok jika dipasang di area yang sering dilalui oleh kendaraan berkecepatan tinggi. Material penutup tanah ini lebih cocok diaplikasikan di area yang biasa dilalui oleh kendaraan berkecepatan rendah saja seperti misalnya lingkungan permukiman dan perkotaan yang padat.
  • Jika tidak direkatkan dengan benar maka susunannya mudah sekali bergeser sehingga bisa menimbulkan lubang.

Cara Pemasangan Paving Block

Cara Pemasangan Paving Block

Meskipun proses pemasangan paving block sangat mudah tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan supaya paving block nantinya bisa terpasang dengan benar dan tidak akan mudah mengalami pergeseran di kemudian hari. Berikut ini adalah langkah-langkah cara dalam pemasangan paving block yang bisa anda ikuti dengan mudah:

  1. Sebelum melakukan pemasangan paving block, pastikan bahwa struktur lahan yang ingin anda pasangi dengan paving block dalam keadaan padat. Tujuannya adalah untuk mencegah lahan ambles ketika pemasangan.
  2. Pastikan juga permukaan lahan yang ingin anda pasangi dengan paving sudah dalam kondisi rata.
  3. Usahakan untuk memasangan kanstin beton supaa paving block terkunci dan tidak mudah mengalami pergeseran.
  4. Gelar abu batu dengan mengikuti kemiringan yang sudah ditentukan. Selanjutnya bisa anda ratakan menggunakan jidar kayu.
  5. Pemasangan paving block harus dilakukan dengan cara maju ke depan, sementara anda yang sedang melakukan pemasangan paving bisa berada di atas paving yang sudah terpasang.
  6. Untuk bagian tepi atau sudut-sudut lahan yang masih belum terpasang oleh paving block, anda bisa memotong paving block dengan menggunakan alat pemotong khusus atau paving block cutter.
  7. Jika lahan sudah hampir 100% terpasang paving block, selanjutnya anda bisa melakukan pengisian antara nat paving block (pengisian joint filler) menggunakan abu batu.
  8. Anda bisa memadatkan paving block dengan menggunakan baby roller atau stamper kodok 1 sampai dengan 2 kali putaran sehingga paving block akan menjadi terkunci.

Daftar Harga Paving Block Terbaru 2020 :

  • Paving Block/ Conblock Model Bata 6 cm
    Harga Rp 77.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Bata 8 cm
    Harga Rp 87.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Cacing 6 cm
    Harga Rp 77.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Cacing 8 cm
    Harga Rp 87.000 / m²
  • Paving Block / Conblock Model Hexagon 6 cm
    Harga Rp 77.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Hexagon 8 cm
    Harga Rp 87.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Trihex 6 cm
    Harga Rp 77.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Trihex 8 cm
    Harga Rp 87.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Ubin Set 6 cm
    Harga Rp 92.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Ubin Set 8 cm
    Harga Rp 102.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Ubin Kecil 6 cm
    Harga Rp 92.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Ubin Kecil 8 cm
    Harga Rp 102.000 / m²
  • Rp 92.000 / m²
  • Paving Block/ Conblock Model Ubin Full 8 cm
    Harga Rp 102.000 / m²
  • Topi Uskup 6 cm / Press
    Harga Rp 8.500 / pcs
  • Topi Uskup 8 cm / Press
    Harga Rp 9.500 / pcs

Harga Paving Block K-300

(click image untuk melihat gambar penuh)

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai harga paving block lengkap beserta pembahasannya. Diharapkan bagi anda yang sekarang ini sedang ingin membeli paving block tidak mudah tergiur dari promosi yang diberikan oleh pedagang karena belum tentu harganya yang murah memiliki kualitas baik atau sebaliknya.


Loading...