Cara Membuat Lilin Aromaterapi Dengan Mudah

Endah Wahyuni

Lilin Lebah

Dari beberapa jenis lilin yang ada, lilin lebah bisa dibilang yang paling tua. Lilin ini diproduksi oleh lebah yang menjadi produk sampingan dalam pembuatan madu. Lilin tersebut diekskresikan ke dalam sarang oleh lebah sebagai sarana untuk menetaskan larvanya.

Lilin ini mempunyai aroma manis yang alami karena diresapi madu selama pembuatannya. Akan tetapi aroma tersebut dipengaruhi bunga atau tanaman dimana lebah mengambil sari untuk membuat madu.

Lilin Gel

Lilin ini merupakan perpaduan antara minyak mineral dengan resin. Lilin jenis ini juga sering dimanfaatkan sebagai lilin aromaterapi. Umumnya lilin gel dipakai untuk meniru air atau cairan lain. Sebab lilin gel memiliki warna yang transparan.

Baca juga: Biaya Membuat Kolam Renang

Langkah Membuat Lilin Aromaterapi

Sebelum mulai membuat, kita harus mengetahui dan menyiapkan bahan-bahan pembuatan lilin aromaterapi. Ada beberapa bahan yang kita butuhkan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Bahan Pembuatan Lilin Aromaterapi

  1. Lilin biasa. Kita bisa memakai lilin putih biasa untuk membuat lilin aromaterapi. Sedangkan untuk jumlahnya bisa bervariasi tergantung seberapa besar kita ingin membuatnya.
  2. Minyak aromaterapi. Yang kita butuhkan dan tidak boleh terlewatkan tentu saja minyak aromaterapi atau minyak esensial. Kita bisa menggunakan minyak beraroma apa saja sesuai keinginan. Seperti melati, lavender, green tea, dan aroma-aroma wangi lainnya.
  3. Sumbu. Kita juga membutuhkan sumbu yang nantinya dipakai untuk membakar lilin. Kita bisa memakai sumbu dari lilin yang sudah disiapkan tadi atau dengan membeli sumbu sendiri.
  4. Wadah. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah yang dipakai untuk tempat lilin aromaterapi. Tidak ada wadah khusus untuk hal ini, kita bisa memakai mangkok, toples, gelas, dan lain sebagainya.
  5. Panci dan mangkok. Alat ini kita gunakan untuk melelehkan lilin. Caranya cukup dengan meletakkan lilin di mangkok dan diletakkan di tengah panci berisi air. Pilih mangkok yang bisa menghantarkan panas.
  6. Tusuk gigi. Tusuk gigi kita pakai untuk memasang sumbu lilin supaya berada di tengah lilin.
  7. Pewarna makanan. Ini hanya opsional, kita bisa melewatkannya. Pewarna makanan dipakai untuk mempercantik lilin aromaterapi dengan warna-warna yang menarik.

Video Pendukung:

Baca juga: Sirlak Untuk Pelitur Kayu

Langkah Pembuatan Lilin Aromaterapi

Setelah bahan sudah siap, kita lanjut ke proses pembuatan. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

Ide Lilin Aromaterapi

Lilin Aromaterapi Lavender

Salah satu aromaterapi yang banyak dipakai saat ini adalah lavender. Aromanya yang khas dan menenangkan diyakini bisa membuat tubuh lebih rileks saat istirahat di malam hari. Bahkan menurut salah satu jurnal disebutkan bahwa minyak lavender untuk aromaterapi bisa meningkatkan kualitas tidur. Terutama pada orang yang mengalami kecemasan, depresi, atau insomnia. Dengan langkah-langkah di atas kita bisa membuat lilin aromaterapi lavender untuk kamar tidur.

Lilin Aromaterapi Kopi

Aroma kopi memang berbeda dari aroma lain. Bagi sebagian orang aroma tersebut bisa menambah semangat. Bahkan dipercaya bisa meningkatkan kinerja otak, dan baik untuk kesehatan mental. Nah kita bisa menggunakan kopi instan atau biji kopi untuk membuat lilin aroma terapi. Langkah-langkahnya pun sama saja.

Lilin Aromaterapi Kayu Manis

Bagikan: