Bahan Aluminium Composite Panel


Bahan Aluminium Composite Panel – Anda mungkin sering melihat bangunan gedung perkantoran, gapura atau bangunan-bangunan lain yang dihiasi dengan semacam plat berbentuk persegi yang memiliki warna cerah seperti warna metal. Plat-plat ini disusun sedemikian rupa sehingga menunjang keindahan arsitektur tersebut.

Jika pernah dan kebetulan Anda tidak mengetahui namanya, itu disebut dengan Aluminium Composite Panel (ACP). Apa itu ACP dan apa saja kegunaannya? Pada artikel kali ini kita bahas lebih lanjut seputar ACP, berikut bahan pembuatnya.



Pengertian ACP dan Fungsinya

ACP adalah material kombinasi plat aluminium dan bahan komposit. Aluminium Composite Panel bisa diartikan sebagai panel datar yang terdiri dari bahan non-aluminium berupa polyethylene yang disatukan di antara dua lembaran aluminium. Material ACP memiliki karakteristik kuat, kaku, namun relatif ringan.

Di pasaran lembaran ACP dijual dalam dua versi warna, yakni warna metalik dan warna non logam. Tidak hanya itu, pembeli juga bisa melakukan pemesanan khusus dengan permukaan yang dibuat mirip dengan bahan material lain seperti kayu, keramik dan lain-lain.

Lembaran ACP pada dasarnya berfungsi sebagai penutup permukaan dinding. ACP sering diaplikasikan pada gedung atau rumah dengan konsep minimalis. Material ACP juga bisa dipadukan dengan bahan logam atau kaca yang bisa menambah keindahan suatu bangunan. Tidak hanya untuk sisi eksterior saja, ACP juga bisa dimanfaatkan untuk interior gedung. Bisa dipakai sebagai partisi, plafon maupun penutup kolom. 

Umumnya Aluminium Composite Panel dibuat dengan ketebalan berkisar 1 mm sampai dengan 10 mm. Sedangkan lebarnya berkisar 1.200 mm sampai 1.600 mm.



Ketebalan standar ACP adalah 4 mm. Lalu untuk panjang dan lebarnya biasanya tersedia dalam dua ukuran, yakni 1.220 x 2.440 mm serta 1.220 x 4.880 mm. Sedangkan untuk lapisan aluminium di kedua sisinya memiliki ketebalan antara 0,21 mm, 0,3 mm atau 0,5 mm. Semakin tebal maka semakin kuat bahannya. Akan tetapi harganya juga akan lebih mahal.

Jika digunakan untuk bangunan dengan dua hingga empat lantai, ketebalan lembaran ACP yang dipilih cukup 0,21 mm atau 0,3 mm. Sebab beban fisik, seperti hujan atau angin tidak terlalu besar, sehingga ketebalan tersebut masih aman untuk digunakan. Sedangkan gedung yang lebih tinggi disarankan untuk memakai ACP dengan ketebalan 0,5 mm agar lebih tahan terhadap cuaca maupun beban fisik.

Baca juga: Harga ACP Seven Per Meter

Jenis ACP

Jenis Aluminium Composite Panel umumnya terbagi menjadi dua macam, yakni indoor dan outdoor. Perbedaan keduanya terletak pada ketebalan aluminium dan jenis coating. ACP untuk indoor atau dalam ruangan memiliki lapisan yang tipis dan diberi coating polyester (PE). Lain halnya dengan ACP outdoor yang lebih tebal dan biasanya menggunakan coating Polyvinylidene Difluoride (PVDF).