Bahan Aluminium Composite Panel


Bahan Aluminium Composite Panel – Anda mungkin sering melihat bangunan gedung perkantoran, gapura atau bangunan-bangunan lain yang dihiasi dengan semacam plat berbentuk persegi yang memiliki warna cerah seperti warna metal. Plat-plat ini disusun sedemikian rupa sehingga menunjang keindahan arsitektur tersebut.

Jika pernah dan kebetulan Anda tidak mengetahui namanya, itu disebut dengan Aluminium Composite Panel (ACP). Apa itu ACP dan apa saja kegunaannya? Pada artikel kali ini kita bahas lebih lanjut seputar ACP, berikut bahan pembuatnya.

Pengertian ACP dan Fungsinya

ACP adalah material kombinasi plat aluminium dan bahan komposit. Aluminium Composite Panel bisa diartikan sebagai panel datar yang terdiri dari bahan non-aluminium berupa polyethylene yang disatukan di antara dua lembaran aluminium. Material ACP memiliki karakteristik kuat, kaku, namun relatif ringan.

Di pasaran lembaran ACP dijual dalam dua versi warna, yakni warna metalik dan warna non logam. Tidak hanya itu, pembeli juga bisa melakukan pemesanan khusus dengan permukaan yang dibuat mirip dengan bahan material lain seperti kayu, keramik dan lain-lain.

Lembaran ACP pada dasarnya berfungsi sebagai penutup permukaan dinding. ACP sering diaplikasikan pada gedung atau rumah dengan konsep minimalis. Material ACP juga bisa dipadukan dengan bahan logam atau kaca yang bisa menambah keindahan suatu bangunan. Tidak hanya untuk sisi eksterior saja, ACP juga bisa dimanfaatkan untuk interior gedung. Bisa dipakai sebagai partisi, plafon maupun penutup kolom. 

Umumnya Aluminium Composite Panel dibuat dengan ketebalan berkisar 1 mm sampai dengan 10 mm. Sedangkan lebarnya berkisar 1.200 mm sampai 1.600 mm.

Ketebalan standar ACP adalah 4 mm. Lalu untuk panjang dan lebarnya biasanya tersedia dalam dua ukuran, yakni 1.220 x 2.440 mm serta 1.220 x 4.880 mm. Sedangkan untuk lapisan aluminium di kedua sisinya memiliki ketebalan antara 0,21 mm, 0,3 mm atau 0,5 mm. Semakin tebal maka semakin kuat bahannya. Akan tetapi harganya juga akan lebih mahal.

Jika digunakan untuk bangunan dengan dua hingga empat lantai, ketebalan lembaran ACP yang dipilih cukup 0,21 mm atau 0,3 mm. Sebab beban fisik, seperti hujan atau angin tidak terlalu besar, sehingga ketebalan tersebut masih aman untuk digunakan. Sedangkan gedung yang lebih tinggi disarankan untuk memakai ACP dengan ketebalan 0,5 mm agar lebih tahan terhadap cuaca maupun beban fisik.

Baca juga: Harga ACP Seven Per Meter

Jenis ACP

Jenis Aluminium Composite Panel umumnya terbagi menjadi dua macam, yakni indoor dan outdoor. Perbedaan keduanya terletak pada ketebalan aluminium dan jenis coating. ACP untuk indoor atau dalam ruangan memiliki lapisan yang tipis dan diberi coating polyester (PE). Lain halnya dengan ACP outdoor yang lebih tebal dan biasanya menggunakan coating Polyvinylidene Difluoride (PVDF).

Oleh karenanya ACP PE memiliki harga yang lebih terjangkau. Sebab produksi ACP indoor ini hanya memakai satu kali lapisan saja. Sebagai konsekuensinya coating ACP tipe PE tidak tahan terhadap cuaca maupun sinar UV. Sementara ACP PVDF memiliki lapisan yang bisa memberikan perlindungan lebih lama pada bangunan. Akan tetapi tentu saja harga yang perlu dibayar lebih mahal.

4 Karakteristik ACP

Jika diamati Aluminium Composite Panel terdiri dari dua panel tipis aluminium datar yang terikat pada pusat non-aluminium. Material ini mempunyai sedikitnya 4 karakteristik yang membuatnya berbeda dari material lainnya. Penasaran apa saja karakteristik Aluminium Composite Panel ini? Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda simak.

Ringan

Aluminium Composite Panel (ACP) memiliki bobot yang tergolong ringan dibandingkan material lainnya. Berat akhirnya sekitar 2,5 pon per kaki persegi setelah proses instalasi rampung. Tidak hanya ringan, panel ACP juga mempunyai daya tahan yang sangat baik. Sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Tahan Api

Aluminium Composite Panel dibuat dari bahan yang tahan api. Hal ini ditujukan untuk memenuhi masalah pada bangunan besar untuk memastikan bahwa bahan yang tidak mudah terbakar seperti Aluminium Composite Panel dipakai pada pengaplikasian bangunan.

Oleh karenanya saat akan membeli dan memakai panel ACP jangan lupa untuk memeriksa spesifikasi mengenai ketahanan material terhadap api untuk memastikan bahwa material tersebut telah memenuhi syarat dan layak pakai.

Berkelanjutan

Daya tarik dari ACP adalah materialnya yang memiliki sifat berkelanjutan. Pasalnya panel ini terbuat dari sekitar 85% material aluminium daur ulang. Sehingga panel ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menyukai segala sesuatu yang berkelanjutan alias sustainable. Tentu saja hal tersebut tergantung pada negara tempat konsumen tinggal.

Pilihan warna Beragam

Yang menjadi salah satu daya tarik utama dari ACP adalah banyaknya pilihan warna yang tersedia dan bisa kita beli. Panel ini memiliki hampir 40 warna berbeda. Tidak hanya itu saja, jika ingin pembeli bisa memesan warna khusus sesuai keinginan.

Anda bisa memesan ACP dengan motif yang serupa material lain, misalnya warna aluminium, tembaga, seng, stainless steel, motif kayu dan lain sebagainya. Dengan pilihan warna yang beragam pembeli bisa menyesuaikan warna ACP dengan gaya bangunan secara mudah.

Kelebihan dan Kekurangan ACP

Papan ACP mempunyai beberapa kelebihan. Akan tetapi di sisi lain panel ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut kami jabarkan apa saja kelebihan dan kekurangan Aluminium Composite Panel. Sehingga Anda bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Kelebihan ACP

  • Permukaan panel rata dan halus
  • Memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap cuaca maupun iklim
  • Bahan panel bagus untuk dekorasi eksterior ataupun interior bangunan
  • Dapat dengan mudah diterapkan dalam berbagai macam desain dengan konsep modern
  • Dijual dalam pilihan warna dan pola yang bermacam-macam
  • Composite dapat dibentuk, dilipat, dibor dan dilengkungkan dengan mudah memakai peralatan konvensional ataupun peralatan sederhana lainnya
  • Bahan inti ACP terbuat dari polyethylene yang membuatnya tahan api
  • Permukaan aluminium dilapisi dengan polyester yang dapat menambah daya tahan dan stabilitas. Lapisan tersebut juga membuat panel tahan korosi maupun iklim.

Kekurangan ACP

  • Menurut hasil penelitian dijelaskan bahwa bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium, dapat mengeluarkan gas beracun saat berada dalam suhu panas yang tinggi
  • Jika terpapar suhu yang tinggi, lapisan inti bisa menggelembung sehingga membuat permukaan aluminium tidak rata dan bisa mengurangi keindahan panel ACP
  • Kekuatan panel terhadap tekanan angin kurang, sehingga dalam konstruksi yang kurang baik dapat berisiko terhadap keselamatan
  • Lembaran ACP memiliki risiko tersambar petir apabila sistem grounding terhadap bangunan utama kurang bagus

Baca juga: Harga Triplek Per Lembar

Panduan Pemasangan ACP

Pemasangan panel ACP tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa tahap yang harus dilalui dan harus dilakukan oleh tenaga yang sudah ahli. Sebagai gambaran berikut alur pemasangan ACP:

  1. Percayakan pengerjaan pada kontraktor composite panel yang sudah berpengalaman di bidangnya agar memperoleh hasil yang lebih baik.
  2. Pastikan dinding plesteran sudah rapi dan siap untuk dipasangi bracket
  3. Agar pemasangan composite panel mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan proses marking terlebih dahulu dengan saksama dan teliti
  4. Pastikan bahan ACP yang dipasang sesuai dengan spesifikasi ruangan. Contohnya untuk area eksterior atau area luar ruangan digunakan Aluminium Composite Panel dengan finish PVDF. Sedangkan untuk interior memakai ACP tipe PE.

Loading...