Cara Hitung Kebutuhan Scaffolding Pada Konstruksi

Candra Irawan

Cara Hitung Kebutuhan Scaffolding Pada Konstruksi โ€“ Sebagian orang yang bekerja dibidang konstruksi atau bangunan pasti sering mendengar kata scaffolding, dimana scaffolding merupakan salah satu konstruksi penyokong yang bersifat sementara dan dapat digunakan pada pekerjaan diketinggian dalam mendukung peralatan, pekerja serta beberapa material lainnya selama pekerjaan konstruksi tersebut sedang berlangsung.

Scaffolding ini merupakan work platform sementara yang pada umumnya berbentuk suatu sistem modular dari pipa atau tabung logam, meskipun juga dapat menggunakan beberpaa bahan lain yang sesuai. Pada beberapa negara asia seperti RRC dan indonesia bahan scaffolding bambu ini masih digunakan. Alat ini terbuat dari bahan โ€“ bahan kuat yang dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki kekuatan untuk menopang beban diatasnya.

 

Di Indonesia dalam membuat scaffolding menggunakan bahan dari bambu dilatar belakangi karena harganya yang cukup terjangkau serta bambu juga banyak dipilih karena memiliki sifat yang tahan terhadap gempa. Dalam pembuatan scaffolding ini dibutuhkan keterampilan dan ketelitian yang cukup tinggi untuk dapat menghitung jumlah scaffolding yang dibutuhkan secara benar. Dimana metode yang sering digunakan adalah membuat suatu maping tentang kebutuhan scaffolding.

Bagikan:

Tags