Memahami Pengertian Listrik 3 Phase


Jika jaringan listrik 3 phase yang kita harapkan dapat memenuhi sesuai keperluan peralatan yang mungkin terdapat usaha home industri maka setidaknya listrik 3 phase tersebut direncanakan dengan benar dan mendekati seimbang.

Agar jaringan 3 phase dapat dibagi seimbang, maka instalasi listrik 3 phase dikelompokkan menjadi 2 jalur utama yaitu jalur penerangan dan jalur tenaga, meskipun pembagian jaringan 3 phasenya dengan 1 panel pun tidak masalah agar lebih irit.



  1. Panel Jalur Penerangan

Jalur penerangan bisa kita rencanakan menggunakan sistem 3 phase atau hanya dengan 1 phase biar mudah.

Instalasi penerangan dikhususkan hanya untuk beban lampu, dengan harapan jika terjadi gangguan pada instalasi tenaga maka penerangan tidak berpengaruh.

  1. Panel Jalur Tenaga

Instalasi jalur tenaga secara khusus biasanya dirancang dengan sistem 3 phase dengan sistem pengaman 3 pole serentak misalnya menggunakan MCB 3 phase. Beban yang seperti ini biasanya diperuntukkan beban motor listrik 3 phase.

Dengan mengelompokan beban instalasi, maka listrik 3 phase yang kita miliki dapat dimanfaatkan untuk melayani komponen atau peralatan listrik dengan benar.

Gambar ilustrasi untuk memberikan gambaran bagaimana merencanakan pembagian instalasi jaringan 3 phase. Dengan maksud agar persediaan listrik 3 phase dapat dimanfaatkan secara maksimal.



Penjelasan Video

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Sudah dapat kita ketahui bahwa pada dasarnya listrik 1 phase dan 3 phase mempunyai karakteristik dan peruntukan yang berbeda. Sehingga penggunaannya pun tidak bisa sembarangan.

Kami sarankan untuk minta direncanakan kepada yang sudah ahli atau instalatirnya agar dibagi pembebanannya dengan seimbang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda. Anda bisa mencari tahu informasi lain seputar listrik 1 phase dan 3 phase jika ingin lebih memahami pengetahuan seputar itu.