Pengertian, Tipe MCB Dan Fungsinya


Pengertian Dan Tipe MCB – Listrik menjadi salah satu hal terpenting bagi umat manusia. Dan seiring berkembangnya zaman ada begitu banyak hal dari kelistrikan yang bisa kita pelajari. Salah satunya adalah komponen kelistrikan.

Dari sekian banyak komponen kelistrikan yang ada, MCB pasti menjadi salah komponen yang sering Anda lihat. Biasanya komponen ini terpasang di setiap rumah dan sudah menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi saat membangun rumah. Lalu sebenarnya apa itu MCB?



Daripada bingung, berikut adalah penjelasan seputar MCB. Mulai dari definisi, jenis-jenis MCB, hingga fungsinya. Sehingga bisa menjadi wawasan untuk Anda yang penasaran atau kebetulan sedang belajar tentang komponen kelistrikan.

Definisi MCB

Hal mendasar yang harus kita ketahui dari MCB adalah pengertian dari komponen itu sendiri. MCB merupakan akronim dari Miniature Circuit Breaker. Sesuai dengan singkatannya, MCB adalah salah satu komponen pada sistem kelistrikan yang berfungsi untuk memutus aliran listrik saat terjadi korsleting atau arus berlebih. Di samping itu saat arus listrik normal MCB berfungsi sebagai saklar yang dapat menyambung atau memutuskan arus listrik secara manual.

Yang menarik pemutusan arus listrik tersebut dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu diatur secara manual. Sehingga MCB bisa meningkatkan keamanan terhadap bangunan, baik rumah, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, dan lain sebagainya.

Prinsip kerja MCB ini mirip dengan sekring atau fuse yang juga menjadi komponen penunjang keamanan listrik. Walaupun mirip bukan berarti sama. Pada sekring, saat terjadi beban berlebih maka aliran daya akan terputus otomatis dan membuat sekring tersebut harus diganti dengan yang baru karena komponennya sudah putus. Sedangkan pada MCB kita bisa kembali mengaktifkannya jika terjadi korsleting tanpa perlu mengganti komponen tersebut dengan yang baru.



Baca juga: Joule Thief Untuk Menghemat Listrik

Fungsi MCB

Di atas sudah dijelaskan sekilas mengenai apa kegunaan dari MCB. Akan tetapi pada poin ini kita bahas lebih dalam sehingga kita benar-benar tahu fungsi dari komponen kelistrikan ini.

Pemutus Arus

MCB memiliki fungsi utama sebagai pemutus arus. Seperti yang diketahui sampai saat ini masih banyak terjadi kasus kebakaran gedung atau rumah karena terjadi hubungan arus pendek atau korsleting. Untuk itulah MCB dibuat, yakni sebagai pengaman saat terjadi masalah pada instalasi listrik.

Ketika masalah itu muncul MCB akan memutus arus secara otomatis. Selain beroperasi secara otomatis, kita juga bisa mematikan aliran listrik dengan menurunkan toggle switch yang terdapat pada komponen ini. Dengan begitu semua jaringan listrik yang terhubung akan mati.



Dalam beberapa rumah atau bangunan lain, MCB yang digunakan lebih dari satu. Masing-masing MCB ini terhubung ke jaringan listrik yang berbeda. Maka dari itu sebelum mematikan atau menghidupkan MCB pastikan Anda mengetahui MCB mana yang harus dioperasikan.

Pelindung Saat Terjadi Beban Lebih