Download PUIL (Persyaratan Instalasi Listrik)


PUIL (Persyaratan Instalasi Listrik) – Anda mungkin tahu bahwa instalasi listrik memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh semua pihak. Aturan ini dibuat agar instalasi listrik dilakukan dengan baik, aman, dan benar, serta terhindar dari segala risiko yang tidak diharapkan.

Di Indonesia sendiri ada sebuah pedoman yang dinamakan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL). PUIL ini merupakan penjabaran lengkap berdasarkan Standar Nasional Indonesia dan selaras dengan kaidah prosedur internasional. PUIL bisa menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk banyak pihak, seperti pengguna rumahan, instalator, bahkan siswa maupun mahasiswa.



PUIL memuat beragam ketentuan atau standar yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam pemasangan listrik. Sehingga instalasi dapat dilakukan dengan benar, sesuai aturan, dan keselamatan ketenagalistrikan dapat tercapai.

Baca juga: Memahami Pengertian Listrik 3 Phase

Untuk diketahui, PUIL sudah ada sejak lama. Pedoman ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1964. Kemudian pedoman ini mengalami beberapa kali perubahan, hingga yang terbaru PUIL 2011. Selain itu perlu dicatat bahwa sejak tahun 2000 PUIL yang awalnya adalah Peraturan Umum Instalasi Listrik berubah nama menjadi Persyaratan Umum Instalasi Listrik. Perubahan ini sekaligus menandai bahwa PUIL wajib untuk diberlakukan.

PUIL 2011 (SNI 0225:2011) memuat berbagai acuan baru yang merevisi aturan sebelumnya terkait pemasangan listrik. Di samping itubjuga ada Penjelasan PUIL 2011 yang berisi keterangan tambahan, perhitungan, jenis serta gambar peralatan listrik yang digunakan.

Buku tersebut menjadi buku pelengkap yang menjelaskan semua hal yang tercantum dalam buku PUIL 2011. Sebagai pedoman dan acuan, Anda bisa mendownload PUIL 2011 dan buku penjelasan PUIL 2011 di bawah ini.



Tujuan PUIL

Persyaratan Umum Instalasi Listrik atau PUIL adalah peraturan yang menjelaskan tentang rekomendasi atau persyaratan wajib yang harus dijadikan pedoman dalam pekerjaan pemasangan maupun pemeliharaan instalasi listrik. PUIL ini disusun dengan tujuan:

  1. Supaya instalasi listrik bisa dioperasikan dengan baik
  2. Keselamatan manusia lebih terjamin
  3. Menjamin keamanan instalasi listrik dan juga perlengkapannya
  4. Menjamin keamanan gedung dan semua isinya dari risiko kebakaran
  5. Tercapainya tujuan pencahayaan, yakni terwujudnya interior yang nyaman dan efisien

Ketentuan Umum

Dalam melakukan instalasi listrik ada beberapa ketentuan yang perlu kita pahami dan patuhi. Sehingga pemasangan yang kita lakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Berikut adalah beberapa ketentuan umum yang harus kita patuhi:

  1. Setiap instalasi listrik harus terdapat rencana instalasi yang sudah disetujui
  2. Instalasi listrik dirancang, dipasang, dan dipelihara sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kebakaran serta mencegah kemungkinan terjadinya hal tersebut.
  3. Perlengkapan dan peralatan listrik yang dipasang harus memenuhi standar dan memiliki tanda pengenal, seperti nama, logo pembuat, tegangan, dan daya/arus pengenal. Serta data teknis lain yang disahkan dalam SNI.
  4. Peralatan dan perlengkapan listrik harus dalam keadaan baik dan bisa berfungsi, serta dipilih sesuai penggunaan dan tidak boleh dibebani melebihi kemampuannya.
  5. Instalasi listrik dilengkapi dengan pelindung atau proteksi untuk keselamatan. Seperti proteksi kejut listrik, termal, arus lebih, dan proteksi tegangan lebih.
  6. Instalasi listrik yang baru dipasang atau mengalami perubahan harus diuji dan diperiksa. Selain itu jika perlu dicoba sebelum dioperasikan, dan memenuhi ketentuan PUIL.
  7. Perencana pemasang, dan pemeriksa instalasi listrik harus mempunyai izin dan harus memakai tenaga teknis yang berkompeten sesuai bidangnya.

Baca juga: Biaya Pemasangan Listrik Rumah Baru

Syarat Memasang Instalasi Listrik Rumah

Siapa saja boleh melakukan instalasi listrik selama memahami aturan atau standar yang berlaku, serta memahami bagaimana melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan aman. Dengan kata lain Anda sendiri bisa mengerjakan sendiri instalasi listrik di rumah. Akan tetapi Anda harus memahami beberapa syarat dalam memasang listrik. Berikut kami jabarkan apa saja syarat dalam melakukan instalasi listrik di rumah.