Download PUIL (Persyaratan Instalasi Listrik)

Endah Wahyuni

PUIL (Persyaratan Instalasi Listrik) – Anda mungkin tahu bahwa instalasi listrik memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh semua pihak. Aturan ini dibuat agar instalasi listrik dilakukan dengan baik, aman, dan benar, serta terhindar dari segala risiko yang tidak diharapkan.

Di Indonesia sendiri ada sebuah pedoman yang dinamakan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL). PUIL ini merupakan penjabaran lengkap berdasarkan Standar Nasional Indonesia dan selaras dengan kaidah prosedur internasional. PUIL bisa menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk banyak pihak, seperti pengguna rumahan, instalator, bahkan siswa maupun mahasiswa.

PUIL memuat beragam ketentuan atau standar yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam pemasangan listrik. Sehingga instalasi dapat dilakukan dengan benar, sesuai aturan, dan keselamatan ketenagalistrikan dapat tercapai.

Baca juga: Memahami Pengertian Listrik 3 Phase

Untuk diketahui, PUIL sudah ada sejak lama. Pedoman ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1964. Kemudian pedoman ini mengalami beberapa kali perubahan, hingga yang terbaru PUIL 2011. Selain itu perlu dicatat bahwa sejak tahun 2000 PUIL yang awalnya adalah Peraturan Umum Instalasi Listrik berubah nama menjadi Persyaratan Umum Instalasi Listrik. Perubahan ini sekaligus menandai bahwa PUIL wajib untuk diberlakukan.

Bagikan: