Harga Dan Ukuran Pipa Conduit Per Batang


Harga Dan Ukuran Pipa Conduit – Dalam dunia konstruksi kita mengenal ada beragam jenis pipa. Mungkin saat mendengar kata pipa Anda akan langsung berpikir bahwa fungsi material ini adalah untuk menyalurkan air. Akan tetapi fungsinya tidak sebatas itu saja. Ada pula pipa yang berfungsi untuk melindungi komponen lain agar terhindar dari kerusakan seiring berjalannya waktu. Pipa tersebut adalah pipa conduit.

Pipa conduit digunakan untuk pengaman instalasi kabel saat proses pembangunan dilakukan. Pipa conduit juga mempunyai istilah lain Electrical Conduit Pipe. Pipa conduit dimanfaatkan untuk melindungi kabel-kabel dari berbagai macam hal, seperti gangguan binatang kecil, interferensi, suhu ekstrem, dan lain sebagainya. Dengan begitu dapat meminimalisir risiko korsleting.



Umumnya pipa conduit dibuat dari bahan PVC dengan panjang 3 meter per batang. Diameter pipa ini mencapai 20 mm dan 25 mm yang membuatnya lebih fleksibel saat dipakai. Sedangkan ketebalan dindingnya 1,3 mm dan 1,5 mm.

Pipa ini memang ditujukan khusus untuk pelindung kabel. Sehingga Anda tidak bisa memakainya untuk saluran air. Sebenarnya selain pipa conduit juga ada pipa C yang juga mempunyai fungsi serupa. Salah satu perbedaannya terletak pada ukurannya, baik ketebalan dinding, diameter, maupun panjangnya.

Jika Anda berniat membeli pipa ini, maka Anda perlu mengetahui beberapa hal. Seperti macam pipa conduit, hingga daftar harganya. Untuk mendapatkan informasi seputar hal tersebut silakan simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Download PUIL Panduan Instalasi Listrik

Jenis Pipa Conduit

Ada beberapa macam pipa conduit yang beredar di pasaran. Baik dari mereknya atau dari bahan dasarnya. Berikut beberapa macam pipa conduit yang dapat Anda beli di toko material bangunan.



Pipa Conduit Clipsal

Pipa yang satu ini diklaim dapat melindungi instalasi kabel dengan baik. Pipa ini dibuat dari material PVC yang memiliki sifat fleksibel dan tidak mudah patah saat dibengkokkan. Umumnya pipa conduit Clipsal ini diaplikasikan di luar tembok, di dalam tembok maupun plafon.

Di samping itu pemasangan pipa ini tergolong mudah. Dengan memakai pipa ini kabel listrik akan terhindar dari berbagai risiko, termasuk korosi atau rusak karena digigit hewan pengerat.

Pipa Conduit Ega

Di pasaran Anda bisa membeli pipa ini dalam dua ukuran, yakni 20 mm dan 25 mm. Ada dua warna yang tersedia, yakni hitam dan putih. Sama halnya dengan Clipsal, pipa ini juga dapat dengan mudah dibengkokkan dan tidak mudah rusak. Akan tetapi pipa ini memiliki ketebalan yang lebih tipis tanpa mengurangi kualitasnya. Harga pipa conduit Ega ini juga terjangkau.

Pipa Conduit Galvanis

Pipa ini terbuat dari bahan galvanis dan umumnya dipakai di luar ruangan. Pipa conduit berbahan galvanis biasanya dipakai dengan cara ditanam ke dalam tanah. Hal ini juga yang membuat pipa ini terbuat dari material yang lebih kuat dari PVC. Ketebalan pipa ini 1 mm, dengan panjang sekitar 3,8 m. Sayangnya harga pipa conduit galvanis ini lebih mahal dari dua pipa di atas.



Daftar Harga Pipa Conduit