Harga Dan Ukuran Pipa Conduit Per Batang

Harga Dan Ukuran Pipa Conduit – Dalam dunia konstruksi kita mengenal ada beragam jenis pipa. Mungkin saat mendengar kata pipa Anda akan langsung berpikir bahwa fungsi material ini adalah untuk menyalurkan air. Akan tetapi fungsinya tidak sebatas itu saja. Ada pula pipa yang berfungsi untuk melindungi komponen lain agar terhindar dari kerusakan seiring berjalannya waktu. Pipa tersebut adalah pipa conduit.

Pipa conduit digunakan untuk pengaman instalasi kabel saat proses pembangunan dilakukan. Pipa conduit juga mempunyai istilah lain Electrical Conduit Pipe. Pipa conduit dimanfaatkan untuk melindungi kabel-kabel dari berbagai macam hal, seperti gangguan binatang kecil, interferensi, suhu ekstrem, dan lain sebagainya. Dengan begitu dapat meminimalisir risiko korsleting.

Umumnya pipa conduit dibuat dari bahan PVC dengan panjang 3 meter per batang. Diameter pipa ini mencapai 20 mm dan 25 mm yang membuatnya lebih fleksibel saat dipakai. Sedangkan ketebalan dindingnya 1,3 mm dan 1,5 mm.

Pipa ini memang ditujukan khusus untuk pelindung kabel. Sehingga Anda tidak bisa memakainya untuk saluran air. Sebenarnya selain pipa conduit juga ada pipa C yang juga mempunyai fungsi serupa. Salah satu perbedaannya terletak pada ukurannya, baik ketebalan dinding, diameter, maupun panjangnya.

Jika Anda berniat membeli pipa ini, maka Anda perlu mengetahui beberapa hal. Seperti macam pipa conduit, hingga daftar harganya. Untuk mendapatkan informasi seputar hal tersebut silakan simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Download PUIL Panduan Instalasi Listrik

Jenis Pipa Conduit

Ada beberapa macam pipa conduit yang beredar di pasaran. Baik dari mereknya atau dari bahan dasarnya. Berikut beberapa macam pipa conduit yang dapat Anda beli di toko material bangunan.

Pipa Conduit Clipsal

Pipa yang satu ini diklaim dapat melindungi instalasi kabel dengan baik. Pipa ini dibuat dari material PVC yang memiliki sifat fleksibel dan tidak mudah patah saat dibengkokkan. Umumnya pipa conduit Clipsal ini diaplikasikan di luar tembok, di dalam tembok maupun plafon.

Di samping itu pemasangan pipa ini tergolong mudah. Dengan memakai pipa ini kabel listrik akan terhindar dari berbagai risiko, termasuk korosi atau rusak karena digigit hewan pengerat.

Pipa Conduit Ega

Di pasaran Anda bisa membeli pipa ini dalam dua ukuran, yakni 20 mm dan 25 mm. Ada dua warna yang tersedia, yakni hitam dan putih. Sama halnya dengan Clipsal, pipa ini juga dapat dengan mudah dibengkokkan dan tidak mudah rusak. Akan tetapi pipa ini memiliki ketebalan yang lebih tipis tanpa mengurangi kualitasnya. Harga pipa conduit Ega ini juga terjangkau.

Pipa Conduit Galvanis

Pipa ini terbuat dari bahan galvanis dan umumnya dipakai di luar ruangan. Pipa conduit berbahan galvanis biasanya dipakai dengan cara ditanam ke dalam tanah. Hal ini juga yang membuat pipa ini terbuat dari material yang lebih kuat dari PVC. Ketebalan pipa ini 1 mm, dengan panjang sekitar 3,8 m. Sayangnya harga pipa conduit galvanis ini lebih mahal dari dua pipa di atas.

Daftar Harga Pipa Conduit

Berikutnya informasi yang tak kalah penting adalah harganya. Pipa conduit dijual dalam sejumlah ukuran. Selain itu juga ada beberapa produsen yang menawarkannya sehingga pilihan calon pembeli cukup beragam. Maka dari itu kita juga perlu tahu kisaran harga pipa ini di pasaran, sehingga kita bisa dengan mudah mengetahui apakah produk yang ditawarkan kepada kita murah atau kemahalan. Berikut daftar harga yang dapat Anda cermati.

Jenis & Ukuran Pipa Conduit Harga
Pipa Conduit Clipsal 20 mm Rp 11.000/3 Meter
Pipa Conduit Clipsal 25 mm Rp 19.500/3 Meter
T-Dos Clipsal 20 mm 3 Lubang Rp 6.500
T-Dos Clipsal 25 mm 3 Lubang Rp 12.500
Cross-Dos Clipsal 20 mm 4 Lubang Rp 7.000
Cross-Dos Clipsal 25 mm 4 Lubang Rp 13.500
Sok Pipa Clipsal 20 mm Rp 75.000/pak isi 100 pcs
Sok Pipa Clipsal 25 mm Rp 110.000/pak isi 100 pcs
Klem Pipa Clipsal 20 mm Rp 75.000/pak isi 100 pcs
Klem Pipa Clipsal 25 mm Rp 75.000/pak isi 100 pcs
Elbow Clipsal 20 mm Rp 8.000
Elbow Clipsal 25 mm Rp 10.500
Flexible Clipsal 20 mm Rp 239.000/50 Meter
Flexible Clipsal 20 mm Rp 469.000/50 Meter

Kelebihan Pipa Conduit

Pipa ini mempunyai beberapa kelebihan yang membuatnya diandalkan oleh banyak orang. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami jabarkan apa saja keunggulan pipa conduit.

Fleksibel

Salah satu kelebihan dari pipa ini sudah disebutkan di atas, yakni sangat fleksibel. Dengan sifatnya ini pipa conduit dapat dibengkokkan dengan mudah tanpa perlu takut pipa patah atau rusak. Tidak hanya itu, pipa ini bahkan bisa dibengkokkan hingga menyerupai huruf U. Akan tetapi untuk melakukannya harus dengan memakai alat khusus. Di sisi lain pipa ini juga diklaim dapat menarik kawat atau konduktor dengan mudah, termasuk dalam tikungan 90 derajat.

Bahan Berkualitas

Pipa conduit dibuat dari bahan yang berkualitas. Di samping itu pipa ini dibuat dengan memakai double screw machine yang membuatnya lebih aman untuk dipakai sebagai pelindung penghantar listrik.

Tidak Mudah Terbakar

Kelebihan lain terletak pada materialnya yang tidak mudah untuk terbakar. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan instalasi kabel dengan memakai pipa ini. Hal ini sekaligus membuatnya aman untuk dipakai di berbagai jenis bangunan, tak terkecuali dalam industri.

Mudah Dipotong dan Ringan

Pipa conduit mempunyai bobot yang ringan. Di samping itu pipa ini juga dapat dipotong dengan mudah. Sehingga Anda bisa menyesuaikan panjangnya tanpa perlu merasa kesusahan saat memotongnya. Sebab material pipa ini adalah PVC, sehingga memungkinkan kita untuk memotongnya dengan mudah.

Tidak Mudah Rusak

Karena dibuat dari material yang berkualitas pipa conduit juga tidak mudah rusak karena cuaca ataupun perubahan suhu. Pipa ini juga tahan gigitan hewan liar seperti tikus. Sehingga tidak  perlu khawatir penggunaan pipa ini dalam jangka panjang.

Tampilan Menarik

Jika diperhatikan pipa ini memiliki tampilan yang menarik. Sehingga Anda bisa saja memasangnya di luar tembok atau sengaja mengeksposnya tanpa perlu takut mengganggu pemandangan. Anda tinggal menyusunnya sedemikian rupa agar pipa tampak enak dipandang.

Murah

Kelebihan lain dari pipa conduit adalah harganya yang terjangkau. Harga pipa ini lebih murah dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Baca juga: Harga Pipa PVC Maspion

Cara Memasang Pipa Conduit

Pemasangan pipa ini tidaklah rumit. Asalkan tahu tekniknya Anda bisa memasang pipa ini sendirian. Akan tetapi Anda harus memahami caranya sehingga pemasangan pipa ini benar dan dapat melindungi instalasi kabel dengan baik. Supaya lebih jelas berikut gambaran tahap pemasangan pipa conduit.

Lakukan Pemasangan Sebelum Pengecoran

Untuk memasang pipa conduit Anda harus melakukannya sebelum tembok maupun lantai dicor. Tujuannya supaya permukaan tembok maupun lantai tidak bergelombang, sehingga akan terlihat rapi. Dengan begitu hasil akhir pekerjaan akan lebih sempurna.

Menyusun Kabel

Langkah selanjutnya adalah menyusun kabel. Khusus bagian ini Anda harus memiliki pengalaman atau menyerahkannya kepada tenaga berpengalaman. Kabel ditata sehingga bisa terlihat rapi dan membuat kinerjanya tetap optimal. Sebab kabel yang tidak rapi bisa menyebabkan kegagalan instalasi.

Memasang Kawat Pancing

Kawat pancing berfungsi sebagai penarik. Pancing ini bertujuan untuk menarik kabel sehingga pemasangan bisa lebih mudah. APabila tidak memakai alat ini maka kabel akan sulit dimasukkan ke dalam pipa. Anda bisa memakai alat lainnya asalkan bisa dipakai untuk menarik kabel masuk ke dalam pipa conduit.

Demikian pembahasan seputar pipa conduit yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Perlu dicatat bahwa harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu juga ada kemungkinan harga berbeda di beberapa daerah.

Referensi: