Cara Kerja Panel Surya Dan Biayanya


Harga Panel Surya – Listrik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat luas. Tanpa listrik tentu saja kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas, misal bekerja, belajar, memasak atau cuci pakaian. Untuk itu anggaran pembayaran tagihan listrik harus selalu ada, termasuk bagi mereka yang sudah memiliki rumah sendiri atau mengontrak.

Hanya saja tarif dasar listrik (TDL) cenderung berubah-ubah dari waktu ke waktu. Yang cukup merepotkan adalah jika TDL yang ditetapkan pemerintah naik dan membuat anggaran yang disiapkan untuk membayar lebih besar dari sebelumnya.

Berbagai solusi alternatif untuk mendapatkan tenaga listrik coba diupayakan oleh banyak orang. Salah satunya yang cukup populer adalah pemanfaatan panel surya atau dalam bahasa Inggris disebut solar panel.

Untuk kenal lebih dekat dengan panel surya ini kami akan menjabarkannya satu per satu. Kita mulai dari definisi dari panel surya.

Pengertian Panel Surya

Sesuai dengan namanya, panel surya adalah komponen yang berupa lembaran panel yang dimanfaatkan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan memanfaatkan efek photovoltaic. Alat ini dapat menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Panel surya terdiri dari gabungan modul surya. Sedangkan modul surya sendiri juga merupakan gabungan dari unit sel surya. Sel pada panel surya ini dirancang untuk menghasilkan listrik, sama seperti sel pada baterai. Hanya saja perbedaannya sel baterai menghasilkan listrik dari bahan kimia, sedangkan sel panel surya menghasilkan daya dengan menangkap sinar matahari.

Energi listrik yang diproduksi oleh panel surya itu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik. Di samping itu juga ada yang disimpan terlebih dahulu dalam baterai. Dengan begitu sistem panel surya ini tetap bisa berfungsi walaupun hari sudah sore, atau bahkan malam.

Baca juga: Biaya Instalasi Listrik

Cara Kerja Panel Surya

Dari pengertian di atas muncul sebuah pertanyaan, bagaimana cara kerja panel surya? Bagaimana bisa dengan bantuan alat elektronik suatu cahaya diubah menjadi energi listrik?

Panel surya bekerja dengan membiarkan foton atau partikel cahaya menjatuhkan elektron bebas dari atom dan menghasilkan aliran listrik. Cara kerja panel surya sebenarnya terdiri dari banyak unit yang lebih kecil yang dinamakan sel fotovoltaik. Banyak sel yang dihubungkan bersama membentuk panel surya.

Setiap sel fotovoltaik ini bisa diasumsikan sebagai sebuah sandwich yang terdiri dari dua irisan bahan semi konduktor, seperti silikon atau bahan yang sama dengan yang dipakai dalam mikroelektronika.

Agar dapat bekerja, sel fotovoltaik harus membentuk medan listrik. Dan edan listrik ini terjadi saat muatan berlawanan dipisahkan. Agar mendapatkan bidang ini produsen menambahkan silikon dengan bahan lain dan memberikan muatan listrik positif atau negatif pada setiap irisan sandwich.

Lebih jelasnya mereka menyemai fosfor ke lapisan atas silikon yang menambahkan elektron ekstra dengan muatan negatif ke lapisan tersebut. Sedangkan lapisan bawah memperoleh takaran boron yang menghasilkan elektron lebih sedikit atau muatan positif.

Hal tersebut menambah medan listrik di persimpangan antara lapisan silikon. Selanjutnya saat foton sinar matahari menjatuhkan elektron bebas, medan listrik akan mendorong elektron itu keluar dari sambungan silikon.

Sejumlah komponen sel lainnya mengubah elektron tersebut menjadi daya yang bisa dipakai. Pelat konduktif logam di sisi sel mengumpulkan elektron dan mentransfernya ke kabel. Pada titik tersebut elektron bisa mengalir seperti sumber listrik lainnya.

Manfaat Memakai Panel Surya

Ada beberapa manfaat jika kita memanfaatkan teknologi panel surya. Seperti menghemat tagihan listrik, ramah lingkungan dan pengaplikasiannya yang mudah. Berikut kami jelaskan secara singkat dan mudah dimengerti di website ini.

Menghemat Tagihan Listrik

Tagihan listrik saat ini cenderung tidak pasti alias bisa naik dan turun. Sedangkan di sisi lain tidak sedikit pendapatan masyarakat yang masih tetap sehingga tidak sejalan dengan pengeluaran untuk membayar tagihan listrik saat ada kenaikan.

Jika kita memanfaatkan panel surya, tagihan listrik bisa berkurang hingga 50%. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya spesifikasi panel listrik yang dipakai dan lain sebagainya. Akan tetapi setidaknya kehadiran teknologi panel surya di rumah akan meringankan pengeluaran Anda untuk membayar tagihan. Dan bisa menjadi tenaga listrik cadangan saat listrik PLN padam.

Ramah Lingkungan

Dengan cara kerja yang telah disebutkan di atas, panel tenaga surya digadang-gadang sangat ramah lingkungan. Sebab panel surya hanya memerlukan sinar matahari saja tanpa mengeluarkan polusi dalam proses pengubahan energi tersebut. Oleh karenanya dengan menggunakan panel surya kita juga ikut berpartisipasi dalam melestarikan alam.

Dapat Diterapkan di Indonesia

Indonesia menjadi negara tropis, yang artinya seluruh wilayahnya mendapat sinar matahari yang intens sepanjang tahun. Oleh karenanya Indonesia menjadi kawasan yang sangat cocok untuk menerapkan teknologi solar panel.

Pemasangan Panel Surya

Pemasangan panel surya tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Panel ini harus dipasang oleh teknisi ahli dan berpengalaman. Sebelum melakukan pemasangan teknisi biasanya akan menganalisis terlebih dahulu kebutuhan energi listrik konsumen dan jumlah panel solar yang hendak dipasang untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Setelah itu teknisi dapat mengetahui kebutuhan listrik, tagihan listrik per bulan hingga biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan panel surya. Tidak hanya itu, penyedia jasa juga akan melakukan survei ke lokasi pemasangan. Setelah semuanya selesai penyedia jasa atau teknisi memasang panel surya di atap rumah atau area lainnya yang memungkinkan. Sebagai gambaran, rumah dengan kebutuhan listrik 2200 watt akan memerlukan sekitar 6-8 panel berukuran 1×2 meter.

Biaya Pemasangan Panel Surya

Biaya pemasangan instalasi panel surya untuk atap rumah bisa berbeda-beda tergantung kebijakan penyedia jasa. Akan tetapi umumnya harga dasar untuk 1 kilowatt peak (kWp) panel surya adalah Rp 14 juta.

Sedankgan biaya total tergantung seberapa besar panel surya yang hendak dipasang. Sebagai contoh, untuk satu toko yang memasang 10 kWp panel surya, maka dikalikan dengan harga dasar per kWp. Artinya pemilik perlu mengeluarkan biaya Rp 140 juta.

Untuk informasi jumlah 10 kWp umumnya dipakai oleh pelaku usaha untuk membantu kebutuhan listrik produksi. Sementara untuk rumah tangga panel surya yang dibutuhkan jauh lebih kecil, yakni 1-2 kWp. Sehingga diperlukan biaya sekitar Rp 14-28 juta untuk memasang solar panel.

Baca juga: Harga Water Heater

Perizinan Panel Surya

Pemerintah sendiri sudah mengatur perizinan pemasangan panel surya yang tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 12 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2019. Dalam peraturan tersebut dapat diketahui bahwa masyarakat yang akan memasang panel listrik surya di bawah 500 kilovolt ampere (kVA) tidak perlu mengajukan izin pemanfaatan. Begitu pula sebaliknya.

Masyarakat yang hendak mengurus perizinan pemasangan panel surya perlu melengkapi persyaratan administrasi dan persyaratan teknis. Di samping itu pemerintah akan melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah pelanggan memenuhi persyaratan yang berlaku. Jika memenuhi pelanggan dinyatakan sudah memenuhi kewajiban Sertifikasi Laik Operasi (SLO).


Loading...