Harga Dan Jenis Dinamo Sepeda


Harga Dan Jenis Dinamo Sepeda – Sepeda bisa dibilang merupakan salah satu alat transportasi tua yang sampai saat ini masih digunakan oleh masyarakat luas. Jika dilihat dari sejarahnya, sepeda telah mengalami begitu banyak perkembangan dan perubahan hingga sampai seperti yang kita lihat saat ini.

Tentu tidak berhenti sampai di situ, sepeda masih bisa dikembangkan lagi. Anda pasti sudah pernah melihat sepeda listrik di sekitar Anda. Baik saat berkendara di jalan atau melihatnya lewat TV maupun smartphone. Sepeda listrik memiliki beberapa komponen tambahan di luar komponen yang ada pada sepeda biasa. Salah satu komponen terpentingy aadalah dinamo.



Sekilas Tentang Dinamo Sepeda Listrik

Dinamo atau juga sering disebut motor adalah mesin penggerak utama pada sepeda listrik. Dinamo mempunyai bagian yang lebih sederhana dibandingkan dengan mesin kendaraan konvensional. Sebab dinamo terdiri dari lilitan kawat dan magnet rotor.

Karena tidak membutuhkan proses pemasangan yang rumit, banyak orang yang mulai menjadikan sepeda listrik sebagai hobi. Kita bisa menjumpai sepeda listrik rakitan sendiri dengan cukup mudah di internet. Selain instalasi yang mudah, biaya untuk membuat sepeda listrik juga terjangkau. Terlebih desainnya pun bisa custom alias sesuai dengan keinginan.

Seperti yang diketahui, dinamo memanfaatkan energi listrik dan diubah menjadi energi gerak yang dipakai untuk memutar roda sehingga sepeda dapat bergerak. Peletakan dinamo ini tidak selalu di belakang, juga bisa di roda belakang, atau bahkan di kedua roda.

Hanya saja untuk menghemat anggaran umumnya orang-orang memasang dinamo listrik pada salah satu roda saja. Untuk dicatat, peletakan dinamo ini juga bisa memiliki efek yang berbeda. Misalnya jika dipasang di roda belakang akan membuat daya dorong menjadi lebih optimal. Maka dari itu disarankan untuk memasangnya di roda belakang ketimbang roda depan.



Baca juga: Komponen Dinamo Listrik

Jenis Dinamo Sepeda Listrik

Setelah sekilas mengetahui sekilas tentang sepeda listrik dan dinamonya, sekarang kita fokus ke sumber tenaga dari sepeda listrik. Seperti yang sudah bisa Anda bayangkan, dinamo merupakan motor penggerak yang berfungsi menghasilkan gerakan putaran sehingga bisa membuat sepeda berjalan maju.

Dinamo sepeda listrik umumnya dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yakni brushed DC dan BLDC. Mari kita bahas kedua jenis ini.

Dinamo Brushed DC

Dinamo yang satu ini memiliki keunggulan yang terletak pada harganya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis BLDC. Hanya saja jangan tergoda dulu, sebab dinamo jenis ini memiliki kualitas di bawah BLDC. Bahkan tingkat efisiensinya juga jauh lebih rendah dari BLDC. Dinamo brushed DC memiliki torsi yang lebih kecil dari BLDC.



Umumnya dinamo ini memanfaatkan tegangan 24V. Jika memakai dinamo ini jangan lupa untuk sudah melengkapinya dengan sistem gearbox gigi reduksi. Sehingga torsi lebih kuat dan dinamo tidak mudah panas. Di samping itu disarankan memakai kontroller 24V 500W.

Apabila ingin menebusnya, kits brushed DC dibanderol sekitar Rp 1 jutaan untuk 250W plus gearbox mode. Kelebihannya lebih hemat aki lantaran hanya memakai 2 buah saja. Apabila ingin membelinya lengkap dengan aki dan charger dana yang dibutuhkan sekitar Rp 2 juta. Akan tetapi perlu dicatat bahwa kits ini hanya mempunyai output daya sebesar 15 km/jam saja.

Dinamo BLDC (Brushless DC)

BLDC pertama merupakan sebuah hub motor atau motor yang sudah menyatu dengan hub sepeda. BLDC atau gearless motor ini terdiri dari kumparan tenaga dan magnet. Ketika dioperasikan listrik nantinya akan menghasilkan induksi magnet yang membuat motor dapat berputar dan menggerakkan roda sepeda.

Ada cukup banyak dinamo BLDC yang bisa Anda beli. Salah satunya adalah BLDC hub 250W. Biasanya dinamo ini dimanfaatkan oleh pabrikan yang memproduksi sepeda listrik siap pakai. Kelebihan dinamo ini adalah ketersediaan kits yang cukup banyak. Bahkan komponen sekennya juga bisa dijumpai di pasar loak atau kolektor kendaraan listrik seken.

Sayangnya bobotnya besar dan dimensi instalasinya belum fix onsize dengan sasis sepeda. Harga dinamo BLDC 250W ini mencapai Rp 1,5 jutaan dalam kondisi baru. Sedangkan harga bekasnya berkisar Rp 700 ribuan. Biasanya dinamo ini dipadukan dengan aki 36V sebanyak 3 buah. Selain itu juga dipakai kontroller yang dibanderol Rp 300 ribuan.



Daftar Harga Dinamo Sepeda Listrik

Untuk membuat sepeda listrik maka kita perlu mempersiapkan banyak hal, seperti membeli dinamo sepeda listrik. Karena harganya yang tidak terlalu murah, maka kita perlu mempertimbangkan berapa harga masing-masing part. Dengan begitu kita bisa mengetahui total biaya yang dibutuhkan dan menyesuaikannya kembali jika terlalu mahal. Langsung saja silakan simak harganya di bawah ini.

TIPE DAN MERK HARGA DINAMO
DINAMO BLDC 16″ 500 WATT – MEREK SELIS RP. 1.800.000
MOTOR / DINAMO BLDC- SELIS THUNDER / FLASH MOTOR 250W, 20?, 24V RP. 1.100.000
MOTOR / DINAMO BLDC- SELIS SNIPER MOTOR 350W, 16″, 48V RP. 1.800.000
MOTOR / DINAMO BLDC- SELIS GO GREEN 48 MOTOR 350W, 16″, 48V RP. 1.800.000
DINAMO BLDC (BRUSHLESS) SEPEDA LISTRIK 48V 1000W UNTUK BAN 26 INCHI 28 INCHI RP. 2.600.000
DINAMO SKUTER ELEKTRIK 24V 300W MOTOR SCOOTER ELECTRIC 24V 300W MY1016 RP. 450.000
DINAMO SEPEDA LISTRIK 24V 250W MOTOR E-BIKE SEPEDA ELETRIK MY1016Z2 RP. 770.000
6.5INCH DINAMO BRUSHLESS ELECTRIC SCOOTER DC WHEEL HUB MOTOR 250W RP. 1.650.000
BLDC BRUSHLESS DC ELECTRIC MOTOR 24V 350W 6.5 INCH DINAMO BRUSHLESS RP. 1.450.000

Harga di atas merupakan gambaran dari beberapa produk dinamo sepeda listrik yang bisa Anda temui di toko-toko. Tidak menutup kemungkinan Anda menjumpai produk lain dengan harga yang beragam.

Baca juga: Joule Thief Untuk Menghemat Listrik

Besaran Biaya Rakit Sepeda Listrik

Apabila Anda penasaran sebenarnya seberapa banyak dana yang dibutuhkan untuk merakit sepeda listrik, kami berikan beberapa gambaran yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Silakan simak pembahasannya di bawah ini.