Harga Sekat Partisi Gypsum Per m2


Harga Partisi Gypsum Per m2 – Penataan interior adalah hal yang cukup penting. Dari luas bangunan yang ada kita perlu membaginya lagi menjadi beberapa bagian yang dijadikan sebagai ruangan. Umumnya dinding dipakai sebagai pembatas antara ruang satu dengan ruang lainnya.

Akan tetapi pada beberapa kasus kita perlu menggunakan sekat atau partisi ruangan untuk membagi suatu ruangan. Kelebihan partisi ini kita bisa menyesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan. Selain itu pilihan material untuk penyekat ruangan juga bermacam-macam. Mulai dari kayu, gypsum, hingga kaca.



Dari beberapa jenis tersebut gypsum menjadi salah satu yang populer. Bukan tanpa sebab, harga gypsum lebih terjangkau dibandingkan jenis lainnya. Selain itu pemakaian material ini juga dinilai efisien dan dapat dikerjakan dengan cepat. Apabila Anda ingin mengubah tata letak ruangan, partisi gypsum bisa dibongkar dengan mudah.

Baca juga: Harga Toilet Cubicle Per Unit Ukuran Standard

Jenis Partisi Ruangan

Berdasarkan sifatnya partisi ruangan bisa dikategorikan menjadi beberapa macam. Berikut kami jelaskan satu per satu.

  1. Partisi masif: partisi ini menawarkan privasi yang sangat baik. Biasanya material partisi ini tidak transparan dan memakai bahan yang solid. Anda juga bisa menggunakan gorden untuk menutupinya.
  2. Partisi semi transparan: partisi ini biasa terbuat dari material padat dan transparan. Sehingga meskipun pada dasarnya dipisah dengan partisi ini namun kita bisa melakukan komunikasi dengan orang di sebelah ruangan.
  3. Partisi transparan: sesuai dengan namanya pwrtisi ini terbuat dari material transparan, seperti kaca. Tujuannya agar kita tetap bisa melihat seluruh ruangan walaupun dibatasi oleh sekat ruangan.
  4. Partisi permanen: partisi ini dibuat sedemikian rupa sehingga tidak dapat dipindahkan lagi. Biasanya partisi ini dibuat seakan menyatu dengan struktur dinding, lantai, ataupun dengan rangka plafon.
  5. Partisi non permanen: partisi ini merupakan kebalikan dari partisi permanen. Partisi non permanen memiliki model, bentuk, dan ukuran yang fleksibel sehingga dapat dipindahkan dengan mudah. Partisi ini sering digunakan jika seseorang ingin mendapatkan partisi yang bisa berfungsi sebagai penutup ruangan ataupun backdrop.

Jenis Partisi Gypsum

Dilihat dari modelnya partisi gypsum terbagi menjadi dua macam, yakni 1 sisi dan 2 sisi. Partisi ruangan gypsum 1 sisi terdiri dari rangka partisi dan gypsum. Fungsinya untuk menutup permukaan dinding pasangan bata.



Sedangkan partisi dinding gypsum 2 sisi terdiri dari beberapa bagian. Yakni gypsum, rangka, partisi dan gypsum. Fungsi dari partisi gypsum jenis ini adalah untuk penyekat antar ruangan.

Baca juga: Cara Memasang HPL Dinding Dan Furniture

Ukuran Standar Papan Gypsum

Jika Anda melihat di pasaran papan gypsum yang dijual di toko-toko bangunan mempunyai bentuk yang kering dan padat. Ukurannya papan gypsum untuk penyekat ruangan ini sekitar 1,2 m x 2,4 m. Sementara ketebalannya cukup variatif, yakni sekitar 8-12 mm.

Akan tetapi ukuran tersebut tidak paten. Artinya Anda bisa menjumpai ukuran papan yang berbeda dari yang kami jelaskan di atas. Di samping itu pembeli juga bisa memesan papan gypsum dengan ukuran tertentu.

Daftar Harga Partisi Ruangan Gypsum Dan Biaya Pemasangan

Ketika memutuskan untuk memilih partisi ruangan sebagai pembatas antar ruangan, maka Anda sudah pasti perlu menyiapkan sejumlah dana untuk membeli material dan juga biaya pemasangannya. Sebagai gambaran berikut adalah harga penyekat ruangan gypsum dua sisi dalam satuan per meter.



Deskripsi – 2 Sisi Bolak Balik Harga
Gypsum Jayaboard 2 Sisi dengan Rangka Hollow Meni Rp 225.000/m2
Gypsum Jayaboard 2 Sisi dengan Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp 230.000/m2
Gypsum Elephant 2 Sisi dengan Rangka Hollow Meni Rp 223.000/m2
Gypsum Elephant 2 Sisi dengan Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp 227.000/m2
Gypsum Knauf 2 Sisi dengan Rangka Hollow Meni Rp 215.000/m2

Harga partisi gypsum bisa berbeda-beda di setiap daerah. Hal ini adalah hal yang wajar mengingat adanya biaya kirim dan juga beberapa faktor lainnya. Akan tetapi umumnya selisih harganya tidak terlalu besar. Sehingga Anda tetap bisa menjadikan daftar harga di atas sebagai patokan.

Untuk memasang partisi ruangan gypsum satu sisi Anda perlu mengeluarkan sejumlah dana. Biaya yang dikeluarkan bisa berbeda-beda karena masing-masing penyedia jasa pemasangan mempunyai tarif tersendiri. Akan tetapi sebagai patokan Anda bisa melihat daftar di bawah ini.

Deskripsi – 1 Sisi Saja Harga
Gypsum Jayaboard 1 Sisi dengan Rangka Hollow Meni Rp 145.000/m2
Gypsum Jayaboard 1 Sisi dengan Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp 150.000/m2
Gypsum Elephant 1 Sisi dengan Rangka Hollow Meni Rp 143.000/m2
Gypsum Elephant 1 Sisi dengan Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp 147.000/m2
Gypsum Knauf 1 Sisi dengan Rangka Hollow Meni yakni Rp 140.000/m2
Gypsum Knauf 1 Sisi dengan Rangka Hollow Galvanis/Galvalum Rp 145.000/m2

Baca juga: Harga GRC Board Untuk Dinding Dan Plafon

Kelebihan Partisi Gypsum

Partisi ruangan atau drywall digunakan banyak orang untuk membagi ruangan pada rumah ataupun kantor. Selain itu partisi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai unsur dekoratif pada suatu ruangan. Itulah yang membuatnya banyak dipakai oleh masyarakat.



Seperti yang dijelaskan di atas partisi ruangan gypsum dipilih karena beberapa kelebihannya. Supaya Anda mengetahui apakah partisi ini sesuai atau tidak silakan simak beberapa kelebihannya di bawah ini.

  1. Bobot ringan. Gypsum mempunyai bobot yang ringan. Untuk diketahui, per meter persegi gypsum 2 sisi hanya memiliki berat 30 kg.
  2. Pembuatan dan pemasangan mudah. Gypsum juga mudah dalam pembuatannya. Selain itu karena bobotnya yang ringan membuat pemasangan sekat gypsum lebih mudah.
  3. Lebih fleksibel. Pemasangan partisi gypsum juga lebih fleksibel. Sebab Anda bisa memasangnya di mana saja. Partisi ini tidak harus berdiri di atas balok berstruktur sehingga membuatnya lebih fleksibel.
  4. Mudah diperbaiki. Apabila terdapat lubang atau lecet maka gypsum bisa diperbaiki dengan mudah. Anda hanya perlu mendempul bagian yang rusak tersebut. Atau juga bisa dengan mengganti partisi yang rusak dengan yang baru.
  5. Ramah lingkungan. Pemasangan gypsum sebagai partisi tidak membutuhkan air. Selain itu jika sudah tidak terpakai gypsum bisa melebur dengan tanah tanpa mencemari lingkungan.
  6. Hemat waktu. Pengerjaan partisi gypsum bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan dinding bata atau beton. Sehingga biaya yang dikeluarkan bisa ditekan.
  7. Lebih halus dan rapi. Gypsum mempunyai permukaan yang halus dan rapi. Hal ini bisa membuat ruangan indah dan menarik.
  8. Banyak dijual di pasaran. Gypsum sangat mudah dijumpai di pasaran. Sehingga Anda tidak perlu membelinya jauh-jauh. Hal ini juga akan menghemat ongkos kirim.
  9. Harga terjangkau. Gypsum mempunyai banderol harga yang terbilang murah. Bahkan lebih terjangkau dari beberapa jenis partisi lain. Sehingga Anda bisa membuat partisi ruangan tanpa perlu mengeluarkan banyak dana.

Baca juga: Harga Kalsiboard Dinding Dan Plafon

Kekurangan Partisi Gypsum

Di atas telah kami jelaskan apa saja kelebihan dari partisi ruangan berbahan gypsum. Sekarang kita bahas apa saja kekurangannya. Dengan demikian Anda bisa memastikan apakah produk ini sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.