Jenis Jenis Kusen Pintu dan Jendela Berdasarkan Bahannya

Candra Irawan

Jenis Kusen Berdasarkan Bahannya – Kusen adalah salah satu bagian yang sering ditemui penggunaannya pada kontruksi atau bangunan. Dimana kusen ini adalah suatu bingkai yang memiliki bentuk balok dengan berbagai macam material penyusunnya mulai dari kayu, aluminium dan lain – lainnya. Kusen sendiri memiliki fungsi sebagai peletakan sebuah pintu atau jendela, kaca maupun tralis agar dapat tepat dibagian konstruksi pada sebuah bangunan.

Selain itu kusen juga berfungsi sebagai salah satu faktor yang dapat memberikan kesan estetika pada suatu bangunan. Oleh karena itu tidak heran apabila banyak sekali jenis kusen pintu maupun jendela yang semakin menarik seiring adanya perkembangan zaman. Untuk setiap kusen pintu maupun jendela pasti memiliki ukurang yang berbeda beda berdasarkan jenisnya dan juga ukuran tersebut bergantung pada ukuran daun pintu.

Baca Juga: Model Variasi Tiang Baja Ringan

Baca Juga: Harga Kayu Kaso Berbagai Ukuran

Dalam memilih kusen pintu ini kita tidak boleh asal – asalan, hal tersebut disebabkan karena kusen biar tetap aman dan tetap dapat berfungsi secara baik meskipun sudah digunakan untuk waktu yang lama. Sebelum melakukan pemilihan kusen, disarankan untuk anda mengetahui jenis material apa saya yang dapat digunakan untuk membuat kusen tersebut dan juga kelebihan dan kekurangannya.

Kusen ini terdapat beberapa jenis – jenis, dimana jenis – jenis tersebut berdasarkan bahan atau material yang digunakan untuk membuatnya. Pada artikel kali ini akan menjelaskan apa saja bahan yang dapat digunakan untuk membuat kusen tersebut. berikut ini adalah beberapa jenis kusen berdasarkan dari material dasarnya yaitu:

Kusen Pintu Kayu

Untuk jenis kusen ini merupakan kusen dengan material pembuatnya adalah kayu, dimana kusen ini paling banyak ditemui penggunaannya pada suatu bangunan. Hal ini dikarekana material kayu lebih mudah untuk dibentuk dan memiliki nilai estetik yang bagus. Kekuatan kayu juga tidak perlu diragukan lagi, dimana kayu memiliki sifat yang awet serta kokoh yang menjadikan material ini cocok dipilih sebagai material kusen.

Bagikan: