Harga Dan Ukuran Baja Ringan Per Batang


Jika anda atau saudara anda ingin membelinya dalam jumlah yang banyak tentu akan mendapatkan potongan atau diskon harga yang lebih murah.

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan



Baja ringan mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Mengetahui dan memahami keduanya adalah hal yang tak kalah penting. Sehingga Anda bisa memastikan bahwa memilih baja ringan untuk konstruksi bangunan yang sedang Anda kerjakan sudah benar. Simak plus-minus baja ringan di bawah ini.

Kelebihan Baja Ringan

  1. Materialnya sulit untuk terbakar sehingga tidak dapat menyebarkan kobaran api
  2. Anti rayap
  3. Pemasangan dapat dilakukan dengan cepat
  4. Tidak mudah mengalami korosi
  5. Baja ringan dapat didaur ulang jika tidak dipakai.

Kekurangan Baja Ringan

  1. Karena materialnya ringan baja ini rentan terbawa angin
  2. Tampilan terlihat acak-acakan
  3. Tidak dapat diekspos
  4. Jika tidak dipasang dengan benar berisiko roboh

Tips Memilih Baja Ringan

Ada beberapa kunci yang harus Anda pahami jika ingin membeli baja ringan yang berkualitas. Simak tips di bawah ini.

Harus SNI

Saat membeli baja ringan ataupun material bangunan lainnya pastikan sudah memenuhi standar SNI. Setidaknya baja ringan yang Anda beli harus memenuhi standar SNI 8399:2017 supaya tidak mengalami permasalahan seperti adanya korosi dan tingkat ketegangan yang rendah.

Pilih yang Bergaransi

Sejumlah merek menawarkan baja ringan dengan garansi kepada konsumen. Hal ini bisa Anda manfaatkan. Di samping itu pastikan toko yang Anda kunjungi melayani penggantian baja ringan yang mengalami kerusakan sesuai dengan ketentuan garansi produk masing-masing produsen. Jangan lupa untuk melihat masa garansi produk.



Cermati Tegangan Tarikan

Pada deskripsi produk Anda bisa melihat beberapa informasi terkait produk tersebut, termasuk nilai tegangan tarikan. Baja ringan yang baik harus memiliki tegangan tarikan minimal 500 Mpa. Sedangkan untuk kualitas tertinggi harus memiliki standar tarikan tegangan sebesar 980 Mpa.

Prefabrikasi

Prefabrikasi adalah metode pemasangan baja ringan yang sudah mengalami proses pemotongan di pabrik pembuat. Tujuannya agar pemotongan lebih akurat dan rapi dibandingkan dipotong sendiri oleh tukang. Oleh karenanya memasang baja ringan prefabrikasi lebih mudah, cepat, dan menghemat biaya. Maka dari itu disarankan untuk memilih baja ringan yang prefabrikasi.

Memilih Bracing yang Tepat

Ketika memilih penyangga atau bracing Anda harus memastikan produk tersebut memiliki kualitas yang setara dengan baja ringan yagn Anda pilih. Sebab daya tahan konstruksi bangunan baja ringan juga ditentukan oleh bracing yang dipakai.

Sesuaikan dengan Model Atap

Jika memanfaatkan rangka baja ringan untuk atap, maka Anda harus menyesuaikannya dengan model atap yang diinginkan. Pembentukan rangka harus sesuai dengan beban yang akan ditumpu.



Sesuaikan dengan Penutup Atap

Dalam memilih baja ringan Anda juga perlu menyesuaikannya dengan penutup atap yang dipilih. Apakah keramik, beton, kaca, atau atap logam. Sebab semakin berat bobot penutup atap maka semakin banyak baja ringan yang dibutuhkan.

Baca juga: Harga Kanopi Baja Ringan

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai harga baja ringan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas baja ringan memiliki beberapa keistimewaan diantaranya lebih ringan lebih tahan lama.