Bahan Aluminium Composite Panel

Endah Wahyuni

Umumnya Aluminium Composite Panel dibuat dengan ketebalan berkisar 1 mm sampai dengan 10 mm. Sedangkan lebarnya berkisar 1.200 mm sampai 1.600 mm.

Ketebalan standar ACP adalah 4 mm. Lalu untuk panjang dan lebarnya biasanya tersedia dalam dua ukuran, yakni 1.220 x 2.440 mm serta 1.220 x 4.880 mm. Sedangkan untuk lapisan aluminium di kedua sisinya memiliki ketebalan antara 0,21 mm, 0,3 mm atau 0,5 mm. Semakin tebal maka semakin kuat bahannya. Akan tetapi harganya juga akan lebih mahal.

Jika digunakan untuk bangunan dengan dua hingga empat lantai, ketebalan lembaran ACP yang dipilih cukup 0,21 mm atau 0,3 mm. Sebab beban fisik, seperti hujan atau angin tidak terlalu besar, sehingga ketebalan tersebut masih aman untuk digunakan. Sedangkan gedung yang lebih tinggi disarankan untuk memakai ACP dengan ketebalan 0,5 mm agar lebih tahan terhadap cuaca maupun beban fisik.

Baca juga: Harga ACP Seven Per Meter

Jenis ACP

Jenis Aluminium Composite Panel umumnya terbagi menjadi dua macam, yakni indoor dan outdoor. Perbedaan keduanya terletak pada ketebalan aluminium dan jenis coating. ACP untuk indoor atau dalam ruangan memiliki lapisan yang tipis dan diberi coating polyester (PE). Lain halnya dengan ACP outdoor yang lebih tebal dan biasanya menggunakan coating Polyvinylidene Difluoride (PVDF).

Oleh karenanya ACP PE memiliki harga yang lebih terjangkau. Sebab produksi ACP indoor ini hanya memakai satu kali lapisan saja. Sebagai konsekuensinya coating ACP tipe PE tidak tahan terhadap cuaca maupun sinar UV. Sementara ACP PVDF memiliki lapisan yang bisa memberikan perlindungan lebih lama pada bangunan. Akan tetapi tentu saja harga yang perlu dibayar lebih mahal.

4 Karakteristik ACP

Jika diamati Aluminium Composite Panel terdiri dari dua panel tipis aluminium datar yang terikat pada pusat non-aluminium. Material ini mempunyai sedikitnya 4 karakteristik yang membuatnya berbeda dari material lainnya. Penasaran apa saja karakteristik Aluminium Composite Panel ini? Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda simak.

Ringan

Aluminium Composite Panel (ACP) memiliki bobot yang tergolong ringan dibandingkan material lainnya. Berat akhirnya sekitar 2,5 pon per kaki persegi setelah proses instalasi rampung. Tidak hanya ringan, panel ACP juga mempunyai daya tahan yang sangat baik. Sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Tahan Api

Aluminium Composite Panel dibuat dari bahan yang tahan api. Hal ini ditujukan untuk memenuhi masalah pada bangunan besar untuk memastikan bahwa bahan yang tidak mudah terbakar seperti Aluminium Composite Panel dipakai pada pengaplikasian bangunan.

Bagikan: