Langkah-Langkah Membuat Kusen Pintu Dan Jendela Dari Kayu

Cara Membuat Kusen Pintu Dan Jendela Dari Kayu – Kusen adalah salah satu elemen atau suatu bagian yang sangat penting penggunaannya pada suatu konstruksi atau bangunan dimana kusen dapat berfungsi untuk tempat meletakkan daun pintu maupun daun jendela. Tidak hanya itu, kusen juga dapat digunakan untuk elemet penyekat dari dinding suatu bangunan atau sebagai pemisah antara ruangan didalam suatu bangunan atau konstruksi.

Kusen sendiri merupakan suatu bingkai yang memiliki bentuk balok dengan berbagai macam material penyusunnya mulai dari kayu, aluminium dan lain – lainnya. Selain itu kusen juga berfungsi sebagai salah satu faktor yang dapat memberikan kesan estetika pada suatu bangunan. Oleh karena itu tidak heran apabila banyak sekali jenis kusen pintu maupun jendela yang semakin menarik seiring adanya perkembangan zaman. Untuk setiap kusen pintu maupun jendela pasti memiliki ukurang yang berbeda beda berdasarkan jenisnya dan juga ukuran tersebut bergantung pada ukuran daun pintu.

Baca Juga: Harga Jalusi Aluminium Jendela Dan Pintu

Baca Juga: Perbandingan Kualitas Merk Cat Toa dan Dulux

Kusen ini terdapat beberapa jenis – jenis, dimana jenis – jenis tersebut berdasarkan bahan atau material yang digunakan untuk membuatnya atau berdasarkan pada kegunaannya. Sampai saat ini material yang sering ditemukan sebagain bahan material dari kusen ini adalah material kayu. Dalam artikel kali ini akan menjabarkan bagaimana cara pembuatan dari kusen kayu tersebut. berikut ini adalah langkah – langkah pembuata kusen kayu yaitu:

1) Mempersiapkan Alat dan Pertukangan

Sebelum anda memulai pembuatan kusen ini perlu anda persiapkan terlebih dahulu alat – alatnya. Berikut ini adalah alat – alat pertukangan yang mungkin diperlukan dalam pembuatan kusen ini yaitu:

– Gergaji mesin maupun manual untuk memotong bahan

– Mesin Serut untuk meratakan kayu dan membuat sekonengan

– Palu besar dan kecil, untuk menanamkan paku

– Prusut,

– Meteran

– Mesin bor

– Pahat besar dan kecil

– Siku

– Sketsa gambar pada kusen yang akan di buat

– Mesin profil

Baca Juga: Perbandingan Kualitas Cat Dulux dan Cat Jotun

Baca Juga: Harga Seng Plastik Rata Dan Gelombang

2) Pembuatan Komponen

Setelah semua alat – alat pertukangan dipersiapkan, lalu untuk tahap selanjutnya adalah pembuatan komponen – komponen kusen yang nantinya akan dirakit. Berikut ini adalah langkah – langkahnya yaitu:

– Menentukan ukuran kusen, untuk ukuran standar kayu pada kusen yaitu 6 cm x 12 cm. dan Anda juga bisa membuat ukuran kusen lebih panjang serta menyesuaikan dengan bentuk rumah Anda.

– setelah kita melihat sketsa dan ukuran gambar maka langkah selanjutnya memotong komponen sesui dengan ukuran kusen yang akan di buat dengan menggunakan mesin gergaji. untuk potongan bagian atas anda bisa pakai rumus seperti berikut 5+tebal kusen+ ukuran lubang kusen+ tebal kusen+5 dan untuk bagian samping kusen bisa menambahkan 6 cm untuk purusan pada kusen.

– selanjutnya serut kayu tersebut dengan menggunakan mesin serut dan di siku tiap-tiap sisi kayu agar berbentuk persegi dan untuk menyamakan ukuran lebar dan tebal kayu bisa dengan menggunakan prusuBila semuanya sudah maka langkah selanjutnya membuat garis menyiku dengan siku sesui dengan mata profilannya, karna ini di gunakan untuk prostekannya ( yaitu garis miring dengan kemiringan 45derajat)

– Kemudian Profil pada salah satu sisinya dengan menggunakan mesin profil sesui selera karna mata profil ada yang cekung dan cembung.

– Kemudian membuat sekonengan pada kusen tersebut dengan kedalaman di samakan dengan tebal pada profilannya dengan menggunakan mesin serut atau mesin gergaji tergantung anda. terlebih dahulu di prusut untuk menyamakan ketebalannya. untuk kusen jendela lebar sekonengan 3 cm dan untuk pintu 4 cm.

– Membuat purusan pada kusen yang berada pada samping dan lubang purusan pada bagian atas kusen. dengan menggunakan pahat.

Baca Juga: Harga Pipa Listrik 5/8 PVC Maspion

Baca Juga: Berbagai Macam Variasi Cat Dulux yang Dijual Dipasaran

3) Tahap Pemasangan atau Perakitan

Setelah masing – masing komponen penyususn dibuat, langkah berikutnya adlaah merakit atau memasang komponen – komponen kusen tersebut. berikut ini adalah langkah – langkahnya yaitu:

– Rakit semua komponen yang telah di buat satu persatu dengan menggunakan lem dan di tanamkan paku ukuran 10 cm, lalu gergaji pada sisa kusen bagian atas dengan kedalaman 2cm trus di pahat untuk di buat kupingan dan sebagai penguat saat di pasang pada dinding.

– Bila semua sudah terpasang dengan benar langkah selanjutnya tinggal mengamplas pada permukaan kusen sampai halus dan rata dengan menggunakan mesin atau dengan manual.

– Pasang siku-siku pada kusen untuk menjaga agar tetap siku sampai waktu pemasangan pada dinding.

– Juga tak lupa memberikan kayu pada pangkal kusen supaya ukuran kusen tidak berubah dan tetap akurat.

Baca Juga: Harga Gunting Baja Ringan Yang Bagus

Baca Juga: Harga Molen Cor Mesin Pengaduk Semen

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa langkah – langkah dalam membuat kusen dari salah satu material yang sering digunakan yaitu kayu. Semoga informasi yang dibagikan ini dapat membantu anda apabila anda ingin membuat sendiri kusen kayu tersebut.

You might also like