Harga Kayu Sungkai, Ciri-Ciri Dan Fungsinya


Dapat Diolah dengan Mudah

Kayu sungkai mudah untuk diolah sehingga bisa dibuat menjadi furnitur ataupun kerajinan tangan lainnya. Selain itu pengerjaannya juga bisa diselesaikan lebih cepat, dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.



Mempunyai Serat yang Bagus

Serat kayu sungkai tergolong bagus, dengan tekstur kasar dan terkesan kesat saat diraba. Jika diperhatikan serat ini mempunyai alur seperti garis lurus dan beraturan. Karena seratnya yang bagus ini kayu sungkai banyak digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur.

Bobot Ringan

Kayu sungkai memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan kayu ulin ataupun kayu jati. Sehingga saat diolah menjadi furnitur tidak akan berat dan mudah untuk dipindahkan. Selain itu bobot yang ringan akan memudahkan pengrajin untuk mengolahnya menjadi furnitur atau kerajinan lainnya.

Warna Cerah

Kayu sungkai memiliki warna yang dominan cerah. Gubal pada kayu ini berwarna putih atau kuning pucat. Sementara bagian teras berwarna sedikit gelap. Warna gubal dan teras yang tidak terlalu kontras ini membuat furnitur yang dibuat dari kayu sungkai tidak perlu memakai warna transparan.

Tingkat Kekerasan Cukup Tinggi

Kayu ini mempunyai tingkat kekerasan yang cukup tinggi. Sehingga kayu tidak mudah retak, pecah, maupun lapuk. Sehingga perabotan yang dibuat dari kayu sungkai bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Harga Murah

Yang tak kalah menarik dari kayu ini adalah harganya yang relatif terjangkau. Sehingga bisa menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang ingin membeli kayu berkualitas, keras, namun dengan harga yang murah.



Baca juga: Harga Kayu Sengon Per Kubik

Kekurangan Kayu Sungkai

Walaupun mempunyai beberapa keunggulan, tidak dipungkiri bahwa kayu sungkai tetap memiliki beberapa kekurangan yang perlu kita cermati. Sehingga nantinya penggunaannya tidak keliru.

Tidak Cocok untuk Luar Ruangan

Walaupun kayu sungkai tergolong keras, namun tidak disarankan memanfaatkannya untuk keperluan luar ruangan. Misalnya untuk meja atau kursi taman. Sebab sinar matahari dan air hujan bisa mempengaruhi kualitasnya. Selain itu kayu sungkai juga rentan terserang rayap.

Tidak Tahan Rayap

Kayu sungkai tergolong ke dalam kelas keawetan III dan kelas kekuatan II. Yang berarti kayu ini bukan kayu yang terkuat dan terawet. Kayu ini tidak tahan terhadap serangan rayap, totor, maupun jamur.