Kmspico, lisans anahtarlarına ihtiyaç duymadan Windows işletim sistemlerinin (Windows 7, 8, 10 ve 11 dahil) ve Microsoft Office ofis uygulamalarının (Office 2010'dan itibaren ve en son sürümlere kadar).

Harga Dan Kualitas Kayu Kumea

Nurma Yulita

Harga Dan Kualitas Kayu Kumea – Belakangan ini kayu kumea semakin banyak diminati ketimbang jenis kayu lainnya. Bahkan jenis kayu yang satu ini mulai diekspor ke berbagai negara seperti Korea, China hingga Eropa. Alasannya tak lain karena kayu kayu yang berasal dari pulau Sulawesi ini memiliki bobot yang terbilang sangat berat dengan tekstur cukup keras.Kayu ini pada umumya digunakan sebagai material bahan bangunan. Kumea sendiri termasuk dalam kategori kayu yang kuat, keras, dan mempunyai corak yang sangat menarik sehingga sangat wajar sekali jika dijadikan sebagai pilihan utama.
Baca juga: Pengertian Kayu Laminasi Dan PenggunaannyaBaca juga: Kualitas Kayu Akasia Dan Harganya Di Pasaran

Mengenal Kayu Kumea

Kayu kumea atau Manilkara Merrilliana H.J.L merupakan pohon yang memiliki kayu dengan ciri khas warna coklat kemerahan. Jenis kayu bangunan ini memiliki warna yang tidak berbeda jauh dengan kayu merbau. Cara membedakannya juga terbilang sangat mudah, Anda bisa melihat warna gubal kayu yang memiliki warna coklat muda.Gubal ini sendiri merupakan bagian dari kayu yang ada diantara kulit pohon dengan kayu teras. Umumnya gubal mempunyai warna yang jauh lebih terang dan menarik daripada kayu keras atau inti.  Pada bagian inilah nantinya kayu akan tetap terus tumbuh dan hidup.Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kumea merupakan jenis kayu yang berasal dari provinsi Sulawesi Selatan. Kayu ini memang tidak begitu populer, namun mempunyai kualitas terbaik yang menjadi daya tarik sendiri. Kayu kumea termasuk dalam kelompok kayu kelas kuat level I dan II.Level I membuatnya memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap serangan berbagai serangga, seperti rayap kayu kering, rayap tanah, dan juga bubuk kayu kering. Sedangkan untuk kelas level II membuatnya memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan jamur pelapuk.
Baca juga: Harga Dan Kualitas Kayu NyatohBaca juga: Harga Kayu Jati Gelondongan Per Kubik

Kegunaan Kayu Kumea dalam Bangunan

Kayu jenis kumea bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan material bangunan dan furnitur. Penggunaan kayu kumea untuk bangunan bisa menciptakan kesan yang hangat dan mewah. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya untuk bangunan:
  1. Lantai Kayu Indoor

Kumea bisa dimanfaatkan sebagai salah satu material kayu yang sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Selain memiliki kualitas tinggi dan sangat awet, kayu ini memiliki warna yang indah dengan tektur mengkilap. Sehingga nantinya tidak membutuhkan banyak polesan untuk mempercantik tampilannya.
  1. Decking Kayu Outdoor

Selain bisa digunakan sebagai lantai kayu indoor, kayu kumea juga banyak dimanfaatkan sebagai lantai kayu outdoor (decking). Kayu ini memang termasuk dalam kategori kayu solid sehingga bisa diolah sebagai material penutup lantai yang bisa diaplikasikan pada area terbuka, karena kualitasnya yang sangat bagus.Selain itu, jika dilihat dari segi tampilan maka decking kayu kumea ini terbilang sangat unik dan menarik sehingga tidak akan membosankan. Namun para produsen sekarang ini sudah jarang sekali mengolah kayu ini sebagai decking kayu karena jarang diminati dipasaran.
  1. Plafon Minimalis

Sebenarnya kayu kumea lebih banyak dimanfaatkan sebagai media penutup atap bangunan datau rumah daripada sebagai flooring dan decking. Bahkan sampai detik ini masih banyak sekali produsen yang membuat plafon dari bahan kayu kumea karena banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal ini tak lain karena kualitas, tampilan, dan harganya yang terbilang cukup murah.Plafon kayu kumea ini bisa diaplikasikan untuk dalam ruangan (indoor) ataupun luar ruangan (outdoor) sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna atau bisa juga disesuaikan dengan konsep bangunan yang diusung. Meskipun diaplikasikan untuk area outdoor,  jenis kayu yang satu ini terbilang sangat kuat dan awet. Bahkan mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya jika dilakukan perawatan secara rutin.
  1. Dinding Panel

Kayu kumea juga sering digunakan untuk membuat panel (pelapis dinding ruangan ataupun sebagai dinding), baik itu diaplikasikan dalm ruangan ataupun luar bangunan. Panel yang dibuat dari kayu jenis kumea lambersering ini mempunyai bentuk, ukuran dan fungsi yang tidak berbeda jauh dengan plafon lumber ceiling.Namun yang membedakan diantara keduanya hanyalalah pada posisi atau penempatannya saja. Kumea yang dijadikan sebagai panel bisa membuat bangunan terlihat semakin apik dan artistik.
Baca juga: Harga Kayu Ulin Per Kubik Dan Balok

Harga Kayu Kumea Terbaru

Kisaran harga kayu kumea bisa dibilang sangat bervariasi tergantung dari produk yang dihasilkan. Khusus untuk kayu yang masih berbentuk square log 10x10x400 cm atau  20x20x400 cm dari supplier kurang lebih sekitar 4,5 juta sampai 5,5 juta per m3. Sedangkan untuk harga produk kayu yang sudah jadi seperti decking dan flooring maka harganya bisa mencapai USD 1000/m3 sampai USD 1200/m3 atau jika dirupiahkan sekitar 15 sampai 18 juta/m3.Video Pengolahan Kayu Log Kumea
Baca juga: Harga Kayu Merbau Dan Kelebihannya
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kayu kumea secara lengkap beserta harga terbarunya yang bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan Anda semua.

Bagikan: