Harga Besi Siku Per Batang Dan Meteran


  1. Besi Siku Berlubang

Besi Siku Berlubang

Besi siku berlubang mempunyai karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh jenis besi siku lainnya, yaitu adanya lubang pada setiap sisinya. Lubang tersebut memiliki fungsi sebagai tempat untuk memasang baut. Sedangkan untuk dimensinya, besi siku berlubang umumnya mempunyai dimensi sama sisi, tetapi dengan ciri khusus adanya lubang sehingga berbeda dengan besi siku sama sisi.



Jika diperhatikan dengan seksama maka  bentuk dari besi siku lubang ini hampir menyerupai huruf L. Jenis besi yang satu ini sering digunakan untuk membuat lemari besi, rak besi, dan juga perabotan yang lainnya.

Baca Juga: Harga Besi Beton

Kelebihan Besi Siku

Sebagai material bangunan, besi siku mempunyai banyak sekali kelebihan daripada jenis besi yang lainnya. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh besi siku adalah sebagai berikut:

  • Kuat dan Kokoh: Besi siku memiliki kekuatan yang terkenal kuat dan kokoh. Penampangnya yang memiliki bentuk L dengan sudut 90 derajat telah menjadikan besi siku sangat kuat.
  • Anti Rayap: Selain kuat dan kokoh, besi siku juga anti rayap sehingga dipastikan akan sangat awet. Dengan kelebihannya ini maka besi siku dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti kayu yang mudah sekali mengalami kerusakan karena dimakan rayap.
  • Anti Karat: Kelebihan besi siku yang lainnya adalah memiliki sifat anti karat dan tahan terhadap segala macam cuaca. Hal ini karena memang dalam proses pembuatan besi siku sudah dilapisi dengan lapisan anti karat. Inilah yang menjadi alasan mengapa besi siku banyak diaplikasikan sebagai struktur konstruksi luar ruangan seperti pagar rumah, tiang penyangga, dan lain sebagainya.

Fungsi Besi Siku

Besi siku mempunyai banyak sekali fungsi karena jenis besi ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan proyek konstruksi struktural dan berbagai produksi arsitektural. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari besi siku:

  1. Untuk Konstruksi Tangga

Besi Siku Untuk Konstruksi Tangga

Konstruksi tangga sudah pasti membutuhkan bahan material bangunan yang kuat dan kokoh sebagai struktur utama atau hanya sekedar untuk struktur railing tangganya. Kekuatan dari material sangat diperlukan karena dijadikan sebagai perantara akses utama bagi para penghuni rumah untuk mengakses antar lantai dengan sangat mudah.



Disinilah peran dari besi siku dibutuhkan, karena dapat menahan beban tarik yang sangat berat. Karena tangga tidak hanya akses manusia saja, namun juga sebagai akses untuk dapat memindahkan benda-benda antar lantai. Apabila konstruksi tangga cukup kokoh maka perpindahan benda berat bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Teralis Jendela

Besi Siku Sebagai Teralis Jendela

Memang tidak semua hunian tempat tinggal membutuhkan teralis. Namun jika Anda ingin membuat teralis jendela yang kuat dan kokoh maka Anda bisa menggunakan besi siku. Hal ini karena besi siku tergolong cukup ringan tetapi mempunyai kekuatan daktilitas yang tinggi.

Jika Anda menggunakan besi yang berat, pastinya bisa membebani struktural dinding. Tetapi jika material besi yang telah dipilih kurang kokoh juga bisa mengurangi fungsi dari teralis jendela itu sendiri. Maka dari itu, besi siku layak untuk dijadikan pilihan utama.