Desain Tangga Rumah Minimalis

Endah Wahyuni

Tangga yang satu ini tidak hanya memiliki tampilan yang unik, namun juga sangat cocok digunakan pada rumah berukuran kecil. Selain itu tangga gantung memberikan kesan bahwa tangga tersebut berbobot ringan. Anda bisa memanfaatkan warna putih agar tampilan tangga gantung terlihat lebih menarik.

Tangga dengan Lebar yang Variatif

Jika Anda tidak ingin desain tangga yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba memvariasikan lebar tangga rumah dan terintegrasi dengan rak pada area mezanin. Sehingga tangga rumah memiliki pola yang menarik. Tidak hanya itu, area anak tangga yang terintegrasi dengan rak bisa Anda gunakan untuk meletakkan barang atau dekorasi.

Tangga dengan Railing Unik

Anda bisa membuat railing yang unik untuk tangga rumah Anda. Tidak harus selalu sejajar dengan tangga. Misalnya membuat tiang-tiang besi vertikal agar menghadirkan nuansa yang unik. Atau Anda juga bisa menyusun tiang-tiang besi kecil yang saling silang agar tampilannya lebih atraktif.

Tangga dengan Dinding Parapet

Anda bisa menambahkan dinding pembatas atau yang dikenal dengan istilah parapet. Hadirnya dinding pembatas ini bukan hanya untuk keamanan saja, namun juga bisa membuat tampilan tangga lebih cantik. Serta menjaga agar ruang tangga tidak tampak sempit.

Tangga Semi Privasi

Untuk menghadirkan pembatas yang tidak terlalu tertutup tanpa mengurangi privasi, Anda bisa mencoba menambahkan parapet semi-transparan. Untuk bahannya bisa menggunakan kayu atau baja dekoratif yang membentang menutupi tangga dengan pola tertentu yang unik.

Tangga Terintegrasi Storage

Memiliki rumah yang tidak terlalu luas menjadi tantangan bagi pemilik, apalagi jika berniat menambahkan tangga untuk akses ke lantai dua. Salah satu trik yang bisa dimanfaatkan adalah dengan mengaplikasikan tangga yang terintegrasi dengan storage. Sehingga tidak hanya sebagai akses naik-turun penghuni, namun juga sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang.

Baca juga: Sistem Kantilever

Faktor Penting dalam Desain Tangga

Ada beberapa faktor penting dalam membuat tangga rumah agar Anda bisa mendapatkan tangga yang tepat. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut akan dijelaskan secara singkat.

Desain dan Model

Menentukan desain dan model tangga harus melihat konsep dari rumah itu sendiri. Usahakan untuk memilih desain yang senada agar tampilannya tetap menarik dan tidak terkesan aneh.

Keamanan

Usahakan memilih tangga yang dilengkapi railing. Materialnya bisa kayu atau besi asalkan aman untuk dipakai. Railing tangga berguna untuk menghindari kemungkinan terjatuh dari tangga.

Posisi Tangga

Tangga disarankan berada di area yang mudah dijangkau dari berbagai sudut rumah. Tujuannya untuk mempermudah mobilitas pemilik rumah.

Kualitas Anak Tangga

Berfungsi sebagai pijakan, maka dari itu penting bagi Anda untuk memastikan kualitas anak tangga. Jadi jangan terlalu terpaku dengan tampilannya, namun kualitas adalah yang utama. Pastikan kualitasnya baik sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Material Berkualitas

Pastikan Anda memanfaatkan material bangunan yang berkualitas untuk membuat tangga. Material yang berkualitas tentu saja membutuhkan dana yang lebih banyak. Akan tetapi dengan demikian tangga bisa lebih tahan lama dan menjamin keamanan penghuni saat mengaksesnya.

Bagikan: