Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Cara Kerja Panel Surya Dan Biayanya


Hal tersebut menambah medan listrik di persimpangan antara lapisan silikon. Selanjutnya saat foton sinar matahari menjatuhkan elektron bebas, medan listrik akan mendorong elektron itu keluar dari sambungan silikon.

Sejumlah komponen sel lainnya mengubah elektron tersebut menjadi daya yang bisa dipakai. Pelat konduktif logam di sisi sel mengumpulkan elektron dan mentransfernya ke kabel. Pada titik tersebut elektron bisa mengalir seperti sumber listrik lainnya.

Manfaat Memakai Panel Surya

Ada beberapa manfaat jika kita memanfaatkan teknologi panel surya. Seperti menghemat tagihan listrik, ramah lingkungan dan pengaplikasiannya yang mudah. Berikut kami jelaskan secara singkat dan mudah dimengerti di website ini.

Menghemat Tagihan Listrik

Tagihan listrik saat ini cenderung tidak pasti alias bisa naik dan turun. Sedangkan di sisi lain tidak sedikit pendapatan masyarakat yang masih tetap sehingga tidak sejalan dengan pengeluaran untuk membayar tagihan listrik saat ada kenaikan.

Jika kita memanfaatkan panel surya, tagihan listrik bisa berkurang hingga 50%. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya spesifikasi panel listrik yang dipakai dan lain sebagainya. Akan tetapi setidaknya kehadiran teknologi panel surya di rumah akan meringankan pengeluaran Anda untuk membayar tagihan. Dan bisa menjadi tenaga listrik cadangan saat listrik PLN padam.

Ramah Lingkungan

Dengan cara kerja yang telah disebutkan di atas, panel tenaga surya digadang-gadang sangat ramah lingkungan. Sebab panel surya hanya memerlukan sinar matahari saja tanpa mengeluarkan polusi dalam proses pengubahan energi tersebut. Oleh karenanya dengan menggunakan panel surya kita juga ikut berpartisipasi dalam melestarikan alam.

Dapat Diterapkan di Indonesia

Indonesia menjadi negara tropis, yang artinya seluruh wilayahnya mendapat sinar matahari yang intens sepanjang tahun. Oleh karenanya Indonesia menjadi kawasan yang sangat cocok untuk menerapkan teknologi solar panel.

Pemasangan Panel Surya

Pemasangan panel surya tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Panel ini harus dipasang oleh teknisi ahli dan berpengalaman. Sebelum melakukan pemasangan teknisi biasanya akan menganalisis terlebih dahulu kebutuhan energi listrik konsumen dan jumlah panel solar yang hendak dipasang untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Setelah itu teknisi dapat mengetahui kebutuhan listrik, tagihan listrik per bulan hingga biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan panel surya. Tidak hanya itu, penyedia jasa juga akan melakukan survei ke lokasi pemasangan. Setelah semuanya selesai penyedia jasa atau teknisi memasang panel surya di atap rumah atau area lainnya yang memungkinkan. Sebagai gambaran, rumah dengan kebutuhan listrik 2200 watt akan memerlukan sekitar 6-8 panel berukuran 1×2 meter.

Biaya Pemasangan Panel Surya

Biaya pemasangan instalasi panel surya untuk atap rumah bisa berbeda-beda tergantung kebijakan penyedia jasa. Akan tetapi umumnya harga dasar untuk 1 kilowatt peak (kWp) panel surya adalah Rp 14 juta.