Jenis Dan Ukuran Ventilasi Rumah Minimalis


Jenis Dan Ukuran Ventilasi Rumah Minimalis – Pada salah satu bidang konstruksi adalah ventilasi, dimana ventilasi ini memiliki peran penting dalam suatu bangunan yaitu sebaga tempat trasportasi udara yang ada didalam bangunan maupun diluar bangunan.



Pengertian ventilasi menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) yaitu ventilasi merupakan tempat udara agar dapat keluar dan masuk secara bebas. Apabila dalam tesaurus bahasa Indonesia ventilasi tersebut dapat berupa jendela, lubang angin, tingkap, tingkapan, aliran udara.

Cara kerjad dari sistem ventilasi sendiri yaitu dengan menghadirkan proses pertukaran udara yang dapat terjadi akibat adanya perbedaan tekanan dimana udara tersebu dapat bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi menuju tempat dengan tekanan yang rendah. Agar udara dapat mengalir dari tekanan positif yang kuat ke bagian dengan tekanan negatif yang kuat pada dinding depannya akan sangat efektif apabila menggunakan ventilasi silang.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan

Baca juga: Model Dan Cara Membuat Ranjang Besi

Dalam sebuah konstruksi memiliki tujuan utama dalam pengaturan ventilasi, salah satu tujuannua yaitu untuk mengontrok kualitas udara dalam ruangan yang akhirnya ruangan yang memiliki ventilasi baik cenderung akan lebih sehat dibandingkan dengan bangunan atau konstruksi tanpa ventilasi.



Manfaat dan Fungsi Ventilasi Udara

Selain fungsi utama ventilasi sebagai tempak keluar dan masukknya udara, ventilasi juga memiliki beberpa manfaat dan fungsi lain yang juga memiliki peran sanga penting dalam sebuah bangunan. berikut adalah beberpa manfaat dan fungsi lainnya yaitu:

  • Dapat membantu sirkulasi udara agar suatu ruangan tidak pengap. Adanya lubang ventilasi (lubang angin) ada setiap bangunan dapat difungsikan untuk membantu sirkulasi udara, jadi suatu ruangan dapat lebih segar. Hal itu disebabkan karena adanya proses pertukaran udara yang berjalan dengan baik, hal ini juga dapat berfungsi untuk mengatur hawa bangunan agar tidak terasa lembab dan terbebas dari jamur dan bakteri berbahaya.
  • Memiliki pencahayaan yang lebih maksimal. Ventilasi yang alam biasanya berbentuk jendela aupun bukaan yang dapat membuat pencahayaan didalam rumah menjadi lebih baik. Hal tersebut bukan karena dapat membuat cahaya matahari masuk dengan mudah. Dengan adanya ventilasi dapat membuat ruangan tampak terang dan terasa lebihhangan dan juga nyaman untuk dihuni.
  • Dapat terhindar dari berbagai penyakit. Seperti yang diketahui bahwa banyak penyakit yang dibawa melalui udara seperti gangguan pernafasan dan flu. Jadi apabila sebuah konstruksi atau bangunan tidak memiliki lubang angin dan bukaan yang cukup maka dapat dipastikan menjadi sarang penyakit, virus, bakteri dan jamur. Hal tersebut disebabkan karena kadar oksiken dan karbondioksida yang terkandung dalam udara tidak seimbang yang dapat menyebabkan adanya infeksi saluran pernafasan akibat pengapnya udara dalam suatu ruangan.
  • Mengeluarkan polusi. Dalam faktanya polusi juga dapat muncul dan berasal dari rumah, terlebih lagi jika penghuni bangunan meroko maka asap rokok tersebut dapat menjadi sumber polusi, bahkan dengan asap dari dapur rumah harus dialirkan keluar rumah. Dengan adanya ventilasi maka polusi tersebut dapat berganti dengan udara luar yang lebih segar dan menyehatkan.
  • Hemat energi. Tanpa adanya ventilasi biasanya beberapa orang akan menggunakan AC ataupun kipas angin yang disebabkan ruangan akan terasa panas dan pengap. Jadi apabila sistem bukaan dapat diatur dngan baik maka akan lebih menghemat dari pada penggunaan AC maupun kipas angin tersebut. selain itu pencahayaan juga dapat masuk melalui jendela dan akan membantu mendapatkan penerangan tanpa lampu yang menjadi lebih hemat energi.
  • Elemen dekorasi. Pada saat ini terdapat banyak variasi desain ventilasi. Oleh karena itu lbang udara tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu dekorasi rumah yang menarik, desain ventilasi yang unik tidak hanya membuat rumah menjadi lebih sehat akan tetapi juga dapat berfungsi sebagai dekorasi.

Baca juga: Harga Jalusi Aluminium Jendela Dan Pintu