Harga Cat Kayu Dan Besi Ukuran 1-5 Kg


Cat tidak hanya sebagai pelapis saja, namun juga sebagai pemanis. Sehingga area yang dicat akan terlihat lebih menarik. Tidak hanya itu, cat juga bisa berfungsi sebagai pelindung agar bagian yang dicat tidak berkarat, berjamur, ataupun tergores benda tajam.

Cat yang beredar di pasaran umumnya terdiri dari beberapa komponen, seperti binder, solvent, pigment, dan additive. Selain itu cat juga terbagi menjadi berbagai macam warna. Seperti warna halus, estetis, glossy, matte, dan lain sebagainya.

Jenis Cat

Perlu diketahui bahwa cat terbagi menjadi beberapa macam yang mempunyai fungsi berbeda. Masing-masing jenis ini juga mempunyai komposisi yang berbeda. Oleh karenanya kita harus memahaminya agar tidak sampai salah pilih. Berikut adalah jenis cat yang bisa Anda dapatkan di toko:

  1. Cat alkyd synthetic: cat ini mempunyai karakteristik pada warnanya yang sangat mengkilap. Oleh karena itu cat ini biasanya dimanfaatkan untuk finishing interior maupun eksterior. Cat ini juga tahan terhadap berbagai cuaca. Anda bisa memakai cat alkyd synthetic ini pada besi maupun kayu.
  2. Cat zinc chromate primer: cat ini berfungsi untuk melapisi permukaan logam, seperti baja, besi, aluminium, seng, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk mencegah timbulnya karat pada permukaan logam tersebut.
  3. Cat duco: cat ini biasa disebut dengan nama cat dempul. Sesuai dengan julukannya, cat duco dipakai sebagai cat dasar untuk melapisi permukaan kayu maupun logam. Dengan demikian permukaan yang dicat akan menjadi lebih halus sekaligus rapat.
  4. Cat emulsi styrene acrylic: melihat namanya Anda pasti sudah bisa menebak bahwa cat ini memiliki kandungan akrilik. Sehingga cat ini mempunyai daya kilap yang tinggi. Biasanya cat ini digunakan untuk interior ataupun eksterior. Anda bisa menggunakannya pada permukaan beton, triplek, asbes, ataupun batako. Menariknya cat ini mempunyai daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca dan juga anti jamur.
  5. Cat epoxy: cat ini biasa dimanfaatkan untuk base lapisan beton atau logam sebelum proses pengecatan dilakukan. Kelebihan dari cat ini ada pada daya rekatnya yang tinggi.
  6. Cat melamic: cat ini dibuat dari bahan dasar campuran alkyd dan resin amino yang biasa dipakai pada kayu. Cat melamic bisa menghasilkan permukaan kayu yang mengkilap, halus, serta mempunyai daya tahan yang baik terhadap goresan.
  7. Cat polyurethane: cat ini juga mempunyai daya kilap yang tergolong tinggi. Karakteristik lain dari cat ini adalah halus dan anti gores. Maka dari itu biasanya cat ini digunakan sebagai coating.
  8. Cat stoving: cat ini biasanya digunakan sebagai finishing pada permukaan logam. Biasanya pengaplikasian cat ini melewati proses oven sebelum dipakai langsung pada logam. Tujuannya agar hasil akhir lebih maksimal.
  9. Cat thermoplastic: cat ini sering digunakan untuk pengecatan jalan-jalan besar ataupun jalan beraspal. Cat ini digunakan dengan cara dicat atau disemprot ke permukaan jalan untuk membentuk marka jalan. Awalnya cat ini berupa bubuk yang kemudian dipanaskan hingga suhu 200°C sebelum diaplikasikan pada jalan.

Kelebihan Cat Kayu dan Besi

Sesudah mengetahui macam-macam cat yang ada di pasaran, kini kita bahas apa saja kelebihan dari cat besi dan kayu. Sebenarnya beberapa poin sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi kami jelaskan lebih lengkap di bagian ini.