Perbedaan Cat Kayu Air dan Cat Kayu Thinner

Candra Irawan

Kondisi Permukaan

Untuk penggunaannya jenis cat water based ini merupakan jenis cat kayu yang dapat mentoleransi sedikit kelembaban yang sering muncul pada permukaan kayu, dimana cat ini dapat menyerap kelembaban yang ada pada permukaan kayu. Apabila MC kayu lebih tinggi dibandingkan dengan standar maka cat akan menyerap kelembaban tersebut dan tidak menimbulkan efek pada kemampuan cat untuk melekat pada permukaan.

Sedagkan untuk jenis cat silvent ini tidak dapat bersatu dengan air sehingga cat tidak dapat menyerap kelembaban yang tersisa pada permukaan kayu tersebut. apabila kayu tidak memiliki MC standar maka cat tidak dapat menciptakan high bonding atau ukatan yang kuat. Tentu saja cat akan mudah mengelupas dan tidak akan menyerap pada pori – pori kayu. Oleh karena itu penggunaan cat harus pada permukaan dalam kondisi yang benar – benar kering.

Aplikasi

Untuk waktu kering dari cat solvent based ini lebih lama dibandingkan dengan cat water based. Dimana cat solvent tidak akan menjadi keras dan padat dengan cepat sehingga proses finishing memerlukan waktu yang lama untuk membuat VOC menguap dengan sempurna dan dapat menimbulkan bau yang sangat lama.

Akan tetapi ketika menggunaka cat water based itu, cat tidak akan mengandung VOC yang tinggi oleh karena itu cat tidak akan menimbulkan bau yang menyengat yang lebih lama dan juga cat akan lebih cepat mengering.

Terdapat beberapa tingka kering yang harus diperhatikan untuk tingkat kering sentuh pertama cat solvent yairu 6 – 8 jam sedangkan cat water based 30 – 60 menit. Dan untuk tingkat kering kedua untuk cat solvent 16-20 jam sedangkan untuk water based adalah 2 – 3 jam. Dan untuk tingkat ketiga dari cat solvent ini membutuhkan waktu 2 – 3 hari dan untuk cat water based dibutuhkan waktu 1 – 4 mingggu.

Bagikan:

Tags