Cara Memilih Kusen Yang Tahan Lama dan Anti Rayap

Memilih Kusen Kayu Keras Anti Rayap – Kusen ini merupakan salah satu bagian fundamental pada bagian rumah yang patut untuk diperhatikan dalam pemilihannya. Dimana kusen ini juga merupakan bagian yang sering sekali ditemui pada beberapa konstruksi atau bangunan. dimana kusen ini berupa bingkai yang berbentuk balok yang terbuat dari berbagai macam material penyusunnya seperti kayu, aluminium, baja dan lain sebagainya.

Kusen berfungsi sebagai peletakan sebuah pintu atau jendela, kaca maupun tralis agar dapat tepat dibagian konstruksi pada sebuah bangunan. Selain itu kusen juga berfungsi sebagai salah satu faktor yang dapat memberikan kesan estetika pada suatu bangunan. Oleh karena itu tidak heran apabila banyak sekali jenis kusen pintu maupun jendela yang semakin menarik seiring adanya perkembangan zaman.

Baca Juga: Harga Gunting Baja Ringan Yang Bagus

Baca Juga: Harga Pintu Besi Untuk Garasi Atau Ruko

Untuk setiap kusen pintu maupun jendela pasti memiliki ukurang yang berbeda beda berdasarkan jenisnya dan juga ukuran tersebut bergantung pada ukuran daun pintu. Dalam memilih kusen pintu ini kita tidak boleh asal – asalan, hal tersebut disebabkan karena kusen biar tetap aman dan tetap dapat berfungsi secara baik meskipun sudah digunakan untuk waktu yang lama.

Sebelum melakukan pemilihan kusen, disarankan untuk anda mengetahui jenis material apa saya yang dapat digunakan untuk membuat kusen tersebut dan juga kelebihan dan kekurangannya. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa tips yang dapat digunakan untuk pertimbangan dalam memilih kusen. Berikut ini beberapa tips dalam memilih kusen tersebut yaitu:

Perhatikan Jenis Kusen

Terdapat banyak jenis kusen yang dapat anda pilih dipasaran salah sarunya adalah kusen dengan material asal kayu. Dimana kusen ini dipilih dari kayu dengan kualitas yang bagus agar tahan lebih lama. Jenis kayu yang direkomendasikan sebagai material dasar kusen ini adalah kayu jati. Meski harganya dibandrol cukup makan, akan tetapi kayu jati ini cukup kuat dan awet.

Kayu jati sendiri memiliki kelebihan anti rayap dan juga tahan terhadap air, sehingga kayu tersebut tidak mudah lapuk. Tidak hanya kusen yang terbuat dari kayu anda juga dapat menggunakan kusen yang berbagan dasar lainnya seperti UPVC, Fiberglass samapai dengan aluminium untuk rumah dengan model minimalis.

Pilih Kusen Anti Rayap

Jenis kusen dengan material aluminium ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk rumah dengan konsep modern, dimana material tersebut ringan dan juga tidak membutuhkan perawatan secara berkala. Hal tersebut dikarenakan materal aluminium ini lebih tahan terhadap keropos mengingat tidak mungkin bila dimakan rayap sehingga akan tahan lama.

Tidak hanya itu jenis kusen ini juga ringan dan dapat dobongkar pasang. Lalu juga tidak menyusut seperti kayu dan juga tidak akan mengalami penyusutan yang diakibatkan cuaca. Akan tetapi kekurangan kusen jenis ini adalah variasi bentuk dan model yang terbatas karena materialnya sudah standar pabrik. Tidak hanya itu kusen ini memiliki kualitas rendah dana dapat mudah memuai saat terjadi perubahan suhu dan juga harga yang cukup mahal.

Baca Juga: Model Variasi Tiang Baja Ringan

Baca Juga: Harga Molen Cor Mesin Pengaduk Semen

Pastikan Kusen Tahan Bocor

Carilah kusen berdasarkan ketahanan anti bocornya. Contohnya anda dapat menggunakan kusen UPVC dimana kusen dengan material ini dapat digunakan untuk jendela dan pintu rumah yang rawat terkena cipratan air. Selain tiu material ini juga antirayap tidak memuai atau susut, kedap suara, serta perawatannya yang tidak terlalu sulit.

Pilih Kusen yang Kokoh

Carilah kusen yang memiliki ketahanan kuat serta kokoh. Contohnya kusen baja ringan, meskipun memiliki bobot yang ringan akan tetapi material ini kerap digunakan sebagai rangka atap suatu bangunan. tapi untuk harga dari material ini terbilang cukup mahal daripada material aluminium. Akan tetapi bila menginginkan awet dan tahan lama maka tidak ada salahnya untuk menggunakan kusen degan material tersebut.

Sesuaikan dengan Konsep

Dalam memilih kusen ini anda juga dapat menyesuaikan dengan konsep rumah yang digunakan. Dimana untuk gaya klasik akan sangay pas dengan kusen kayu. Untuk rumah modern minimalis dapat menggunakan UPVC atau Fiberglass.

Cocokkan dengan Interior

Tidak hanya ketahanan saja, tidak ada salahnya untuk memilih kusen berdasarkan kecocokan dengan interior rumah anda. Contohnya kusen kayu cocok dengan nuansa alami dimana dapat melengkapi dekorasi interior rumah yang lebih tradisional.

Ukuran Kusen yang Tepat

Tentukanlah terlebih dahulu ukuran kusen tersebut. Dimana kusen ini memiliki ukuean yang berbeda – beda tergantung pada jenis serta kebutuhannya. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengukur terlebih dahulu kebutuhan kusen baik untuk jendela maupun pintu rumah.

Harga yang Sesuai Isi Kantong

Pada umumnya kusen yang memiliki kualitas baik memiliki harga yang relatif mahal juga. Untuk menyiasati hal tersebut pilihlah kusen yang sesuai dengan budget awal dimana telah ditetapkan sebelumya. Akan tetappi disarankan untuk tetap memilih kusen yang murah dengan kualitas baik.

Baca Juga: Harga Kusen Aluminium

Baca Juga: Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan

Harga Kusen Pintu dan Jendela

ItemUkuran (cm)HargaHarga / Meter
Kusen daun pintu/lubang6×15Rp500.000Rp100.000
Kusen daun jendela/lubang6×15Rp360.000
Kusen lengkung daun pintu/lubang6×15Rp700.000
Kusen lengkung daun jendela/lubang6×15Rp510.000
Kusen daun pintu/lubang6×12Rp400.000Rp80.000
Kusen daun jendela/lubang6×12Rp288.000
Kusen lengkung daun pintu/lubang6×12Rp560.000
Kusen lengkung daun jendela/lubang6×12Rp428.000
Daun pintu Rp1.100.000
Daun pintu lengkungRp1.250.000
Daun jendela4×10Rp280.000Rp80.000
Daun jendela lengkung4×10Rp380.000
Daun jendela3×10Rp250.000Rp72.000
Daun jendela lengkung3×10Rp330.000
Lubang anginRp30.000

Kusen Jenis Kayu Jati

Kayu Jati Ukuran Balok 6/15Harga
Harga kusen gundul/lubangRp1.500.000
Harga kusen jalosi/lubangRp1.600.000
Harga kusen lengkung/lubangRp1.720.000
Harga kusen lengkung jalosi/lubangRp1.820.000
Harga kusen gendong lengkung 3 lubangRp5.125.000
Harga kusen gendong lengkung jalosi 3 lubangRp5.450.000
Kayu Jati Ukuran Balok 6/12Harga
Harga kusen gundul/lubangRp1.450.000
Harga kusen jalosi/lubangRp1.550.000
Harga kusen lengkung/lubangRp1.655.000
Harga kusen lengkung jalosi/lubangRp1.720.000
Harga kusen gendong lengkung 3 lubangRp4.800.000
Harga kusen gendong lengkung jalosi 3 lubangRp5.150.000
Kusen Daun Pintu dan JendelaHarga
Harga daun pintu panel kotakRp5.500.000
Harga daun pintu panel lengkungRp7.050.000
Harga daun jendela polos + kaca polosRp1.450.000
Harga daun jendela blasut + kaca polosRp2.050.000

Demikian artikel kali ini yang telah membahas mengenai kusen serta beberapa tips dalam pemilihan kusen yang mungkin dapat diterapkan sehari – hari. Semoga dengan adanya informasi yang dibagikan ini dapat memberikan manfaat dalam bidang konstruksi sebagai langkah pertimbangan dalam memilih kusen dipasaran.

You might also like