Jenis – Jenis Semen yang Dijual Dipasaran

Candra Irawan

Jenis – Jenis Semen yang Dijual Dipasaran – Semen merupalan suatu bahan perekat kimia yang nantinya dapat memberikan perkerasan terhadap beberpaa material campuran lain yang menjadikannya suatu bentuk dengan karakteristik tahan lama dan kaku. Semen juga merupakan salah satu elemen penting dalam dunia konstruksi atau bangunan pada saat ini.

Untuk bahan – bahan penyusun semen sendiri terdapat bayak bahan mineral dan kimia yang terkandung didalamnya. Kualitas pada setiap semen dapat dipengaruhi oleh setiap kandungan bahan tertentu. Pada umumnya semen merupakan bubuk yang berwarna abu – abu gelap yang terbuat dari beberapa bahan seperti Alkali, Magnesium Oksida, Alumina, kapur, Sulfur Trioxide, Iron Oxide dan Silika. Dimana semen juga merupakan bahan perekat terbaik seperti epoksi, polimer, dan lainnya.

 

Pada umumnya semen digunakan sebagai bahan campuran pasir yang diaduk dan setelah tercampur nantinya digunakan untuk merekatkan proses pemasangan dari bata merah, hebel, pemasangan keramik lantai dan bangunan lainnya. Pada saat ini sudah terdapat berbagai macam jenis serta merk dari semen. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai jenis – jenis dari semen, berikut ini adlaah jenis – jenisnya dipasaran yaitu:

1) Semen Portland

Jenis semen ini berfungsi untuk bahan dasar dari pembuatan dak beton atau besi wiremesh. Dimana karakteristik dari jenis semen ini yaitu cepat mengeras apabila sudah terkena air, oleh karena itu smene ini sering disebut sebagai perekat hidrolis. Semen jenis ini memiliki 5 tingkatan kualitas atau tiper berikut ini adalah tipe – tipenya yaitu:

– Tipe 1

Tipe ini akan cocok apabila digunakan pada karakteristik tana dan air yang memiliki tingat keasaman yang sangat rendah. Apabila diaplikasikan pada bangunan tipe ini cocok untuk pribadi, gedung betingkt biasa dan jenis bangunan lainnya dimana menggunakan jenis adukan semen yang encer.

Bagikan:

Tags