Desain Tangga Rumah Minimalis


Yang tak kalah memikat dari desain tangga rumah lainnya adalah floating stairs. Sesuai dengan namanya, ciri khas utama dari tangga ini adalah tampilannya yang seakan melayang. Kesan ini tercipta karena bagian induk tangga yang dihilangkan dari struktur desain.

Ada beberapa model tangga floating stairs yang bisa dipilih. Seperti floating stairs dengan railing menggantung, floating stairs tanpa railing atau cantilevered stairs dan lain-lain. 



Hanya saja untuk mendesain tangga melayang seperti ini harus melewati perhitungan yang tepat. Perhitungan beban harus akurat, sehingga memungkinkan anak tangga menahan beban maksimal.

Tangga Melingkar Transparan

Tangga berbentuk spiral menjadi salah satu desain tangga yang unik dan patut untuk dicoba. Anda bisa membuat pagar dan anak tangga yang terbuat dari material kaca. Sedangkan bagian railing atau pegangan tangga dan tiang penyangga dibuat dari bahan stainless steel. Alhasil tampilannya yang terkesan transparan menghadirkan kesan yang minimalis modern.

Yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan tangga seperti ini adalah memastikan kualitas material kaca dan ketebalannya. Untuk keamanan hindari tekstur kaca yang licin dan jangan mendesain lengkungan yang terlalu curam.

Tangga Gantung



Tangga yang satu ini tidak hanya memiliki tampilan yang unik, namun juga sangat cocok digunakan pada rumah berukuran kecil. Selain itu tangga gantung memberikan kesan bahwa tangga tersebut berbobot ringan. Anda bisa memanfaatkan warna putih agar tampilan tangga gantung terlihat lebih menarik.

Tangga dengan Lebar yang Variatif

Jika Anda tidak ingin desain tangga yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba memvariasikan lebar tangga rumah dan terintegrasi dengan rak pada area mezanin. Sehingga tangga rumah memiliki pola yang menarik. Tidak hanya itu, area anak tangga yang terintegrasi dengan rak bisa Anda gunakan untuk meletakkan barang atau dekorasi.

Tangga dengan Railing Unik



Anda bisa membuat railing yang unik untuk tangga rumah Anda. Tidak harus selalu sejajar dengan tangga. Misalnya membuat tiang-tiang besi vertikal agar menghadirkan nuansa yang unik. Atau Anda juga bisa menyusun tiang-tiang besi kecil yang saling silang agar tampilannya lebih atraktif.

Tangga dengan Dinding Parapet

Anda bisa menambahkan dinding pembatas atau yang dikenal dengan istilah parapet. Hadirnya dinding pembatas ini bukan hanya untuk keamanan saja, namun juga bisa membuat tampilan tangga lebih cantik. Serta menjaga agar ruang tangga tidak tampak sempit.

Tangga Semi Privasi

Untuk menghadirkan pembatas yang tidak terlalu tertutup tanpa mengurangi privasi, Anda bisa mencoba menambahkan parapet semi-transparan. Untuk bahannya bisa menggunakan kayu atau baja dekoratif yang membentang menutupi tangga dengan pola tertentu yang unik.



Tangga Terintegrasi Storage