Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan

Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan – Kusen merupakan salah satu material konstruksi yang memiliki peran penting dalam pemasangan pintu maupun jendela pada suatu konstruksi rumah atau gedung. Kusen merupakan salah satu bagian konstruksi yang difungsikan sebagai tempat peletakan daun pintu maupun daun jendela.

Baca juga: Harga Kusen Cor / Beton Jendela Dan Pintu

Kusen memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat diletakkannya daun pintu dan juga daun jendela. Kusen juga dapat digunakan sebagai penyekat dinding bangunan atau pemisah antar ruangan. Dilihat dari fungsi utamanya sebagai tempat peletakan dan menghubungkan pintu dan juga jendela rumah yang penting maka untuk pemasanganpun juga harus diperhatikan dengan benar.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kusen baja ringan dimana kusen baja ringan tersebut merupakan salah satu material konstruksi yang digunakan untuk menopang daun pintu atau dauh jendela yang memiliki bahan darsar berupa baja ringan.

Baca juga: Harga Kusen Aluminium

Dengan berbahan dasar baja ringan tentu kusen tersebut akan awet dan bebas dari rayap, jadi akan lebih lama lagi daya tahan kusen tersebut, meskipun harga dari kusen baja ringan pintu maupun jendela lebih mahal dibandingkan dengan kusen yang berbahan kayu. Harganya juga dibandrol variasi sesuai dengan ukuran dan juga modelnya. Dan penggunaan material berbagan baja ringan saat ini lebih diminati dibandingkan dengan material yang berbahan lainnya.

Struktur Kusen

Diketahui pada fungsi kusen sebagai penopang daun pintu dan juga dau jendela. Oleh karena itu kusen harus memiliki struktur yang kuat agar dapat menjalankan fungsinya. Berikut ini adalah struktur atau bagian – bagian pada kusen yaitu:

  • Sponneng. Merupakan bagian iang kusen yang dijadikan tempat untuk melekatnya daun pintu atau daun jendela.
  • Telinga kusen. Bagian ini merupakan bagian ambang (dorpel) yang ditanamkan ke dalam dinding. Bagian ini memiliki fungsi sebagai penahan gerakan kusen ke depan maupun kebelakang.
  • Alur Kapur. Merupakan bagian tiang kusen yang memiliki fungsi sebagai penahan gerakan kusen kedepan atau kebelakang akibat dibuka dan ditutupnya pintu maupun jendela.
  • Angkur. Bagian ini dipasang pada tiang kusen dan memiliki fungsi untuk memperkuat kusen pada dinding, dan digunakan sebagai penahan gerakan pintu maupun jendela.
  • Duk (neut). Merupakan bagian yang letaknya ada pada bagian bawah kusen. Bagian ini memiliki fungsi untuk menahan gerakan tiang ke segala arah dan untuk melindungi tiang kayu dari rembesan air dari lantai ke atas.

Baca juga: Harga Kusen Kayu Pintu Dan Jendela

Jenis Kusen

Kusen sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan sesuai dengan fungsi dan peletakannya. Berikut ini adalah beberapa jenis kusen yaitu:

  • Kusen pintu. Dimana kusen ini digunakan untuk daun pintu. Umumnya pada bagian atas kusen pintu ini terdapat lubang yang digunakan untuk penerangan dan sirkulasi udara.
  • Kusen jendela. Kusen ini merupakan rangka kusen yang digunakan untuk peletakan daun jendela agar jendela tersebut dapat dubuka dan juga ditutup untuk melancarkan sirkulasi udara. Tapi juga ada jenis jendela yang dipasang mati yang berada didalam kusen.
  • Kusen bovenlicht. Kusen ini dapat disebut juga dengan kusen penerangan dimana kusen ini merupakan rangka kusen yang diperuntukkan sebagai penempatan kaca, jadi cahaya dari luar dapat masuk kedalam ruangan.
  • Kusen gendong. Kusen ini merupakan rangka kusen yang digunakan untuk pintu dan jendela yang dijadikan menjadi satu konstruksi yang utuh. Jenis ini pada umumnya ditempatkan pada bagian depan rumah atau pada bagian ruangan yang memerlukan penerangan lebih seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

Baca juga: Teknik Sambungan Baja Ringan Dan Caranya

Material Kusen

Terdapat berbagai jenis material dari kusen. Pada masing – masing bahan juga memiliki keunggulan serta kekurangannya sesuai dengan penggunaan kusen tersebut. berikut ini beberapa material dari kusen yaitu:

Kusen Kayu

Kusen dengan materian kayu memang sangat umum digunakan karena memiliki daya tahan yang tinggi. Material kayu pada kusen juga akan memberikan tampilan dengan kesan hangan dan alami jadi dapat digunakan untuk mempercantik ruangan. Kelebihan material ini adalah memiliki nilai penyekat panas yang baik dan umumnya tahan terhadap pengaruh cuaca.

Ada beberapa jenis kayu yang baik digunakan sebagai material kusen seperti kayu laban, purnis (akasia), jati, kayu kamper, dan kayu ulin. Akan tetapi material ini memiliki kelemahan yaitu mudah dimakan rayap jadi harus dilapisi dengan cairan antirayap sebelum kusen dipasang. Kayu juga mebutuhkan perawatan secara berkala dengan cat atau coating agar tetap awet.

Baca juga: Harga Jalusi Aluminium Jendela Dan Pintu

Kusen Cor atau Beton

Kusen denga material beton biasa disebut dengan kusen cor. Kusen ini banya digunakan karena memiliki banyak keunggulannya dan tidak akan dimakan rayap seperti kayu. Kusen beton ini juga tidak mudah keropo jadi tahan terhadap segala cuaca. Pada proses pembuatan kusen ini menggunakan metode cetak lalu disambung menggunakan paku dan kawat.

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan kusen ini adalah proses pemasangan yang harus dilakukan dengan benar. Jika pemasangan salah maka kusen beton akan sulit untuk diubah bila telah terpasang.

Kusen Aluminium

Material kusen ini dapat digunakan sebagai pengganti dari kusen dengan material kayu. Aluminium memiliki kelebihan yaitu tahan keropos, anti rayap, anti air, dan memiliki bobot yang ringan akan tetapi kuat. Aluminium ini juga lebih tahan lama dan tidak menyusut seperti kayu atau juga mengalami perubahan bentuk seperti melengku yang diakibatkan oleh perubahan cuaca.

Kusen uPVC

Material uPVC memiliki kepanjangan Unplasticized Polyvinyl Chloride. Material bangunan ini berbahn plastik yang dibuat menggunakan plasticizer, dengan menambahkan stabilizer dan modifier yang dapat membuat material ini menjadi padat, rigid (keras), dan juga tidak fleksibel. Pada saat ini material kusen ini telah dilengkapi dengan rangka yang terbuat dari besi jadi memiliki kekuatan yang lebih dibanding dengan kusen yang menggunakan material kayu dan aluminium.

Baca juga: Harga Pintu Geser Kaca (Sliding Door)

Kusen Fiberglass

Material kusen ini memiliki daya tahan yang lama serta mudah dalam urusan perawatan. Untuk material ini memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan vinyl. Hal tersebut terjadi karena material ini terbuat dari bahan pembuat kaca yang dapat menyesuaikan dengan cuaca dan juga suhu ruangan.

Harga Kusen

Untuk harga kusen telah dijelaskan bahwa memiliki variasi yang didasarkan pada ukuran dan modelnya serta merk. Dan juga pada tiap daerah pasti akan berbeda – beda. Berikut ini adalah beberapa tabel harga berdasarkan beberapa merk kusen baja ringan tersebut yaitu:

Harga kusen baja ringan Alexindo

Harga kusen baja ringan Superex

Harga kusen baja ringan YKK

Baca juga: Mengenal Ukuran Paku Tembak Dan Mesin Paku Tembak

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai kusen suatu konstruksi atau bangunan mulai dari pengertian kusen, jenis – jenis kusen, materia – material sebagai bahan dasar kusen dan juga harga dari kusen tersebut. semoga informasi yang dibagikan ini dapat membantu anda dalam mengetahui tentang salah satu material yang penting pada suatu konstruksi atau bangunan.

You might also like