Daftar Software Aplikasi BIM Terbaik


Daftar Aplikasi BIM Terbaik – Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu BIM dan bagaimana fungsinya dalam dunia konstruksi. Seperti yang telah dibahas, Building Information Modeling atau BIM tidak hanya sebatas pemodelan 3D saja. Melainkan juga mencakup perencanaan, perancangan, pembangunan, kolaborasi, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan proyek konstruksi.

Oleh karenanya software atau aplikasi BIM tidak hanya sebatas untuk mendesain bangunan saja. Software BIM mempunyai fungsi yang komprehensif dan mencakup data pemeliharaan, penjadwalan proyek, informasi mengenai biaya, dan lain sebagainya.



Jika Anda amati, ada cukup banyak aplikasi BIM yang beredar saat ini. Masing-masing software ini mempunyai fitur-fitur dan keunggulan tersendiri yang membuatnya mampu memenuhi kebutuhan para pengguna dalam hal Building Information Modeling.

Apabila Anda sedang mencari referensi seputar software BIM, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba.

Baca juga: Pengertian BIM Dan Fungsinya

Autodesk Revit

Revit menjadi salah satu software BIM yang populer. Fungsinya untuk memecahkan berbagai masalah teknik dan juga desain. Fitur aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan arsitek, desainer, teknisi MEP, kontraktor dan lain-lain. Revit juga dapat meminimalisir miskomunikasi dengan cara mengelola banyak bagian proses dalam sistem yang sama. Dengan demikian pengguna dapat meningkatkan koordinasi secara keseluruhan, atau bahkan mensimulasikan desain  yang berbeda.

Autodesk Navisworks



Software ini juga ada di bawah naungan yang sama dengan Revit. Perbedaan keduanya terletak pada fungsinya. Navisworks lebih dikhususkan untuk sarana meninjau proyek bagi profesional arsitektur, teknik, dan konstruksi (AEC). Biasanya software ini dimanfaatkan untuk tahap pra-konstruksi, mengontrol, dan memprediksi hasil proyek dari awal.

Fitur yang ditawarkan beragam, seperti koordinasi model dan deteksi benturan untuk mendeteksi masalah sebelum konstruksi dibangun, simulasi model, animasi, hingga agregasi data dalam satu model.

Autodesk BIM 360

Software buatan Autodesk berikutnya ini ditujukan untuk pengguna yang bekerja dengan manajemen konstruksi dan pengiriman proyek. BIM 360 pada dasarnya merupakan layanan web berbasis cloud yang fungsinya untuk menghindari penundaan dan meningkatkan pengambilan keputusan dengan memberikan akses kepada tim yang berbeda ke data yang relevan. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk meninjau desain, koordinasi BIM, manajemen masalah, koordinasi pengiriman, daftar periksa program keselamatan dan lain-lain.



ArchiCAD

Program ini dikembangkan untuk melakukan desain dan pemodelan. Di samping itu kita dapat memakainya untuk perencanaan kota, perancangan dan arsitektur. Fitur-fitur yang tersedia memudahkan pengguna untuk melakukan desain, baik dalam hal estetika maupun tekniknya. Software ini juga dapat bekerja dengan geometri 2D maupun 3D. Menariknya ArchiCAD diklaim menjadi salah satu software yang ramah untuk pemula.

SketchUp