Daftar Software Aplikasi BIM Terbaik


Daftar Aplikasi BIM Terbaik – Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu BIM dan bagaimana fungsinya dalam dunia konstruksi. Seperti yang telah dibahas, Building Information Modeling atau BIM tidak hanya sebatas pemodelan 3D saja. Melainkan juga mencakup perencanaan, perancangan, pembangunan, kolaborasi, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan proyek konstruksi.

Oleh karenanya software atau aplikasi BIM tidak hanya sebatas untuk mendesain bangunan saja. Software BIM mempunyai fungsi yang komprehensif dan mencakup data pemeliharaan, penjadwalan proyek, informasi mengenai biaya, dan lain sebagainya.



Jika Anda amati, ada cukup banyak aplikasi BIM yang beredar saat ini. Masing-masing software ini mempunyai fitur-fitur dan keunggulan tersendiri yang membuatnya mampu memenuhi kebutuhan para pengguna dalam hal Building Information Modeling.

Apabila Anda sedang mencari referensi seputar software BIM, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba.

Baca juga: Pengertian BIM Dan Fungsinya

Autodesk Revit

Revit menjadi salah satu software BIM yang populer. Fungsinya untuk memecahkan berbagai masalah teknik dan juga desain. Fitur aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan arsitek, desainer, teknisi MEP, kontraktor dan lain-lain. Revit juga dapat meminimalisir miskomunikasi dengan cara mengelola banyak bagian proses dalam sistem yang sama. Dengan demikian pengguna dapat meningkatkan koordinasi secara keseluruhan, atau bahkan mensimulasikan desainĀ  yang berbeda.

Autodesk Navisworks



Software ini juga ada di bawah naungan yang sama dengan Revit. Perbedaan keduanya terletak pada fungsinya. Navisworks lebih dikhususkan untuk sarana meninjau proyek bagi profesional arsitektur, teknik, dan konstruksi (AEC). Biasanya software ini dimanfaatkan untuk tahap pra-konstruksi, mengontrol, dan memprediksi hasil proyek dari awal.

Fitur yang ditawarkan beragam, seperti koordinasi model dan deteksi benturan untuk mendeteksi masalah sebelum konstruksi dibangun, simulasi model, animasi, hingga agregasi data dalam satu model.

Autodesk BIM 360

Software buatan Autodesk berikutnya ini ditujukan untuk pengguna yang bekerja dengan manajemen konstruksi dan pengiriman proyek. BIM 360 pada dasarnya merupakan layanan web berbasis cloud yang fungsinya untuk menghindari penundaan dan meningkatkan pengambilan keputusan dengan memberikan akses kepada tim yang berbeda ke data yang relevan. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk meninjau desain, koordinasi BIM, manajemen masalah, koordinasi pengiriman, daftar periksa program keselamatan dan lain-lain.



ArchiCAD

Program ini dikembangkan untuk melakukan desain dan pemodelan. Di samping itu kita dapat memakainya untuk perencanaan kota, perancangan dan arsitektur. Fitur-fitur yang tersedia memudahkan pengguna untuk melakukan desain, baik dalam hal estetika maupun tekniknya. Software ini juga dapat bekerja dengan geometri 2D maupun 3D. Menariknya ArchiCAD diklaim menjadi salah satu software yang ramah untuk pemula.

SketchUp

Software ini merupakan sarana untuk melakukan pemodelan yang mudah digunakan. Pengguna juga dapat mengubah garis atau bentuk biasa menjadi berbagai bentuk tiga dimensi dengan lebih mudah karena adanya koleksi model 3D yang ada di dalamnya. Di samping itu software ini juga dapat diakses lewat web.

Tekla BIMsight



Software BIM yang satu ini memungkinkan pengguna untuk memadukan model, mengidentifikasi bentrokan, hingga memperbaiki masalah yang lainnya. Tekla BIMsight hadir dengan menawarkan konsep sistem BIM canggih dengan rekayasa struktural. Sehingga pengguna dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah lebih mudah pada tahap desain sebelum konstruksi dimulai. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain mark-up, navigasi 3D, menampilkan beberapa model, transparansi objek, dan lain sebagainya.

PriMus IFC

PriMus IFC merupakan software yang diperuntukkan untuk melakukan pengukuran dari berbagai model 3D. Di samping itu juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan tagihan kuantitas secara otomatis. Aplikasi ini dapat memperbarui data setiap kali ada perubahan pada model 3D terkait. Pengguna juga dapat mengelola daftar harga dengan bantuan aplikasi ini.

BEXEL Manager

BEXEL Manager merupakan software BIM yang komprehensif dan dibuat khusus untuk mengelola aktivitas proyek konstruksi. Kelebihan yang ditawarkan mencakup peluang integrasi, standar bersertifikat IFC, dan lain sebagainya. Beberapa fitur yang ditawarkan BEXEL Manager antara lain penganggaran, analisis biaya, pengoptimalan jadwal, manajemen perubahan, pelacakan kemajuan, dan lain sebagainya.

Revizto

Software Revizto menjadi sarana kolaborasi terintegrasi untuk alur kerja 2D dan 3D. Sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan semua pihak yang berhubungan dalam proyek yang sedang dikerjakan. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah manajemen bentrokan, sinergi model 2D/3D, pelacak masalah, menjelajahi model dengan VR, dan lain sebagainya.

Vectorworks Architect

Software ini menawarkan dua paket alat, yakni CAD dan BIM. Fungsinya utamanya adalah untuk mendesain 2D maupun 3D. Di samping itu aplikasi ini memiliki kemampuan orientasi desain, objek parametrik, dan lain sebagainya yang tujuannya untuk menyederhanakan proses pembuatan desain virtual.

Edificius

Edificius merupakan sebuah aplikasi BIM yang ditujukan untuk desain arsitektur. Software ini dapat bekerja dalam 2D dan 3D. Selain itu Edificius diklaim memudahkan pengguna saat mendesain arsitektur, dengan mempertimbangkan seluruh teknologi dan peraturan baru. Dengan memanfaatkan software ini pengguna bisa mendesain lanskap, taman, rendering statis dan real-time, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Midas Gen