Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Harga Borongan Bangunan Per Meter di Jakarta


Di beberapa daerah di Indonesia para pekerja pemborong yang sudah ahli tentu saja akan mengerjakan sebuah proyek bangunan atau rumah sesuai dengan keinginan pemilik agar hasilnya bisa sempurna.

Menghitung Upah Borongan Bangunan

Dalam menentukan upah borongan, ada dua macam cara yang bisa diterapkan. Yakni upah borongan per meter persegi pekerjaan dan upah borongan per parameter pekerjaan. Berikut kami jelaskan satu per satu sehingga memahami apa perbedaan kedua sistem tersebut.

Upah Borongan per M2

Upah borongan ini dihitung berdasarkan luas meter persegi bangunan. Rumus yang digunakan adalah:

BUB = HB x LB

Keterangan:

  • BUB: Biaya Upah Borongan
  • HB: Harga Borongan
  • LB: Luas Bangunan

Dalam sistem ini item pekerjaan sudah termasuk di dalamnya. Seperti pekerjaan pondasi, pemasangan dinding, plesteran, pekerjaan rangka, pekerjaan finishing, dan lain sebagainya. Seluruh item yang dikerjakan tersebut merupakan hasil kesepakatan antara pemilik proyek dengan penyedia jasa.

Sedangkan jika Anda merupakan penyedia jasa, maka Anda juga perlu membuat harga borongan per m2 yang nantinya akan disodorkan kepada klien. Cara sederhananya adalah sebagai berikut.

Harga Borong = (Waktu Hari Pelaksanaan x Upah Harian) + Keuntungan yang Diharapkan

Menentukan harga jasa borongan bangunan adalah hal yang penting. Sebab hal ini nantinya yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat melakukan negosiasi dengan klien. Saat klien menawar lebih rendah, Anda akan bisa memperkirakan seberapa besar keuntungan yang masih Anda peroleh dan apakah harus ada perubahan pada jumlah tukang dan biaya harian tukang.

Upah Borongan per Parameter Pekerjaan

Untuk upah per parameter ini biasa dijadikan pertimbangan bagi pemborong dalam menentukan harga per m2. Logikanya semakin banyak item pekerjaan yang dikerjakan maka akan semakin mahal harga total per m2 yang dipatok. Selain itu harga per item juga dipengaruhi oleh tingkat kesulitan pekerjaan.