Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Cara Kerja Panel Surya Dan Biayanya


Energi listrik yang diproduksi oleh panel surya itu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik. Di samping itu juga ada yang disimpan terlebih dahulu dalam baterai. Dengan begitu sistem panel surya ini tetap bisa berfungsi walaupun hari sudah sore, atau bahkan malam.

Baca juga: Biaya Instalasi Listrik

Cara Kerja Panel Surya

Dari pengertian di atas muncul sebuah pertanyaan, bagaimana cara kerja panel surya? Bagaimana bisa dengan bantuan alat elektronik suatu cahaya diubah menjadi energi listrik?

Panel surya bekerja dengan membiarkan foton atau partikel cahaya menjatuhkan elektron bebas dari atom dan menghasilkan aliran listrik. Cara kerja panel surya sebenarnya terdiri dari banyak unit yang lebih kecil yang dinamakan sel fotovoltaik. Banyak sel yang dihubungkan bersama membentuk panel surya.

Setiap sel fotovoltaik ini bisa diasumsikan sebagai sebuah sandwich yang terdiri dari dua irisan bahan semi konduktor, seperti silikon atau bahan yang sama dengan yang dipakai dalam mikroelektronika.

Agar dapat bekerja, sel fotovoltaik harus membentuk medan listrik. Dan edan listrik ini terjadi saat muatan berlawanan dipisahkan. Agar mendapatkan bidang ini produsen menambahkan silikon dengan bahan lain dan memberikan muatan listrik positif atau negatif pada setiap irisan sandwich.

Lebih jelasnya mereka menyemai fosfor ke lapisan atas silikon yang menambahkan elektron ekstra dengan muatan negatif ke lapisan tersebut. Sedangkan lapisan bawah memperoleh takaran boron yang menghasilkan elektron lebih sedikit atau muatan positif.