Harga Dan Ukuran List Gypsum Per Meter

Endah Wahyuni

Seperti yang diketahui, untuk menghitung keliling ruangan kita bisa memakai rumus di bawah ini:

Keliling ruangan = 2 x (panjang + lebar)

Menghitung Biaya List Gypsum

Apabila Anda ingin menghitung kebutuhan biaya list gypsum, maka Anda tinggal menjumlahkan biaya bahan dan ongkos tukang. Untuk komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan biaya tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang.

Analisa Biaya Pemasangan List Gypsum

Jadi, untuk mengetahui kebutuhan biaya lis plafon, tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m pemasangan lis plafon gypsum, membutuhkan rincian bahan, tukang dan peralatan dengan biaya sebagai berikut :

ANALISA PEMASANGAN 1 M1 LIST PLAFON GYPSUM PROFIL
URAIAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH
TENAGA
Pekerja OH 0,0500 103.000,00 5.150,00
Tukang Kayu OH 0,0500 115.000,00 5.750,00
JUMLAH TENAGA KERJA 10.900,00
BAHAN
List Gypsum  7 cm m’ 1,0500 12.000,00 12.600,00
Paku list kg 0,0100 30.000,00 300,00
JUMLAH HARGA BAHAN 12.900,00
Jumlah (A + B + C) 23.800,00
Overhead & Profit 0 % x D
Harga Satuan Pekerjaan (D+E) 23.800,00

Baca juga: Harga Dan Ukuran Fisher Gypsum

Manfaat Gypsum

Berbicara soal gypsum mungkin sebagian besar orang akan beranggapan bahwa bahan ini dipakai untuk plafon. Akan tetapi sebenarnya penggunaan gypsum tidak sebatas itu saja. Masih ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan saat menggunakan material gypsum untuk konstruksi bangunan. Berikut adalah beberapa kegunaan dari gypsum yang bisa Anda simak.

Sebagai Konstruksi Plafon

Gypsum bisa kita manfaatkan sebagai konstruksi plafon. Material gypsum terkenal tahan api dan lebih fleksibel dalam urusan pemasangan. Maka dari itu bahan ini cocok dipakai untuk plafon. Gypsum mempunyai kontur yang lebih rapi, presisi dan tidak mudah rusak.

Tidak hanya itu saja, gypsum juga dibuat dalam bentuk lembaran yang lebar sehingga proses pemasangannya menjadi lebih mudah. Serta tidak menghabiskan banyak waktu maupun tenaga saat proses instalasi.

Untuk Ornamen Rumah

Gypsum juga bisa kita manfaatkan untuk ornamen rumah. Misalnya kita manfaatkan untuk ceiling center atau list. Di samping itu kita bisa memanfaatkannya untuk diolah menjadi bentuk kubah, bertingkat, dan lain sebagainya. Perawatannya pun juga mudah. Cukup dengan mengelapnya memakai kain basah dan mengeringkannya kembali saat gypsum terlihat kotor maupun berdebu.

Bisa Dipakai untuk Sekat Dinding

Selain untuk plafon gypsum juga bisa kita manfaatkan untuk sekat dinding. Anda bisa langsung mengaplikasikan cat tembok tanpa perlu diblok lagi. Menariknya gypsum mudah menyerap cat dan mempunyai daya rekat yang baik. Sehingga Anda bisa menggunakan berbagai jenis cat untuk mewarnainya.

Untuk Perekat atau Plester

Gypsum bisa dimanfaatkan untuk perekat. Jika dipakai di sisi interior plester gypsum dipakai untuk melapisi dinding atau langit-langit. Sedangkan untuk sisi eksterior gypsum dipakai sebagai pengganti acian di bagian dalam bata.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda terkait harga dan ukuran list gypsum. Semoga Anda terbantu dengan apa yang kami sajikan di atas.

Bagikan: