Cara Menghitung Berapa Kebutuhan Genteng


Akan tetapi disarankan untuk tidak membeli pas sesuai perhitungan. Anda harus melebihkannya untuk mengantisipasi permasalahan seperti genteng cacat atau pecah pada saat pemasangan.

Menghitung Luas Pondasi

Selain menghitung kebutuhan genteng dengan luas atapnya, kita juga dapat mengetahui kebutuhan genteng dari luas pondasinya. Contohnya panjang rumah mencapai 10 meter, dengan lebar 5 meter. Sebelum menghitung luasnya tambahkan panjang dan lebar sebesar 1 meter. Sehingga data tersebut bisa diketahui bahwa luas pondasi tersebut 11 x 6 = 66 m2.

Dengan contoh di atas kita bisa mengalikan luas pondasi langsung dengan jumlah genteng per 1 meter persegi. Sehingga perhitungannya adalah 66 x 25 = 1.650 buah genteng.

Sedangkan untuk bidang lainnya tinggal menyesuaikan saja. Jangan lupa untuk melebihkan jumlah genteng yang harus dibeli nantinya untuk menghindari risiko kekurangan genteng.

Menghitung Luas Atap Limas

Apabila atap rumah berbentuk limas, maka cara menghitungnya juga berbeda. Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa limas mempunyai empat sisi bidang. Umumnya atap ini mempunyai dua sisi dengan bentuk dan ukuran yang sama serta saling berhadapan. Sedangkan dua sisi lainnya berbentuk trapesium. Supaya lebih jelas Anda bisa simak gambar di bawah ini.

Untuk mengetahui  luas atap limas maka Anda hanya perlu menghitung luas dua sisi berbentuk segitiga dan dua sisi berbentuk trapesium, kemudian menjumlahkannya. Sebagai contoh silakan simak perhitungan di bawah ini.