Cara Pasang Lisplang Baja Ringan Paling Simpel

Cara Pasang Lisplang Baja Ringan Paling Simpel – Lisplang merupakan salah satu bagian dari suatu bangunan atau konstruksi untuk mempercantik dan menutup bagian atas dari konstruksi tersebut. pada umumnya bagian ini bisa disebut dengan papat tepi yang berfungsi agar bagian tepi struktur atap dapat terlindungi dari efek panas matahari dan hujan.

Sedangkan untuk fungsi yang dilihat dari segi konstruksi memiliki fungsi yang berguna untuk membentuk rigid yang berasal dari susunan kaso. Dengan adanya papan tepi ini bagian ujung atap akan semakin rapi dan terlindung oleh air hujan serta sinar matahari. Karena ketika hujan, air mungkin tidak jatuh dengan sempurna akan tetapu merembers melalui atap, agar rembesan tidak terkena sturktur usuk dan reng maka dibutuhkan papan tepi, selain itu lisplang dapat digunakan untuk pemisah antar ruang.

Sedangkan untuk fungsi dari segi estetika bagian ini dapat disesuaikan dnegan tema bangunannya dengan cara dalam pengaplikasian dapat ditambahkan dengan ciri khas apabila rumah tradisional dapat ditambah dengan ukiran. Bagian ini efektif membuat pemandangan ruangan rumah semakin rapi, akan tetapi untuk proses pemasangan tidak boleh asal dan harus terencana ketinggian dan lebarnya sesuai kebutuhan.

Jenis – Jenis Lisplang

Berikut ini adalah beberapa jenis lisplang yang terjual dipasaran yaitu:

1) Lisplang Kayu Polos

2) Lisplang Kayu Motif

3) Lisplang Metal

4) Lisplang Beton

5) Lisplang GRC

Cara Pemasangan Lisplang

ada dua cara dalam pemasangan lisplang ini, berikut adalah kedua caranya yaitu:

1) Pemasangan Lisplang Vertikan atau Tegak Lurus

Untuk cara ini pada umumnya digunakan pada pengerjaan perumahan. Hal itu dikarenakan secara teknik pengerjaannya cukup mudah dan simpel. Hanya dengan melakukan penyekrupan lisplang tersebut dengan cara langsung pada reng baja ringan. Pemasangannya juga membutuhkan biaya yang cukup ekonomis. Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan yaitu lisplang cenderung tidak terkunci cukup kuat karena hanya mengandalkan satu buah atau satu baris skrup di setiap profil melintangnya.

2) Pemasangan Lisplang Diagonal atau Tegak Lurus Pada Rangka Atap

Bisa dikatakan pemasngan dengan cara ini membuuhkan biaya yang cukup bersar dan juga rumit. Hal itu dikarenakan lisplang didudukkan pada profil C baja ringan, dimana sebelumnya harus dipasang terlebih dahulu. Akan tetapi cara ini cukup kuat dibanding dengan cara sebelumnya karena lisplang dapat di skrup 2 buah atau 2 baris di setiap profil yang melintang.

Catatan: pemasangan lisplang harus memiliki jarak antara skrup yang dipasang tidaklah terlalu jauh dan dapat anda ukur dengan meteran. Contoh 20 – 40 cm sepanjang profil yang menjangkau lisplang itu. Hal tersebut dilakukan agar lisplang dapat terkunci dengan kuat dan baik.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang beberapa cara – cara yang dapat digunakan untuk pemasangan lisplang pada suatu konstruksi atau bangunan. Semoga informasi yang dibagikan dapat membantu anda apabila ingin melakukan pemasangan lisplang tersebut.

You might also like