Harga Cat Genteng / Atap Ukuran 5-20 Kg

Endah Wahyuni

Cat genteng digunakan tidak semata-mata untuk mempercantik tampilan genteng saja. Cat tersebut diformulasikan secara khusus agar bisa menjadi pelapis genteng yang membuat genteng lebih tahan lama atau awet.

Cat untuk genteng memiliki kandungan yang bisa melindungi genteng rumah dari berbagai masalah. Mulai dari perubahan cuaca, cuaca ekstrem, panas, air hujan, hingga jamur. Di samping itu cat genteng juga berfungsi sebagai estetika. Artinya cat ini bisa menambah kecantikan genteng rumah agar tidak terlihat monoton.

Jenis Cat Genteng

Setelah mengetahui kegunaan cat genteng, berikutnya kita bahas apa saja macam-macam cat ini. Di pasaran memang tersedia beberapa jenis cat genteng yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda perlu mengenalinya sehingga nanti tidak sampai salah beli.

Alkyd Synthetic

Jenis cat pertama yang bisa dibeli adalah alkyd synthetic. Kelebihan dari cat genteng jenis ini adalah formula khususnya yang bisa membuat genteng tahan terhadap cuaca maupun jamur. Ciri-ciri dari cat genteng ini terlihat pada hasil akhirnya yang glossy atau mengkilap. Cat jenis ini cocok dipakai untuk atap rumah dari beton atau tanah liat.

Acrylic Resin

Cat selanjutnya ini terbuat dari resin akrilik. Cat ini diklaim bisa membuat genteng awet saat musim hujan sekali pun. Cat ini dapat digunakan untuk beberapa jenis genteng. Seperti asbes, beton, tanah lain. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk besi.

Styrene Acrylic

Cat jenis ini mempunyai kelebihan dapat melindungi atap rumah dari cuaca ekstrem. Di samping itu cat ini juga bisa melindungi genteng dari lumut maupun jamur. Cat dengan kandungan styrene acrylic ini cocok digunakan pada atap asbes ataupun beton.

Zinc Chromate Primer

Berbeda dengan jenis-jenis di atas, cat ini dibuat khusus untuk genteng berbahan metal saja. Cat ini memiliki kandungan logam yang bisa membuat genteng tersebut lebih tahan lama. Tidak hanya itu, cat ini juga bisa membuat genteng metal bebas dari korosi atau karat.

Cat Pernis Thinner

Cat ini dibuat dari thinner atau juga bisa disebut solvent base. Cat ini mempunyai ciri khas pada hasil akhir yang terlihat glossy dan tampak lebih tebal dari cat genteng lainnya.

Tidak hanya itu saja, cat pernis thinner ini juga mempunyai daya tahan yang baik terhadap cuaca panas. Bahkan cat ini dapat menangkal sinar matahari agar tidak masuk ke interior rumah.

Cat Genteng Waterproof

Sesuai dengan namanya, cat ini dibuat sedemikian rupa sehingga tahan terhadap air. Maka dari itu cat waterproof bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin rumah bebas bocor, terutama di saat musim hujan.

Menariknya lagi cat waterproof ini bisa dipakai pada berbagai jenis genteng. Mulai dari genteng tanah liat, kayu, beton, asbes, bahkan seng.

Ciri-Ciri Cat Genteng yang Berkualitas

Ada banyak merek cat genteng yang beredar di toko material bangunan di seluruh penjuru Nusantara. Yang menjadi pertanyaan bagaimana mengetahui cat genteng yang akan kita pilih benar-benar berkualitas. Mengenai hal tersebut kita bisa mengamatinya dari beberapa ciri-ciri. Berikut adalah beberapa hal yang menandakan sebuah cat genteng berkualitas:

  1. Mempunyai daya lekat yang baik.
  2. Cepat kering saat digunakan pada genteng.
  3. Mempunyai daya lapis atau tutup yang bagus.
  4. Tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem.
  5. Tahan air atau waterproof.
  6. Anti jamur.

Anda bisa memperhatikan keunggulan yang ditawarkan masing-masing produk Dan menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Jika merasa kurang yakin Anda bisa bertanya-tanya kepada kerabat atau orang yang berkompeten di bidang pembangunan untuk meminta masukan mana produk cat genteng yang bagus.

Atau Anda bisa melihat review dari Youtube atau platform lainnya untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh terkait produk yang ingin Anda beli.

Rekomendasi Cat Genteng

Jika masih saja belum mendapat gambaran, kami memiliki beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Silakan simak beberapa produk pilihan berikut.

Dulux Weathershield Roof Paint

Bagikan: