4 Jenis Jenis Cat Air Dipasaran

4 Jenis – Jenis Cat Air Dipasaran – Cat air atau Watercolor ini merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat lukisan atau menggambar. Pada umumnya jenis cat ini menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Cat air ini memiliki sifat yang mudah kering dan juga tidak berbau. Berbanding terbalik dengan cat minyak yang memiliki sifat sebaliknya dari cat air ini.

cat sendiri yaitu suatu produk yang dapat digunakan untuk melindungi dan memperindah suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan yang berwarna atau berpikmen maupun tidak bewarna (pernis). Pada umumnya cat sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan pada jenis resin binder yang digunakan, jenis pelarutnya, atau bahkan berdasarkan jenis filler yang digunakan.

 

untuk cat air ini merupakan jenis dari cat yang berdasarkan dari jenis pelarutnya dimana cat ini biasnaya dilarutkan dengan air. Sedangkan untuk para pemula dalam memilih cat air ini harus memperhatikan 3 hal yaitu Ketahui Bermacam Jenis Cat Air yang Beredar, Pilihlah Berdasarkan Lokasi Melukis dan Ukuran Lukisan, Pilihkan Cat Air Berjenis Watercolor Cake (Untuk Anak – Anak). Nah untuk menjelaskan langkah pertama itu jenis cat air sendiri dapat dibagi menjadi 4 jenis.

Jenis – Jenis Cat Air

Jenis – jenis dari cat air ini dapat digunakan sebagai salah satu faktor bagi para pemula dibidang seni lukis ini untuk dapat memilih jenis cat air yang cocok dengan kebutuhan. berikut ini adalah beberapa jenis – jenis dari cat air yaitu:

Tube Watercolor

Pada umumnya cat air jenis ini memiliki bentuk tekstur cairan pekan yang diwadahkan dalam tube dan merupakan salah satu jenis dari cat air yang populer saat ini. Dimana anak – anak biasanya akan menggunakan cat jenis tube ini. Dalam penggunaannya jenis cat air tube ini diperlukan air dengan takaran pas untuk dapat melarutkan cat air ini. Cat ini tersebuda banyak pilihan warna mulai dari warna primer dan warna sekunder.

Pada umumnya cat air ini dapat ditemui pada minimarket seperti Indomearet dan alfamart. Dimana cat air jenis tube ini dijual dengan harga yang murah sehingga sangat cocok digunakan untuk pemula yang ingin belajar melukis atau menggambar menggunakan cat air. Karena cat ini telah menyediakan berbagai warna sehingga anda tidak perlu palet khusus untuk mencampurkan warnanya.

Watercolor Pan (Pan Color)

Jenis cat air ini pada umumnya berbentuk padat yang biasanya digunakan oleh para profesional. Unutk jenis cat ini mampu menghasilkan warna pucat dan inah meskipun telah diaplikasikan pada banyak layer dikanvas. Adanya pewarnaan yang lebih bagus dapat menjadi kelebihan dari cat jenis ini, dan juga anda dapat menyesuaikan jumlah air yang digunakan untuk melarutkannya. Cat ini sangat memudahkan anda untuk mewarnai secara tebal maupun tipis.

Watercolor Cake (Cake Color)

Pada umumnya jenis cat air ini memiliki bentuk bibik dengan tekstur yang padat. Dimana dalam penggunaannya anda hanya perlu melarutkan warnanya dengan kuas basah sebelum digunakan. untuk harga dari jenis ini dapat dikatakan murah dan adanya kemudahan penggunaan yang merupakan kelebihan jenis cat air ini.

Cat air jenis ini memiliki dua jenis warna yaitu trasparan dan opaque. Dimana anda dapat menyesuaikan warna tipis atau tebal sesuai dengan kebutuhan anda. Cat ini juga dapat dibawa kemanapun dan dapat dibeli secara terpisah. Jadi anda dapat memilih warna sesuai dengan keinginan anda.

Liquid Watercolor

Untuk jenis cat air yang terakir ini adalah Liquid Watercolor, dimana cat air ini digunakan untuk mewarnai kanvas dan kertas gambar. Cat ini dapat langsung diaplikasikan tanpa harus dilarutkan atau diencerkan dengan air. Perbedaan dari jenis cat air ini dengan cat air tube yaitu tempat penyimpanannya, dimana cat jenis ini disimpan dalam botol atau jar.

Untuk para pemula pasti akan lebih mudah menggunakan jenis cat air ini, ha tersebut dikarenakan cat dapat langsung diaplikasikan ke media lukis. Tidak hanya itu cat jenis ini memiliki varian warna yang mencolok dan juga terdapat banyak pilihan warnanya. Untuk kelebihan lain dari cat jenis ini adalah sifatnya yang washable dimana cat air ini dpaat dicuci dan dilunturkan. Bahkan jenis cat ini dapat digunakan sebagai pewarna pakaian, proyek DIY, dan pewarna makanan.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa hal yang dapat membedakan jenis cat, dan juga beberapa jenis – jenis dari cat air sendiri. Semoga informasi yang dibagikan ini dapat membantu anda untuk lebih memahami cat air dan tidak melakukan kesalahan dalam memilih cat air tersebut.

You might also like